Halo lagi, Mak! 🙂 Saya mau sharing tentang artikel guest posting nih kali ini. Tentang apa itu guest posting, apa manfaatnya buat blogger, dan apa saja etikanya.

 

Apa sih, artikel guest posting itu?

Secara sederhana, guest posting means writing and publishing an article on someone else’s website or blog.
Artinya, menulis dan “menerbitkan” artikel di blog atau website lain.

Jadi, di mana pun kita menulis artikel, yang bukan di rumah sendiri, itu bisa dianggap sebagai guest posting.
Mau di blog orang lain, di portal media, di situs UGC (user generated content) … di mana pun yang bukan di blog sendiri.

Guest blogging ini sebenarnya umum dilakukan oleh para blogger, Mak. Hanya saja saya mengamati, belum banyak yang mau melakukannya–setidaknya ini terjadi pada emak-emak blogger nih 🙂

Guest posting ini bermanfaat positif banget lo, Mak, untuk blog kita sendiri. Jangan dikira, karena kita nggak menulis di blog sendiri lantas nggak ada manfaatnya. Justru besar banget pengaruhnya buat blogger!

Tip Menulis Reportase yang Menarik, Nggak Kayak Press Release

Beberapa manfaat menulis artikel guest posting di antaranya:

1. Networking

Namanya blogger, networking itu penting. Untuk memperluas readership, dan me-maintain hubungan baik yang sudah ada lebih dulu.

Dengan kita menerbitkan artikel di tempat lain, bisa jadi kita akan mendapatkan kenalan baru, Mak. Memperluas circle pergaulan kita kan selalu bagus, yekan?

 

2. Guest posting bagus banget untuk mendapatkan backlink berkualitas

Nggak hanya sekadar ninggal komen berlink, kita bisa kasih link ke blog kita sendiri di dalam artikel, yang lebih relevan, Mak.

Misalnya nih. Saya bikin tulisan tip ngeblog, lalu dikirim ke web lain. Nah, sisipkan link ke blog sendiri, dan pastikan linknya berkualitas dengan relevansi yang tinggi. Cara ini oke banget untuk mendukung SEO kita lo.

Dibandingkan link pada komen, link yang ada di tengah artikel dengan relevansi tinggi, kualitasnya jauh lebih baik bagi Google.

 

3. Memperkuat branding

Kalau kita bisa memilih tempat guest posting dengan tepat, itu juga bisa memperkuat branding blog kita juga, Mak.

Misal, Emak mau membranding diri sebagai beauty blogger. Maka, coba cari website atau blog yang niche-nya sama. Ini bagus banget pengaruhnya ke blog Emak nantinya.

 

Nah, itu hanya 3 manfaat yang bisa saya jabarkan. Pokoknya banyak deh, Mak, manfaat guest posting itu untuk membantu performa blog kita sendiri, terutama di mata Google.

Lalu, gimana caranya kalau kita pengin mengirimkan artikel guest posting ke blog lain? Biasanya sih bingung ya, kalau baru mau pertama kalinya kan? Tenang, saya akan kasih beberapa tip untuk menulis artikel guest posting nih.

 

7 Tip Menulis Artikel Guest Posting yang Berkualitas

1. Cari tahu, situs atau blog mana saja yang menerima artikel guest posting

Emak bisa lihat-lihat sambil blogwalking misalnya. Biasanya kalau blogger dan blognya menerima artikel guest posting, ada tuh di bagian About Me-nya. Biasanya sih situs-situs komunitas blogger menerima tuh kiriman artikel dari membernya. Termasuk KEB juga lo!

Kalau di KEB, Emak boleh kirim artikelnya ke email [email protected] Bisa dibaca di sini nih. Tuh dalam salah satu ketentuan kirim artikelnya, disebutin boleh menautkan artikel blog sendiri lo. Mayan kan, Maaak?

 

2. Perhatikan topik yang diminta oleh host

Sebelum mulai menulis, ada baiknya lihat dulu topik apa saja yang ada dalam blog host. Coba cari kategorisasi dalam blognya. Ada kan, misal parenting, resep masakan, tutorial dan seterusnya. Nah, dari situ kita bisa lihat topik apa saja yang ditulis oleh host.

Jadi kita harus menulis dalam topik yang ada dalam blog host ya?

Diusahakan begitu, Mak. Kalaupun ternyata topik blog host tak sesuai dengan topik yang biasa kita tulis, kita bisa kok menyiasatinya. Misal nih, kita biasa nulis kulineran, sedangkan host punya kategori bahasan film. Nah, kita bisa tuh nulis film-film yang topiknya kuliner. Keren kan?

Memang tergantung kreativitas kita, Mak.

 

Begini Cara Menulis Artikel Guest Posting untuk Tingkatkan Performa di Mata Google

3. Tanyakan berapa link yang diperbolehkan dalam satu artikelnya

Masing2 host punya kebijakan sendiri-sendiri. Tapi kalau saya sih, satu link aja ke blog sendiri mah sudah cukup. Nggak usah banyak-banyak.

 

4. Hormati policy dan disclaimer host

Misalnya nih, host tidak menginginkan postingan yang berhubungan sama minuman keras. Maka jangan menulis mengenai topik tersebut.

Hard limit ya, ini. Policy host jangan sampai ditawar.

Jadi, sebelum mulai nulis, ada baiknya ditanyakan dulu, apakah ada batasan topik? Apakah ada bahasan tertentu yang ‘terlarang’ untuk dibahas di blog host?

 

5. Tetap ‘be yourself’

Jangan karena kita menulis di website lain atau di blog orang, lantas kita meninggalkan ‘identitas’ kita, Mak. Tetaplah menulis sebagai diri Emak sendiri ya.

Yang biasa gawl ya gawl, yang biasa serius ya serius. Tetaplah pertahankan apa yang menjadi ciri khas Emak. Mau kayak apa pun akan membawa ‘angin segar’ untuk blog host. Tapi, tetap perhatikan policy host ya.

 

6. No plagiarism!

Ini hard limit juga ya, Mak. Nggak boleh dilanggar. Tulisan Emak mesti original, dan belum ditayangkan di blog Emak sendiri.

Ini, selain menghindari kena hukuman Google karena double content, juga penting untuk memperlihatkan bahwa kamu menghargai blog milik host.

Begitu juga dengan image-image yg digunakan. Kalau Emak–sebagai guest blogger–diminta utk menyediakan gambar, maka jangan lupa sertakan sumber kalau image itu diambil dari pihak lain ya. Kalau bisa sih, sediakan foto atau gambar bikinan Emak sendiri, kalau enggak ambil yang public domain saja.

 

7. Promosikan!

Nah, setelah artikel guest posting kita dipublish oleh host, promosiin dong, Mak! Kan biar banyak yang baca. Biar host juga seneng kan

 

8. Balas komen jika ada

Setelah publish, ada baiknya dalam beberapa hari sekali kita sempatkan waktu untuk mengecek apakah ada komen yang masuk menanggapi artikel kita tersebut, Mak.

Nggak berbeda jauhlah sama yang sering kita lakukan biasanya di blog sendiri kan ya?

 

Nah, itu dia beberapa hal soal artikel guest posting, dari mulai manfaat hingga aturan mainnya.

Jangan lupa kirim-kirim artikel ke web KEB, supaya Emak bisa dapatkan semua manfaat guest posting seperti yang tadi saya jelaskan.

Semoga sharing kali ini bermanfaat ya!