Hola, Maks! Ada di antara Emak yang tidak suka memakai perhiasan seperti cincin, kalung, anting, atau gelang? Kalau suka perhiasan, yang seperti apa? Perhiasan emas, batu-batuan seperti ruby atau mutiara? Nah, kalau Emak suka perhiasan mutiara, sudah tahu cara membedakan mutiara asli atau palsu?

Hal yang wajar sih, jika kita ingin mengetahui perhiasan kita itu asli atau palsu. Apalagi jika kita ingin berbelanja perhiasan mutiara, seperti saat kita berlibur ke Pulau Lombok dan ingin membeli perhiasan mutiara Lombok  sebagai koleksi perhiasan, atau sebagai oleh-oleh untuk menjadi hadiah kepada orang yang kita cintai.

Agar tidak tertipu pada saat membeli perhiasan mutiara, maka ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara mengenali mutiara yang asli.

 

7 Cara Membedakan Mutiara Asli atau Palsu

Amati kilau mutiara tersebut

  • Cahaya yang dipantulkan oleh mutiara disebut luster. Luster mutiara harus terlihat berkilau dan tajam, karena hal inilah yang membuat mutiara terlihat begitu indah.
  • Luster yang sangat cemerlang menandakan mutiara yang berkualitas tinggi. Permukaan mutiara akan terlihat seperti memantulkan bayangan wajah kita, Mak, bahkan ketika diamati dari jarak yang cukup dekat.

Mutiara asli dengan kualitas yang rendah akan terlihat memiliki luster yang redup seperti mutiara palsu. Agar tidak terkecoh, maka Emak juga harus mengombinasikan dengan tes-tes yang lain.

 

Amati kenampakan fisik mutiara tersebut

  • Perhatikan mutiara tersebut secara teliti. Mutiara asli jarang berbentuk bulat sempurna dan disertai dengan noda kecil berupa titik-titik pada beberapa sisi permukaannya.
  • Mutiara asli dengan bentuk yang bulat sempurna bisa saja ditemukan, tetapi akan berharga sangat mahal karena sangat jarang ditemukan.
  • Necre adalah lapisan terluar mutiara yang akan memantulkan cahaya dengan nuansa yang berbeda apabila mutiara tersebut diputar. Semakin berkilau makan semakim bagus lapisan necre-nya.
  • Apabila Emak melihat bentuk mutiara yang terlihat seragam tanpa cacat, bulat sempurna yang terlihat terlalu sempurna, maka Emak harus mencurigainya. Mutiara yang asli bentuknya tidak ada yang bulat sempurna, dan tidak akan terlihat seragam.

 

 Lakukan pengamatan pada sekitar lubang bor

  • Mutiara yang sudah dirangkai menjadi sebuah perhiasan, misalnya kalung full mutiara, gelang full mutiara, atau kalung mutiara yang dijadikan liontin, akan terlihat lubang bor pada mutiara yang dilewati tali atau string yang merangkainya.
  • Mutiara asli biasanya memiliki tepi lubang bor yang terlihat sempurna tajam seperti slinder berongga, sedangkan mutiara palsu biasanya memiliki tepi lubang bor yang kasar dan tidak bulat.
  • Pada mutiara palsu biasanya ditemukan lapisan cat yang terkelupas di sekitar lubang mutiara, bahkan terkadang ditemukan potongan kaca atau plastik pada lapisan lapisan mutiara tersebut.

 

Lakukan pengamatan terhadap batas antara nacre dan inti dilubang bor.

  • Mutira asli memiliki lapisan nacre pada permukaan paling luarnya, sedangkan pada mutiara palsu lapisan nacre-nya tidak akan terlihat.
  • Amatilah lubang bor pada mutiara dengan menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar, dan cari batas lapisan nacre dan intinya. Mutiara asli biasanya memiliki garis pembatas yang terlihat memisahkan lapisan nacre pada bagian dalam mutiara.

Amati nada warna pada mutiara tersebut

  • Overtone adalah istilah nada warna pada mutiara yang akan muncul pada permukaan mutiara sebagai nuansa warna-warna halus. Mutiara palsu tidak akan memiliki nada warna, sedangkan mutiara dengan kualitas tinggi memiliki overtone yang kaya akan aneka ragam warna.
  • Yang biasanya paling diinginkan sebagai overtone mutiara putih adalah warna rose dan warna gading, walaupun ada kemungkinan untuk munculnya berbargai warna terutama pada mutiara berwarna gelap. Jadi apabila mutiara Emak terlihat sedikit berbayang ketika terkena cahaya, maka besar kemungkinan mutiara tersebut asli.
  • Untuk mutiara berwarna dasar putih, overtone yang paling mahal adalah nada warna mawar dan nada warna gading. Sedangkan, untuk mutiara berwarna dasar gelap maka akan muncul berbagai macam nada warna.
  • Beberapa mutiara asli juga tidak memiliki overtone karena distorsi, Mak. Maka dari itu, agar tidak terkecoh, amatilah overtone mutiara Emak dengan teliti.

Kunjungi sentra kerajinan perhiasan mutiara

Mengunjungi beberapa sentra sentra kerajinan perhiasan mutiara di Indonesia khususnya di Pulau Lombok merupakan salah satu cara termudah untuk dapat mempelajari tentang mutiara.

Berbagai travel agent terkemuka telah menawarkan paket wisata Lombok yang di dalamnya termasuk mengunjungi sentra sentra kerajinan mutiara di Indonesia.

Kunjungi pameran perhiasan mutiara

Banyak event kegiatan pameran perhiasan mutiara yang diselenggarakan di Indonesia khususnya di Jakarta.

Pameran yang paling terkenal tentu saja pameran INACRAFT yang diselanggarakan setiap tahunnya. Dalam pameran-pameran perhiasan terkemuka seperti ini, akan banyak sekali perhiasan mutiara asli yang dipamerkan oleh butik-butik perhiasan mutiara yang terpercaya.

Jika Emak tertarik, coba amati dan pegang mutiaranya secara langsung, Mak, maka Emak akan bisa mempelajari banyak mengenai mutiara asli saat itu juga.

Selamat mengoleksi perhiasan mutiara asli ya!

Semoga 7 cara membedakan mutiara asli atau palsu ini memberikan banyak pengetahuan, sehingga Emak tidak tertipu dalam membeli perhiasan mutiara yang asli.