Salah satu harta Emak Blogger itu adalah goodie bag dari berbagai event. Goodie bag adalah pengganti kantong plastik yang lebih ramah lingkungan. Dengan berbagai desain yang menarik, kadang kita merasa sayang untuk membuangnya.

Yuk, kita rekayasa sedikit agar bisa dilipat, digulung dan diikat. Salah satunya jadi foldable shopping bag. Bagaimana cara? Simak sampai tuntas post langkah mudah mengubah goodie bag jadi foldable shopping bag ya, Maks.

 

Mengubah Goodie Bag Jadi Foldable Shopping Bag

Zero waste sedang menjadi pembicaraan di mana-mana. Ini tren yang bagus karena bumi kita sudah kelelahan dilempari sampah setiap hari. Bumi menjadi tempat yang tidak lagi nyaman dan aman untuk ditinggali. Penyakit dan bencana alam datang sebagian karena ulah kita sendiri yang tidak menjaga kelestarian bumi.

Gelombang kampanye zero waste ini juga memengaruhi gaya hidup para emak untuk lebih memikirkan kelestarian alam. Tak masalah sekecil apa pun yang kita lakukan karena kampanye zero waste ini hanya berhasil jika tiap individu mau melaksanakannya mulai dari lingkungannya. Buat apa ikut gerakan bersih-bersih di lapangan mana tapi keseharian masih pakai tas plastik atau kresek?

Saya ingat, dalam workshop The Sustainable Consumption and Production, pak Erzard Ruehe mengatakan bahwa yang terpenting itu bukan memanfaatkan sampah, melainkan mencegah terjadinya sampah di kesempatan pertama.

Sekarang beberapa kepala daerah mengeluarkan peraturan daerah tentang pelarangan penggunaan plastik atau kresek di supermarket atau di mana pun di wilayah tersebut. Jadi, yang pertama kita lakukan bukan membeli atau memesan tas belanja kece yang lagi tren, melainkan melihat dulu apa yang kita punya untuk dijadikan pengganti kresek. Kalau memang tidak punya penggantinya, barulah membeli tas belanja.

 

Manfaatkan Dulu Apa yang Ada

Untuk para Emak Blogger yang rajin ke event mungkin langsung menemukan jawabannya. Bahkan saking banyaknya, ada emak yang membuat status Facebook, mau diapakan goodie bag sebanyak itu. Sekarang saatnya goodie bag itu dibagikan ke tetangga ya, Mak, meski tanpa isinya. Pasti banyak tetangga yang dulunya benar-benar hanya mengandalkan kresek.

Tas belanja adalah item yang sekarang selalu ada di tas para emak. Supaya tidak membuat tas cakep emak sesak berantakan, mari kita buat goodie bag tersebut bisa dilipat, digulung dan diikat. Caranya mudah kok, nggak sampai satu menit selesai untuk satu tas.

 

Cara Mengubah Goodie Bag Menjadi Foldable Shopping Bag

Alat dan bahan membuat goodie bag menjadi foldable shopping bag hanya sebuah kancing, seutas tali elastis dan alat jahit tangan.

 

Langkah Mudah Mengubah Goodie Bag

 

Saya menggunakan goodie bag dari suatu event hanya sebagai peraga ya mak, supaya kelihatan seperti yang sesungguhnya. Jadi bukan karena artikel ini disponsori.

 

Yuk, Mak, kita coba bikin sekarang. Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Mudah Mengubah Goodie Bag

 

 

  1. Yang perlu kita lakukan adalah menentukan letak kancing. Masukkan handle tas ke dalam tas, lalu lipat kanan dan kiri tas ke tengah seperti foto pertama di atas.Langkah Mudah Mengubah Goodie Bag
  2. Gulung lipatan tas tadi seperti foto kedua, dimulai dari sisi atas tas.
  3. Tandai bagian tengah gulungan tersebut untuk tempat kancing.
  4. Ukur pula panjang tali elastis yang dibutuhkan. Di foto atas itu, gulungan tas saya ikat dengan karet gelang karena tidak ada yang bantu memegang sementara saya memotret. Untuk praktiknya sih tidak perlu karet, cukup pegang dengan satu tangan, tangan lain menandai letak kancing dengan spidol.
    Mungkin akan timbul pertanyaan, kok tidak diikat saja pakai karet seperti itu kan praktis? Mengapa repot-repot ditambah kancing? Karena kalau pakai karet, setelah dibuka, karetnya sering hilang. Nyampah lagi, kan? Kalau ditambah kancing, tetap saja menempel disitu.
    Kancingnya juga tidak harus yang warnanya matching begitu, seadanya saja di rumah. Biasanya emak-emak rajin mengumpulkan kancing yang tercecer di mesin cuci. Jika tidak punya tali elastis, bisa diganti dengan pita atau tali-tali lainnya.Langkah Mudah Mengubah Goodie Bag
  5. Selanjutnya, buka kembali gulungan tersebut, lalu jahit kancing dan talinya di lokasi yang sudah ditandai tadi. Ikat dulu kedua ujung tali. Letakkan tali di bawah kancing dengan posisi seperti di foto.
  6. Tempatkan simpul tali di atas kancing agar mudah dijahit. Posisikan sisa tali ke arah bawah tas agar ketika tas dibuka tidak mengganggu. Ketika menjahit, pastikan tali ikut terjahit agar kuat.

Langkah Mudah Mengubah Goodie Bag

Foldable Shopping Bag Sudah Jadi!

Sekarang goodie bag sudah bisa dilipat, digulung dan diikat dengan rapi. Di beberapa tutorial yang beredar, ada pula yang menambahkan semacam dompet sehingga lebih rapi lagi. Cara di artikel ini hanya salah satu alternatif saja menggunakan properti seadanya. Kalau punya perca, lebih bagus lagi ditambah dompet seperti itu. Mau kapan-kapan kita coba bikin?

Semoga artikel langkah mudah mengubah goodie bag jadi foldable shopping bag, mengubah pandangan bahwa mendukung zero waste itu repot, mahal, dan menghabiskan banyak waktu.

Selamat mencoba!

***

Lusiana Trisnasari

Narablog https://www.beyourselfwoman.com/