Emak yang punya blog niche parenting siapa nih? Atau seenggaknya ada kategori parenting dan suka nulis artikel parenting, gitu. Ada? Coba absen di komen! 😆

Ya, namanya juga Emak-Emak Blogger, kayaknya kan pasti banyak yang mencurahkan isi hati mengenai keseharian kita bareng keluarga dan anak-anak di blog ya kan, Mak?

Saya lihat, banyak banget Emak yang banyak membahas dunia parenting di blog masing-masing. Enggak, saya nggak mau ngapa-ngapain kok. Tenang aja 😆 Malah, saya mau kasih beberapa ide postingan nih, yang mungkin cocok buat ditulis di blog Emak yang punya niche parenting. Atau, seenggaknya yang punya kategori parenting di blognya.

Siapa tahu ada yang butuh masukan ide, yekan?  So here we go.

 

31 ide artikel parenting yang menarik

1. Parenting failure

Namanya jadi orang tua, kita kan juga suka ada kesalahan kan ya, Mak? Nah, ketimbang disimpan sendiri, coba deh di-sharingkan. Semoga bisa jadi pelajaran juga buat emak-emak yang lain tuh.

2. Parenting success

Ada kesalahan, tapi pasti ada juga tip suksesnya. Misalnya nih, tip mengajari anak matematika hingga anak nggak lagi takut sama matematika. Atau, mendidik anak tunggal. Tuh, pasti ada yang mau nyontek caranya deh.

3. Turn negative thought menjadi positive one.

Misalnya nih, Mak. Mengenai penggunaan gadget oleh anak-anak. Banyak kan yang mengkhawatirkan efeknya pada anak-anak? Nah, Emak punya tip nggak, supaya gadget ini jadi punya efek positif buat anak-anak?

4. Me time

Namanya emak-emak, pasti dong punya cara me-time sendiri, yes? Coba dibikin list, Mak, misalnya 7 kegiatan me-time favorit Emak apa? Kalau 7 kebanyakan, ya tulis saja 3 atau 5. Atau satu aja juga boleh, tapi yg paliiing favorit, lalu tulis secara mendalam.

5. Kiat mendampingi anak di situasi sulit

Kadang anak-anak juga harus menghadapi situasi sulit kan ya? Misalnya, ada kematian, atau kegagalan apalah gitu ya? Sebagai emak, kan kita mesti mendampinginya kan? Nah, Emak bisa ceritakan nih, proses pendampingannya. Pasti banyak yang mau baca.

6. Tentang tantangan menjadi orang tua

Menurut Emaks, tantangan paling berat seperti apa sih yang harus dihadapi oleh orang-orang tua zaman sekarang, Mak? Hmmm, pasti beda deh antara emak yang satu dengan yang lain. Baca ceritanya pasti seru-seru deh!

7. Guest post dari anak

Nah, kalau anak Emak ada yang sudah bisa atau lancar menulis, coba deh, dia diminta untuk menulis guest post di blog Emak. Minta dia bercerita apa saja, boleh juga menceritakan keseharian emaknya kayak apa. Pasti banyak “rahasia” terbongkar deh! 😛 Seru!

8. Tukeran guest post

Selain minta anak kita untuk guest post, bisa juga Emak minta emak-emak blogger yang lain untuk menulis guest post di blog Emak. Coba pilih topik yang bisa memperkaya blog emak dari sudut pandang lain.

9. Cerita ibu

Emak juga bisa cerita persalinan yang pernah Emak lalui. Buat yang anaknya lebih dari 1, boleh dibikin berseri tuh. Kan biasanya setiap persalinan ada ceritanya sendiri-sendiri kan? Siapa tahu ada yang butuh sharing pengalaman juga.

10. Share your wedding story.

Ciyehhhhh … sedikit nostalgia boleh dong ya, Mak! Biar yang lain pengin #eh

11. Dilema hidup

Jika sekarang Emaks sedang menghadapi dilema, atau pernah menghadapinya, boleh lo Mak, diceritain juga. Misalnya, pas mau memilih sekolah untuk anak, mending pilih sekolah dekat atau jauh? Apa pertimbangannya? Yang kayak-kayak gitu, pasti ada yang juga mengalami hal yang sama.

12. First trip

Cerita dong, Mak, first trip with family ke suatu tempat. Cerita gimana persiapannya, gimana repotnya … Kalau kepanjangan, bisa dibikin berseri tuh. Jangan lupa saling dikasih tautan ya.

13. Surat untuk keluarga

Mengungkapkan isi hati pada anak atau pada suami, ah sudah biasa. Coba sekarang, Emak tulis surat buat ibu mertua deh. Atau boleh juga buat ipar. Hohoho.

