Hai, Mak! Ada resep sup bakso ikan nih. Yuk, dicobain!

Beda dengan biasanya, mungkin Emak pernah bikin juga tapi bakso ikannya beli yang sudah jadi ya? Iya, lebih praktis soalnya. Ya, wajar saja sih karena mempersingkat waktu.

Tapi, nggak ada salahnya juga sesekali coba bikin saja bakso ikan sendiri. Toh mudah ini dibuatnya. Biar lebih higienis, dan tentunya bebas pengawet.

Kita pakainya daging ikan tenggiri ya, karena daging ikan tenggiri ini memang bagus banget untuk dikonsumsi, apalagi oleh anak-anak. Ikan yang masih saudaraan sama ikan tongkol, tuna, dan kembung ini memang sering dipakai sebagai bahan masakan khas Indonesia ya, Mak. Sebut saja pempek ataupun siomay.

Nah, kali ini kita pakai ikan tenggiri dalam resep sup bakso ikan ini, yang baksonya kita buat sendiri. Akan sedikit dicampur dengan daging ayam sih, karena yah … ikan tenggiri ini kadang harganya melangit, jadi boleh saja dicampur daging ayam. Sama-sama punya gizi yang baik.

Yuk, kita mulai masak aja yuk.

 

Resep Sup Bakso Ikan

 

Resep Sup Bakso Ikan yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Bahan bakso ikan:

200 gr daging ikan tenggiri, cincang halus

50 gr daging ayam giling

1 sdm tepung sagu

1 putih telur ayam, kocok lepas

½ sdt garam

1 sdt bawang putih parut

1 sdm irisan daun bawang

 

Bahan kaldu:

1 sdm minyak untuk menumis

2 siung bawang putih cincang

½ cm jahe, memarkan

1,5 liter kaldu ikan/ayam

1 sdt garam

½ sdt merica bubuk

1 ½ sdm kecap asin

150 gr jamur kancing segar, belah 4 bagian

2 batang daun bawang, potong 1 cm

1 sdm air jeruk nipis

 

Bahan pelengkap:

50 gr soun kering, rendam air dingin hingga lunak, tiriskan

Bawang goreng untuk taburan

 

Cara membuat bakso ikan:

Resep Sup Bakso Ikan yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Via Spring Tomorrow

Aduk semua bahan untuk membuat bakso ikan hingga rata. Didihkan air dalam panci, bentuk adonan bola-bola dengan menggunakan 2 buah sendok teh.

Masukkan ke dalam air mendidih, rebus hingga matang dan bakso mengapung.

Angkat, tiriskan.

 

Cara membuat kaldu:

Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Tuangi kaldu, didihkan.

Tambahkan garam, merica, kecap asin, jamur dan daun barang, aduk rata.

Tambahkan bakso ikan, daun bawang dan air jeruk, masak hingga semua matang.

Sajikan dengan pelengkap.

 

Tuh kan, Mak? Nggak ada susahnya sama sekali kan, resep sup bakso ikan kita ini? Boleh ditambahkan bahan lain kalau memang diperlukan yah. Resep ini hanya resep dasar saja, masih bisa dikembangkan lagi. Mau ditambah jamur juga enak banget lo! Mau dicampur dengan bakso sapi, oke juga. Buat balita juga oke banget ini mah.

Selamat mencoba ya!