Weekend memang asyik dilewatkan bersama keluarga, bercengkerama ataupun menikmati waktu bersantai di rumah, terasa makin istimewa. Saat berkumpul, pastinya sajian istimewa wajib disiapkan. Ayam? Daging? Ikan? Ah, rasanya semua masakan sudah sering menemani waktu istimewa keluarga, ada resep baru nggak ya? Bingung, bosan dengan menu yang itu-itu melulu? Gimana kalau nyobain resep ikan tongkol? Sudah pernah belum?

Eits, tapi ini resep ikan tongkol bukan sekadar resep biasa lo. Yuk, Mak, kita ke dapur, kita coba menu variasi yang pasti istimewa dan lezuut banget ini.

Ini adalah Resep Ikan Tongkol Pandan Rawit. Hah? Pandan? Kok kayak bikin jajanan sih? Tenang, Mak, pandan di ikan tongkol ini so pasti lo nambahin sedep. Hayuk, ah, kita coba aja masaknya. Gampang kok! 😀

Catet ya!

 

 

Resep Ikan Tongkol Pandan Rawit

Bahan:

  • Ikan tongkol ukuran besar/sedang
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun jeruk
  • ½ buah tomat
  • Gula
  • Garam
  • Merica
  • Penyedap rasa
  • Jeruk nipis
  • Minyak goreng

Bumbu tumbuk kasar:

  • 3 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah keriting
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit

 

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih ikan tongkol, potong jadi 4-5 bagian
  2. Setelah bersih, lumuri jeruk nipis agar bau amis hilang, diamkan beberapa saat
  3. Sementara menunggu ikan, tumbuk kasar bumbu-bumbu cabe rawit, cabe merah keriting, bawang putih, bawang merah, jahe dan kunyit
  4. Buang air jeruk nipis, panaskan minyak lalu goreng ikan, ½ matang
  5. Angkat ikan, sisakan minyak untuk menumis. Tumis bumbu kasar, masukkan juga daun pandan dan daun jeruk sampai harum
  6. Setelah harum, masukkan ikan dan tomat, tambahkan air sedikit.
  7. Masukkan gula, garam, merica dan penyedap rasa secukupnya
  8. Tunggu air mendidih dan ikan matang, lalu angkat.
  9. Tongkol Pandan Rawit siap dicicipi bersama nasi putih.

 

Tip:

  • Ikan tongkol dapat diganti dengan variasi bahan apa saja. Misalnya, daging sapi, ayam, ikan lain, cumi, udang, bahkan tahu atau tempe.
  • Jeruk nipis selain menghilangkan bau amis pada ikan, juga membuat daging empuk dan bumbu mudah meresap.
  • Sebaiknya sebelum memasak, ikan digoreng dahulu ½ matang, untuk menghilangkan rasa pahit atau asin bawaan ikan
  • Cabai rawit dapat ditumbuk kasar dapat pula dibiarkan utuh, untuk menambah manis tampilan dan citarasa yang tidak terlalu pedas.
  • Agar lebih sedap, dapat juga menambahkan daun kemangi pada masakan ini.

 

Selamat memasak, Mak!