Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Tidak hanya perempuan, laki-laki juga lho. Tak heran, berbagai cara memiliki tubuh ideal sesuai dengan yang diinginkan pun laris dicari.

Salah satu cara memiliki tubuh ideal yang paling sering dilakukan adalah diet. Tetapi pilih diet yang sehat ya, jangan sampai menyiksa tubuh. Lalu seperti apa sih diet sehat sehingga bisa menjadi salah satu cara memiliki tubuh ideal tanpa harus menyiksa badan sendiri?

Berikut tip dan triknya.

Baca dulu ini ya: Perempuan dan Timbangan

 

Cara Memiliki Tubuh Ideal Tanpa Menyiksa Badan Sendiri

Perhatikan pemilihan makanan

Pilihlah makanan yang masih dalam keadaan murni, seperti buah utuh.

Mengonsumsi buah dan sayuran dalam keadaan masih utuh atau tanpa diproses sangat baik untuk program diet Emaks. Kandungan nutrisi dalam makanan-makanan alami lebih terjaga dan tidak tercampur dengan bahan-bahan yang justru bisa merusak kandungan nutrisinya.

 

Hindari proses pengolahan yang kurang sehat

Hindari makanan yang telah melalui proses pemasakan atau pengolahan.

Contoh mudahnya, pilihlah buah utuh dibandingkan harus dijus. Kandungan nutrisi pada makanan murni bisa rusak dan hilang jika melalui proses yang berlebihan. Belum lagi, bahan tambahan yang dimasukkan juga belum tentu membuat makanan menjadi semakin sehat.

Yang ada makanan tersebut bisa berubah menjadi racun yang justru akan merugikan tubuh kita.

 

Pilih yang lagi musim

Pilih makanan yang tengah musim panen seperti buah raspberry pada bulan Juni. Hal ini bertujuan agar semua yang masuk dalam tubuh kita adalah jenis makanan segar.

Kita bisa memilih buah dan sayur lokal yang tidak memerlukan waktu lama dari masa panen hingga sampai di tangan kita. Selain terjamin kesegarannya, produk-produk lokal juga memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk impor lo.

Jadi selain sehat, kita juga turut membantu kesejahteraan petani kan?

 

Hindari makanan yang sudah tak segar

Menghindari makanan atau produk yang bukan dalam musim panennya, juga merupakan salah satu cara memiliki tubuh ideal tanpa harus menyiksa badan sendiri.

Menghindari produk makanan atau buah yang ada tidak di musim panennya, selain khawatir produk tersebut sudah tidak segar, ada kemungkinan produk tersebut juga mengandung pengawet sehingga bisa bertahan sampai di luar waktu musimnya.

Sebagai contohnya, jika harus memilih antara apel Malang dan apel Fujiyama, apel manakah yang akan kita pilih? Jika kita bijak dan peduli akan kesehatan, maka sudah pasti memilih apel Malang. Kenapa? Ya, karena apel Malang sudah pasti lebih segar karena jarak distribusinya yang jauh lebih cepat dibandingkan apel Fujiyama yang bisa membutuhkan waktu 6 bulan untuk sampai di tangan kita dari masa pemetikan.

 

Perhatikan kombinasi warnanya

Salah satu cara memiliki tubuh ideal tanpa harus menyiksa badan sendiri dan agar lebih sehat yang lain adalah dengan memilih aneka makanan dengan kombinasi warna yang beragam. Seperti sawi, wortel, tomat, buncis, buah bit, apel, lobak dan ubi ungu.

Masing-masing warna pada sayur dan buah tersebut memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang berbeda-beda yang pastinya semuanya dibutuhkan oleh tubuh kita. Contohnya, sayuran dan buah yang berwarna hijau seperti sawi, ayam, dan buak avokad memiliki banyak kandungan vitamin C dan B kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten dan serat yang semuanya bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

 

Variasikan!

Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang monoton. Artinya hanya mau mengonsumsi makanan yang itu itu saja tanpa mau mengombinasikannya dengan bahan makanan yang lain.

