Ada nggak yang udah kelamaan nggak ngeblog terus pengin balik ngeblog lagi? Ada?

Yash, kalau ada, bolehlah merapats! Kita akan bahas beberapa tip biar semangat balik ngeblog lagi buat yang sudah kelamaan nggak ngeblog nih.

So, gimana, Mak? Kemarin-kemarin ini sempat berhenti ngeblog yah? Sibuk? Atau karena sebab apa nih? Kalau ada yang mau curhat, boleh-boleh aja lo! Silakan ditulis di komen yah! Siapa tahu dengan berbagi jadi lebih ringan kan bebannya? 😀

Karena yaaa … niat kita untuk balik ngeblog lagi tuh tergantung sama penyebab kenapa kita berhenti ngeblog. Kalau kemarin sibuk, berarti yang pertama harus dilakukan adalah memastikan kalau sekarang kita punya waktu untuk ngeblog. Kalau bosen, berarti yang pertama harus dilakukan adalah menemukan cara supaya ngeblognya jadi nggak ngebosenin. Bikin tantangan untuk diri sendiri, mungkin?

Kalau kemarin capek ngeblog, ya berarti mesti dicari dulu penyebab capeknya apa, terus diatasi. Baru deh mulai ngeblog lagi.

Nah, kalau memang sekarang Emak sudah benar-benar niat pengin balik ngeblog lagi, biar nggak bingung mulai dari mana, coba deh beberapa tip spesial berikut.

 

7 Tip ngeblog lagi setelah lama hiatus

 

7 Tip Balik Ngeblog Lagi Setelah Lama Hiatus

1. Ganti template

Yes, ini obat pertama dulu yang harus dilakukan nih, Mak; ganti template! Coba cari template yang lebih fresh dan catchy.

Nah, sekalian ganti template, bisa diperbaiki juga berarti. Coba perhatikan beberapa hal berikut ya, Mak.

  • Template-nya mesti ringan loadingnya.
  • Kalau bisa responsive
  • Berbackground terang dengan tulisan warna gelap.

Yah, ini syarat mutlak untuk template blog yang enak dibaca. Intinya, pilihlah template yang reader-friendly, Mak.

Nah, biasanya sih kalau templatenya udah ganti, mata pun lebih fresh. Niat untuk ngeblog lagi makin menyala dengan dahsyat!

Sekarang saatnya nulis deh!

2. Cari topik tulisan

Nah, supaya bikin tambah semangat balik ngeblog lagi, maka carilah topik yang pas dan triggering. Misalnya nih: nulis tentang hobi. Siapa sih yang nggak semangat bahas hobi diri sendiri? Iya nggak?

Ini bisa jadi awal yang bagus untuk nulis di blog lagi. Kalau enggak hobi ya, bahaslah apa pun yang menarik minat deh, Mak.

Kalau enggak bahas hobi atau yang menarik minat, bisa juga sih bahas sesuatu yang lagi hangat diperbincangkan sekarang, yang kita ikuti.

 

3. Pancing dengan polling

Nah, kalau sudah ketemu topiknya (mungkin bagusnya ada beberapa gitu ya?), kita bisa “mencuri perhatian” dulu dengan memancing reaksi dengan polling, Mak!

Di Facebook dan twitter kan ada tuh fiturnya untuk polling. Di Instagram Stories juga ada kan? Coba tanyakan, mau nulis blog lagi nih, enaknya bahas A atau B ya?

Naaah, semoga nih ya, teman-teman kita pada tertarik utk ikutan polling. Ini berarti sudah 1-0 nih buat Emaks, yang mau “memenangkan kembali” pembaca blog Emak. Yekaaan?

 

4. Tak perlu terlalu panjang

Sebagai awalan, kita nggak perlu menulis terlalu panjang kok, Mak. Tulis saja pendek-pendek dulu. 200 – 300 kata sudah cukup banget.

Ya, ini supaya kita nggak males duluan ya, Mak. Udahlah baru CLBK, eh mesti nulis panjang … ya males bat. Etapi kadang kita kalau lagi CLBK gitu kan malah jadi lagi sayang-sayangnya, iya nggak sih, Mak? #eakkkk 😀

Jadi, kalau ternyata karena udah saking kangennya terus malah nulis panjaaaaang … ya nggak apa-apa juga. Yang penting, hepi!

 

5. Permanis dengan giveaway

Nah, biar makin seru acara balikannya sama blog, boleh juga tuh kalau ditambahin giveaway. Buat seseruan aja, hadiahnya juga nggak usah yang mahal-mahal.  Yang penting lucu, manis, dan … banyak! #eh

Yang penting seru, terus colekin deh teman-teman yang lain biar ikutan giveaway, yes?

 

6. Umumkan kita sudah balikan sama mantan blog

Jadi, kalau tulisannya sudah jadi, jangan lupa dipromosikan, Mak. Ajak juga teman-teman Emak untuk ikutan giveaway (kalau ada).

Ingat, jangan cuma sekali aja share / promosinya. Bisa diulang dalam beberapa hari sekali. Kan kali-kali aja kemarin ada yang kelewat belum liat. Yekan?

 

7. Jangan istirahat kelamaan

Karena … iya sih, katanya kalau memang sudah passion, mau “cuti” pun nanti juga akan balik lagi kok. Tapi sesungguhnya, balik untuk mulai ngeblog lagi secara konsisten itu sungguh sulit! Kalau kata beberapa orang bloger yang sudah lama ngeblog sih, irama ngeblog-nya itu lo yang susah untuk dibuat lagi.

Ya sebenarnya sih boleh kok mau jenuh ngeblog. Mungkin tadinya juga rutin banget, terus jenuh. Wajar.
Atau sibuk. Ya namanya orang kan? Banyak urusan lain yang lebih penting. Yekan, Mak?

Nah, jadi, sekarang mesti siap-siap memotivasi diri terus nih ya. Kan udah balik ngeblog lagi nih sekarang. Jangan sampai nanti terus cuti lagi, kelamaan lagi.

Jadi, coba deh, temukan permasalahan awalnya di mana sehingga Emak kemarin ini sempat berhenti ngeblog. Apa penyebab utamanya? Segera cari jalan keluarnya, gimana caranya supaya bisa tetap ngeblog terus meski lagi sibuk atau bosen? Karena konsistensi ngeblog itu emang yang paling dibutuhkan kalau kita mau sukses sebagai bloger.

 

Nah. demikian beberapa tip buat siapa saja yang udah hiatus lama tapi pengin balik ngeblog lagi. Satu per satu aja dulu, dan pelan-pelan saja, Mak. Nggak usah berlebihan, sembari mencari irama ngeblog yang baru.

Ada yang punya tambahan tip buat yang pengin balik ngeblog lagi? Kuy, langsung ditulis di kolom komen ya! 😉