Pernah nggak, Mak, ngalamin situasi kehabisan alat rias seperti ini?

Suatu kali, mau buru-buru kondangan, mesti dandan cepet-cepet. Kita mengambil alat rias atau botol kosmetika, tapi duh … ternyata udah habis. Kelupaan beli pas belanja kemarin.

Atau kita lagi keluar kota, liburan. Ternyata produk makeup yang kita pakai tinggal seuprit. Kita lupa ngecek pas siap-siap. Padahal sekarang lagi nggak memungkinkan keluar rumah, atau barangkali kita nggak bisa menemukan kosmetik atau toko kosmetik di tempat kita liburan itu.

Pernah, Mak? Atau malah sering?

Terus, gimana dong?

Well, nggak perlu panik. Ada beberapa kosmetika yang bisa diganti dengan bahan-bahan yang lebih murah harganya, dan mudah didapat. Maksudnya sih ya sebagai darurat aja. Lumayan juga buat saat-saat gawat, hingga Emak sempat pergi ke toko membeli yang baru.

Jadi, apa saja nih yang bisa digantikan dengan produk pengganti? Let’s see.

 

7 Bahan Pengganti Kalau Kita Kehabisan Alat Rias

1. Pasta gigi

Jika kehabisan pasta gigi, dan Emak mempunyai simpanan atau di sekitar Emak ada yang jual baking soda ataupun soda kue, bahan ini bisa menjadi pengganti pasta gigi yang paling tepat. Taburkan di atas sikat gigi, lalu gosoklah gigi seperti biasa.

Senyum Emak pasti akan tetap cemerlang.

 

2. Sampo

Botol sampo yang dibawa pergi ternyata sudah kosong?

Well, di saat darurat, sabun biasa menjadi sampo, Mak. Kalau ada sabun bayi, tentu ini lebih baik karena sabun bayi mengandung pelembap lebih banyak ketimbang sabun biasa. Sesudah keramas dengan sampo, Emak juga bisa membilas rambut dengan campuran cuka dan air sebanyak 1 : 3.

 

3. Eye Shadow

Butuh eye shadow darurat? Emak bisa menggunakan pemerah pipi atau blusher yang warnanya menjurus ke merah jambu atau cokelat, bisa yang berbentuk krim ataupun serbuk.

Cara menggunakannya, jika Emak menggunakan blusher yang berbentuk krim, tinggal oleskan saja dengan menggunakan jari manis Emak, kemudian ratakan. Untuk yang berbentuk serbuk, Emak bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan cotton bud.

 

4. Penghapus make up

Lupa membawa cleanser, ataupun facial foam, Mak? Wah, bahaya nih kalau sampai kehabisan alat rias satu ini nih. Tapi, tenang, Emak bisa menggunakan baby oil.

Oleskan baby oil merata ke seluruh wajah, gosok dengan lembut pada kelopak mata. Lalu usap dengan kapas dengan lembut.

Baby oil juga bisa menghapus maskara yang membandel lo, Mak. Gampang kan?

 

5. Blusher

Nah, kalau kebetulan kehabisan alat rias yang bisa bikin wajah merona ini, dan Emak membutuhkan blusher darurat, Emak dapat menggunakan lipstik.

Caranya adalah dengan membuat titik-titik di daerah yang biasa diberi pemerah pipi, lalu ratakan dengan lembut dengan jari Emak.

 

6. Bedak

Dalam kondisi darurat, Emak bisa menggunakan bedak bayi sebagai gantinya, karena selain juga lembut pada kulit, bedak bayi juga mengandung pelembap.

Taburkan sedikit pada telapak tangan, bubuhkan dengan kuas atau sikat yang lembut. Bisa juga aplikasikan dengan kapas pada wajah secara merata.

 

7. Lipgloss

Ini terutama kalau kita berlibur ke pantai nih, Mak. Seringnya sih nggak lupa bawa tabir surya untuk kulit, tapi lupa bawa atau kehabisan alat rias pelembap bibir ini. Akibatnya, jadi nggak ada perlindungan tambahan untuk bibir deh.

Supaya bibir lebih lembap, dan tidak pecah-pecah, Emak bisa menggunakan sedikit body lotion yang dioleskan tipis-tipis. Setelah itu, baru Emak bisa menimpanya kembali dengan lipstik.

 

Nah, problem solved kan, Mak? Lain kali jangan sampai kehabisan alat rias, atau ketinggalan lagi ya!

Semoga bermanfaat!