Emak Blogger yang sering ikut workshop atau event di hotel suka membawa pulang pensil gratisannya? Apalagi kalau pensil hotelnya menarik dan lucu bentuknya, sepertinya sayang kalau nggak dijadikan kenang-kenangan kalau kita pernah ke hotel itu ya. Bisa digunakan untuk apa saja sih sebenarnya selain untuk menulis? Kali ini, Mak Lusi Tris berbagi 5 fungsi pensil dari hotel.

***

Apa Saja Sih Fungsi Pensil?

Siapa yang waktu kecilnya memberi makan bulu kemoceng yang dipelihara di dalam buku dengan serpihan rautan pensil? Kalau dulu emak seperti itu, berarti kita satu geng.

Sekian abad kemudian, biar umur saya tidak ketahuan, ternyata pensil model rautan seperti itu masih ada dan menjadi souvenir wajib di banyak hotel berbintang. Mengapa ya? Apakah lebih murah?

Padahal pensil seperti itu malah merepotkan penerimanya karena harus menyediakan rautan. Buat saya yang tidak punya rautan, akhirnya menggunakan cutter yang biasa saya gunakan untuk meruncingkan pensil alis. Kalau saya lihat sih kemungkinan karena mudah diberi logo dan tulisan nama hotel tersebut.

Di rumah saya sendiri pensil dari workshop dan event menginap di hotel saya sebar di beberapa lokasi, yaitu rak crafting, dekat telepon dan dekat meja laptop. Semua pensil raut di rumah saya bukan dari membeli, melainkan gratisan dari hotel.

Kalau ada pensil yang beli dari toko, itu adalah pensil mekanik untuk anak-anak sekolah. Anak-anak zaman sekarang sudah tidak telaten meraut. Kalau toh punya, cuma yang pensil 2B untuk ujian dengan menghitamkan pilihan jawaban. Bisa juga karena si anak hobi menggambar, sketching atau melukis. Koleksi pensil mereka akan lebih beragam sesuai dengan tujuan pemakaian, misalnya untuk mengarsir atau sketsa. Sedangkan pensil dari hotel umumnya pensil HB.

Bagi penyuka crafting, ternyata pensil punya fungsi lain yang lebih bervariasi dan bahkan tidak terbatas jika orang tersebut sangat kreatif. Saya sih belum mengeksplor semuanya, tapi ada beberapa yang ketemu kegunaannya sejalan dengan aktivitas crafting saya.

Baca dulu ya: Hobi DIY, Kreatif atau Irit? 

 

5 Fungsi Pensil dari Hotel

 

Yuk, kita lihat bersama-sama apa saja fungsi pensil dari hotel itu, terutama bagi seorang crafter.

 

5 Fungsi Pensil dari Hotel versi Lusi Tris

1. Untuk menulis

Sesungguhnya, pensil HB dari hotel itu susah buat nulis karena keras. Di kertas, tulisan menggunakan pensil tersebut nyaris tidak kelihatan. Tapi tetap bisa buat menulis sih, lumayan bisa mengatasi keadaan darurat kalau lupa bawa alat tulis.

 

2. Untuk menggambar atau sketching

Biasanya pensil yang digunakan adalah pensil yang lebih lunak, tapi HB pun dipakai juga. Jenis pensil itu ada H (hard), B (black), HB (half black), F (firm) dan EE. Sepertinya kalau tidak hobi menggambar, kita hanya mengenal pensil HB dan 2B.

Buat saya, pensil juga berguna untuk membuat sketsa sebelum menggambar pola.

 

5 Fungsi Pensil dari Hotel

 

3. Untuk membuat pola jahitan

Sebelum menggunting bahan kain untuk menjahit, saya membuat pola dahulu di kertas koran bekas. Biasanya saya menggunakan pensil karena mudah dihapus kalau salah.

Yang paling bermanfaat itu untuk membuat garis kampuh sejajar dengan pola utama. Kampuh itu adalah jarak antara tepi kain dengan jahitan untuk menggabungkan 2 kain. Kalau polanya lurus sih mudah saja pakai penggaris. Susahnya kalau polanya melengkung atau oval.

 

4. Untuk dekorasi rumah

Buat crafter, apa pun bisa menjadi sesuatu di luar fungsi aslinya. Begitu pula dengan pensil.

Pensil yang dirangkai dengan lem atau dibor dan diikat bisa menjadi pigura, jam dinding, jam meja, vas bunga bahkan si tempat pensil itu sendiri.

Jadi, misalnya di rumah ananda minta dibantu ide prakarya untuk tugas sekolah, lihat yang ada saja di sekeliling kita, tidak perlu mencari ide yang sulit. Jika adanya pensil yang menumpuk gratisan dari hotel, disambung saja dengan lem tembak, maka jadilah sebuah tatakan piring atau mug kopi.

 

 

5 Fungsi Pensil dari Hotel

 

5. Untuk aksesoris

Kalau buat dekorasi rumah saja bisa, apalagi buat aksesoris. Terlebih jika punya anak perempuan, senang deh bisa didandani macam-macam. Pensil yang dipotong-potong dan dirangkai bisa menjadi kalung, gelang atau bando. Bahkan sebatang kecil pensil bisa dijadikan anting-anting, cincin atau bros. Bebaskan imajinasi saja, Mak.

 

Itulah 5 fungsi pensil dari hotel.

Jika Emak diundang lagi untuk datang ke workshop, seminar atau gathering di hotel, pensilnya jangan dianggurin ya, Mak. Pensilnya dibawa pulang saja. Kalau teman-teman Emak, nggletakin pensil jatahnya di meja begitu saja, diambil saja, Mak, dibawa pulang. Sayang ya, sudah menebang pohon buat bikin pensil, eh ditelantarkan begitu saja.

Selamat berkreasi, Mak!

 

***

Sumber foto: https://www.brit.co/how-to-turn-old-pencils-into-new-desk-accessories/

Lus Trisnasari