Seperti contohnya, karena ingin cepat terlihat kurus, maka hanya makan buah apel saja setiap hari. Ya, memang buah apel sehat. Tetapi jika yang masuk dalam tubuh cuma itu saja, hal tersebut menjadi kurang sehat, karena asupan tubuh akan karbohidrat, protein, kalsium dan lain sebagainya tidak terpenuhi.

Jadi tetap makan semua jenis makanan, hanya saja atur dan kontrol jumlahnya supaya tidak berlebihan.

 

Kulit Putih Alami

Olah sendiri

Olah sendiri makanan di rumah. Selain lebih sehat, aman dan pastinya hemat juga. Dengan memasak sendiri makanan yang akan kita makan, kita bisa mengatur kandungan nutrisi apa saja yang akan kita olah.

Hal ini tentunya sangat penting untuk orang yang sedang menjalankan diet sehat. Sebelum mengolahnya, Emak juga bisa memastikan bahwa semua bahan dalam keadaan segar.

Jika tak mau repot bolak-balik ke supermarket setiap hari, kita bisa membuat daftar belanja mingguan kemudian menyimpannya di lemari pendingin sehingga jika ingin memasak tak perlu repot belanja lagi.

 

Kurangi makanan cepat saji

Jangan terbiasa memesan atau membeli makanan cepat saji. Makanan-makanan seperti itu cenderung memiliki kandungan yang merugikan tubuh seperti pengawet, pewarna dan bahan tambahan lainnya yang sebenarnya tidak boleh terlalu sering masuk ke dalam tubuh.

Jika terpaksa harus membeli makanan dari luar, pastikan memilih makanan yang sehat, seperti jus ataupun smoothies bowl.

 

Makan secara mindful

Nikmati setiap suapan makanan yang masuk dalam mulut kita. Walaupun kita tengah dalam program diet sekalipun, bukan berarti kita tidak bisa menikmati makanan kan?

Selain mengenyangkan, menurut penelitian, kegiatan makan ini ternyata juga bisa menciptakan hiburan, mengundang kebersamaan serta meremajakan.

Makanan yang masuk dalam mulut, harus terasa enak terlebih dahulu baru kemudian baik untuk kesehatan juga. Hanya saja saat melakukan diet, kita harus sedikit membatasi dan mengontrol segala jenis makanan enak yang masuk dalam tubuh agar berat badan tidak mengganggu pikiran lagi.

 

Hindari perasaan bersalah

Jangan merasa bersalah sesaat setelah menyantap makanan karena khawatir akan kesehatan dan kecantikan yang berkaitan dengan berat badan.

Jika memang berasa khawatir, sebaiknya diimbangi dengan olahraga dan perbanyak minum air putih supaya metabolism tubuh tetap seimbang.

 

Perbanyak air putih

Pilihlah minum air putih lebih banyak daripada minuman berwarna lainnya. Air putih memiliki peranan yang sangat penting untuk tubuh. Selain mencegah dehidrasi, air juga dibutuhkan untuk melindungi syaraf, jaringan tubuh, mendukung kerja  otot dan sendi serta menjaga kesegaran kulit.

Dalam sehari tubuh memerlukan kurang lebih 2 liter air. Jika tidak terpenuhi, hal tersebut akan membahayakan kesehatan kita.

Maka dari itu, kita harus memastikan bahwa tubuh tidak akan kekurangan cairan dengan banyak minum air putih.

 

Kurangi minuman berwarna

Jangan terlalu sering mengonsumsi minuman berwarna, seperti soft drink, kopi, soda, alkohol dan lain sebagainya.

Kandungan gula, kalori, kafein serta berbahan bahan tambahan lainnya akan merugikan tubuh, terutama yang sedang dalam proses diet atau menurunkan berat badan. Jika terpaksa harus minum minuman berwarna, pilihlah jus buah atau teh, dengan catatan tanpa tambahan gula ya.

 

Itulah beberapa cara memiliki tubuh ideal tanpa harus menyiksa badan sendiri.

Menjalankan program diet jika dengan tujuan kesehatan dan kecantikan, memang sah sah saja untuk dilakukan. Namun yang perlu diperhatikan, pilihlah diet yang benar dan tidak menyiksa badan. Karena bagaimanapun, tubuh adalah karunia Tuhan yang harus selalu dijaga dan tetap disyukuri.