Meski DIY (Do It Yourself) kali ini tentang kado cinta, tapi tak harus dihubungkan dengan hari Valentine karena cinta terhadap pasangan itu seharusnya untuk selamanya. Tsah.

Tidak semua manusia peka. Sudah dikasih kode, tapi sinyal tidak tertangkap. Dikira nggak cinta, tapi setelah dengan lainnya, baru membuka rahasia. Bikin hati seketika gundah gulana, menyesal tiada tara.

Jadi, jika cinta, katakan saja.

Meski sudah menikah sekalipun, urusan pernyataan cinta ini kadang masih tak jelas. Kesibukan sebagai orang tua dan pekerja sering membuat lupa memunculkan momen-momen manis sebagai pasangan. Lama-lama hati jadi hambar dan kata-kata cinta pun terdengar alay.

Menyatakan cinta itu tak harus ketika hari Valentine atau ulang tahun. Itu bisa dilakukan kapan saja, antara lain ketika meraih prestasi, memperingati pertama kali kenalan, bahkan karena yang remeh-remeh, misalnya habis dibantu bersih-bersih rumah.

Tak perlu biaya besar untuk mengingatkan cinta yang telah terpaut. Syaratnya cuma satu, jangan terhambat perasaan takut dibilang alay.

Jadi mau bikin apa nih, kita? Tenang! Saya janji bakal super murah tapi super mengesankan si dia.

 

DIY Bikin Kado Cinta buat Pasangan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kado cinta murah dan mudah buat pasangan ini adalah:

  1. Botol atau stoples bekas selai yang sudah dicuci bersih. Berhubung kita berada di Indonesia, pakai stoples bekas sambal masak instan oke juga.
  2. Kertas yang agak kaku. Saya pakai kertas map bekas press release event, gunting saja, tidak usah beli.
  3. Kertas seadanya. Bekas print out yang ada tulisan tidak apa-apa asal sisi sebaliknya masih kosong. Saya pakai kertas origami, minta sama anak.
  4. Pensil
  5. Gunting
  6. Spidol
  7. Lem
  8. Tali
  9. Kerikil, option buat menambah aksesoris. Emak bisa menambahkan aksesoris lain suka-suka, misalnya kancing, pita, renda dan sebagainya. Bebaskan diri dalam berkreasi.

 

Cara membuat kado cinta buat pasangan yang murah dan mudah

1. Siapkan wadahnya

Botol atau stoples selai dibersihkan dulu sampai kinclong. Saya pakai toples sambal instan karena jarang banget beli selai. Nggak doyan. Heheee…

Jika stiker merek selainya susah dihapuskan, bisa diuap di atas air yang direbus agar stiker lembap dan mudah digosok. Digosok ya, bukan dikupas. Bisa juga digosok menggunakan minyak kayu putih dan kain. Saya lebih suka cara kedua karena bisa sambil santai nonton tv.

Setelah semua stiker dan bekas lem hilang, cuci dengan sabun dan air, lalu lap sampai kering dan kinclong.

 

2. Siapkan sealnya

 

Lagi Bokek? Santai, Tetap Bisa Kasih Kado Cinta ke Pasangan Kok

 

Gunting kertas yang kaku dengan bentuk melingkar seperti tutup tapi lebih kecil karena akan ditempelkan di sana. Bisa juga pinggirannya digunting bergelombang, tergantung kreativitas teman-teman. Saya mengandalkan gunting zigzag.

Tulis yang lucu-lucu di atas kertas tersebut, misalnya Open Me, I’m Yours By The Time You Open This, I’m Inside, Grab Me, Buka Aja Bang, Abang Buka Aku Lemas, dan sebagainya.

Yah, untuk mencairkan suasanalah, biar nggak shock melihat isi stoplesnya.

 

3. Siapkan hangtagnya

Gunting sisa kertas yang kaku tadi dengan bentuk love. Boleh gunting 2 lembar dengan ukuran beda lalu dilem jadi satu. Boleh juga gunting 2-3 lembar tapi tidak dilem, hanya dirangkai dengan tali. Terserah kreativitas masing-masing.

Berhubung tidak ada kertas merah atau warna lain yang jreng, maka kertasnya saya cat dulu. Sayang, spidol cuma warna hitam, jadi kurang ramai.

 

Lagi Bokek? Santai, Tetap Bisa Kasih Kado Cinta ke Pasangan Kok

Tulis penerima kado cinta tersebut. Boleh menulis namanya, misal Papah Siwon kesayangan. Atau sebutan lain yang lebih hangat, misalnya Pak Boss tercinta, My Only Sugar Daddy, dan sebagainya. Tapi kalau bisa jangan paksu deh. Ingatnya jadi xsu yang bahasa Jawa itu. Hehehe….

 

4. Bikin banyak-banyak hadiahnya

Jadi kan Emak nggak punya duit, nih. Maka hadiahnya adalah diri Emak sendiri! Caranya, gunting kertas bekas print out selebar kertas gulungan arisan sebanyak yang kita mau.

Udah pernah ikut arisan kampung yang ada kocokannya? Ya, seperti itulah, tapi isinya penawaran apa yang  bisa kita lakukan untuk si dia, yang dalam kondisi normal Emak nggak rela melakukannya. Kalau toh mau, pasti ada prolog omelan yang panjang.

Kok tidak di WhatsApp saja sih daftar hadiahnya? Kan lebih praktis dan cepat? Yah, si Emak. Biar surprise dong, Mak. Ada gemes-gemesnya juga.

 

Lagi Bokek? Santai, Tetap Bisa Kasih Kado Cinta ke Pasangan Kok

 

Berikut beberapa contoh yang bisa ditawarkan ke pasangan.

Dia boleh:

  • Kelupaan nyantelin baju yang habis dipakai di mana saja di rumah tanpa diomeli.
  • Minta disuapi selama sehari dari mulai sarapan, makan siang, makan malam, dan ketika makan snack sore.
  • Main PS seharian tanpa diganggu anak-anak.
  • Nonton Youtube seharian tanpa diganggu, dan nggak perlu rebutan kuota dengan anggota keluarga lain.
  • Minta pijat dan urut, dan sebagainya.
  • Jangan lupa menyisipkan “Anda belum beruntung” supaya bikin penasaran.

Ketika membuat daftar kado cinta tersebut, Emak harus konsekuen bisa melakukannya karena pasangan tidak bisa melihat tulisan dalam kertas terlipat yang diambilnya. Kalau dibiarkan memilih, nanti dia bakal pilih main PS deh kayaknya. Hahaha, nggak seru ya!

Selain itu, Emak juga harus yakin tidak bakal berkompromi dengan interupsi harian, misalnya anak rewel. Kalau punya support system lebih baik lagi. Jika tidak punya, pilih penawaran yang tidak harus meninggalkan anak-anak. Kalau Emak kompromi melulu, ya tidak ada bedanya dengan hari-hari lain. Nilai kado cintanya tidak terasa.

Selamat mencoba!