14. One day as a parent

Mak, sebagai orang tua, kita kan dituntut untuk bisa menjadi role model bagi anak-anak kan ya? Tapi, kita juga manusia biasa. Kadang ya “kelepasan” gitu. Pernah mengalaminya, Mak, ngomong atau bertindak sesuatu yang kurang pantas di depan anak-anak? Hayo, cerita 🙂

15. Time management

Setiap emak itu biasanya punya perjuangan sendiri-sendiri dalam mengelola waktu keseharian ya. Emak punya tip dan trik mengelola waktu buat emak-emak yg lain? Yuk, tulis!

 

Prinsip Utama SEO

16. School project

Si kecil punya proyek dari sekolah? Nah, selain ngebantuin, sekalian saja didokumentasi, Mak! Kan seru tuh! Segampang apa pun proyeknya. Ya, kalau nggak ada proyek dari sekolah, bikin saja proyek sendiri. Yang penting menampakkan kerja sama emak-anak.

17. Aktivitas seru

Coba dilist, Mak, aktivitas apa saja yang paling favorit Emak lakukan bareng si kecil? Bebas deh, mau berapa saja. Sebanyak-banyaknya yang ada! Siapa tahu bisa disontek emak yang lain!

18. 5 yo challenge

Si kecil sekarang usianya 5 tahun? Emak ada foto diri Emak pas masih usia 5 tahun? Coba deh, dijejerin. Lalu minta pembaca blog untuk mengomentari. Hahaha, kayaknya bakalan panjang deh tuh, komennya 😆

19. Bloger favorit

Emak punya bloger favorit yang suka nulis artikel parenting juga? Coba dilist, Mak! Biar pembaca Emak juga berkenalan dengan bloger-bloger junjungan Emak! Kalau perlu, yang belum banyak orang tahu, Mak.

20. Thank you, internet!

Internet memang sudah semacam keseharian buat kita ya, Mak. Dalam hal apa saja sih, Emak menggunakan “jasa” internet ini dalam keseharian Emak sebagai ibu? Misalnya, Emak bisa share aplikasi buat masak. Atau aplikasi buat ibu hamil, dan seterusnya.

21. Article of the day

Sudah blogwalking belum nih hari ini? Kalau sudah, adakah artikel parenting blog lain yang menarik, Mak? Yuk, ditanggapi dengan tulisan blog juga!

22. Review event

Di kota domisili Emak lagi ada event menarik dan ramah anak? Yuk, datangi! Kalau event-nya umum kan nggak perlu undangan. Langsung saja datang, dan ajak anak-anak. Lalu tulis reportasenya di blog ya!

23. Tip hemat

Mak, bagi tip hemat sama emak-emak yang lain yuk! Tip menghemat apa pun deh, mulai dari menghemat listrik sampai menghemat odol!

24. Celeb moms

Emak punya celeb mom idola? Mona Ratuliu? Wenda istrinya Ruben? Atau mungkin, Makpon Mira Sahid? Atau Makpuh Indah Juli? 😀 Hayuk, dilist! Kalau perlu diinterview, Mak!

25. Tutorial

Post a tutorial, Mak! Tutorial apa pun deh, mulai dari tutorial masak sampai bebersih rumah. Tutorial-tutorial hobi Emak juga boleh!

26. Gossip of the day

Hari ini sudah baca berita, Mak? Atau gosip juga boleh #eh Sekarang, yuk, kita tanggapi dalam sebuah tulisan blog. Apa pendapat kita mengenai berita/gosip tersebut?

27. Memories of the day

Kalau di Facebook, kadang kan ada memories kan ya? Kita diingatkan akan foto-foto yg kita posting hari itu beberapa tahun yang lalu. Kalau ada yang menarik, coba cerita, Mak, mengenai memoir of the day ini.

28. Harapan 10 tahun mendatang

Apa sih harapan Emak untuk hidup Emak 10 – 15 tahun mendatang, Mak? Punya rencana tertentu untuk keluarga? Yuk, cita-citanya dibagikan di blog!

29. Family tradition

Sepertinya setiap keluarga itu punya tradisi tertentu. Boleh lo, Mak, disharing.

30. Best moment of the month

Sebulan ini apa saja yang sudah sukses dilakukan, Mak? Atau ada sesuatu yang memorable terjadi di bulan ini?

31. Rencana

Sudah merefleksi sebulan kemarin, sekarang kita ngomongin rencana untuk bulan depan? Bakalan ada yang istimewa di bulan depan? Atau ada rencana apa nih sebulan ke depan?

 

There you go, Mak. 31 ide artikel parenting sudah saya share. Oke-oke kan?

Ada yang mau ditambahin? Sok, ditulis di kolom komen ya!