Terkadang, kita sibuk mencintai seseorang hingga lupa bahwa kita pun berhak untuk dicintai. Dan, ketika orang tersebut memutuskan untuk tidak lagi mencintai kita, hati terasa hampa. Dunia berubah, seolah tak berpihak lagi pada kita.

Putus cinta memang menyakitkan. Tapi jika kita melihat peristiwa itu dari sudut pandang lainnya, barangkali kita akan bersyukur karenanya.

Dari pada patah hati berkepanjangan, coba deh dengarin tiga lagu Raisa tentang mencintai diri sendiri, yang bisa mempercepat sembuhmu, dan meyakinkanmu bahwa mencintai diri sendiri itu penting untuk kebahagiaan dan kesehatan jiwa. Siapa tahu, kebahagiaan kita kelak justru akan membuat sang mantan menyesal.

Lagu Raisa Tentang Mencintai Diri Sendiri

  1. Bye Bye

Lagu berjudul Bye Bye ini adalah wujud kekuatan seorang perempuan. Dari liriknya, Raisa seolah ingin berkata, “Aku cantik, jadi perlakukan aku dengan baik. Aku akan mencintaimu dengan tulus jika kamu melakukan hal yang sama. Jika kamu menyia-nyiakannya, ya sudah, aku pilih yang lain saja.”

Simak liriknya, yaa…

Hey Girl

You know you’re beautiful

Where is the pretty smile that

You’ve been hiding far too long

Putus cinta membuatmu kehilangan semangat hidup, bahkan untuk sekedar tersenyum? Tuh, dengar kata Mbak Raisa. Kamu cantik, maka tersenyumlah!

Ingat-ingat juga kata Nhat Hanh, seorang biksu Buddha Zen dari Vietnam yang juga seorang penulis dan penyair, “Sometimes your joy is the source of your smile, but sometimes your smile can be the source of your joy.”

Tuh kan, tak perlu menunggu bahagia untuk bisa tersenyum. Tersenyumlah, maka perlahan, kamu akan merasakan kebahagiaan.

Lanjut lagi nyanyinya, yaa…

Hey Girl

You know you’re wonderful

If he doesn’t appreciate you

Then it’s time to say….

Bye Bye…

Say Bye Bye…

Jadi, kalau orang yang kita cintai tidak bisa mengapresiasi apa yang sudah kita beri, say bye byeaja deh!

If he does’nt treat you right

Then who is he to stick around just say good bye

Dan orang yang tidak bisa memperlakukan kita dengan baik, bukanlah orang yang layak berada di sisi kita. Ingat, kita ini berharga!

Hey Girl

You know you’re amazing

Anyone who gets to love you

Is one lucky guy

Kita berharga dan kita luar biasa. Jadi, orang yang layak kita cintai semestinya adalah orang yang pandai menghargai kita dan memiliki cinta yang luar biasa juga. : )

I won’t let anyone make me feel sad

I won’t let anyone make me feel down

I won’t let anyone make me feel unhappy

If you don’t treat me right

Then it’s time for me to

Say bye bye…

Jangan biarkan orang lain membuat kita sedih dan merasa tak berharga. Jika ia adalah orang yang kita cintai, maka lepaskanlah. Masih ada orang lain yang berhak mendapatkannya.

  1. Melangkah

Sudah bye bye pada mantan, kini saatnya kita melanjutkan perjalanan. Mungkin kenangan tentangnya masih menjadi bayang-bayang, ada kalanya juga tebersit sebuah penyesalan. Tapi demi cinta pada diri sendiri, dan demi mewujugkan kebahagiaan hati, melangkahlah!

Dahulu kubermimpi

Kisah cinta abadi bersamamu

Ternyata semua berakhir

Tak seperti yang kuharapkan

Baru kumengerti kusadari

Ya, di awal menjalin hubungan dengan kekasih, tentu kita yakin bahwa dialah yang terbaik. Siapa sih yang ingin patah hati? Siapa sih yang ingin hubungan yang telah terjalin harus berakhir?

Namun jika kenyataannya putus cinta menjadi takdir yang tak bisa dihindari, jangan sampai pedihnya hati membuat kita tak mengenali diri sendiri.

Percayalah, kamu tak sendirian. Masih ada keluarga dan teman-teman yang bersedia mencintai dan menerimamu dengan tulus, ya kan?

Ohh, kutak sendiri

Pancaran sinar mentari

Menemani tiada henti

Ohh, dan tak kusesali

T’lah kulupakan dirimu

Tak mengapa aku melangkah

Sendiri dapat kujalani

*

Pernah kuterhanyut dalam sepi

Namun kini kuberani melangkah pasti

Tanpa dirimu

Sekarang, saatnya melangkah. Walau kini dia tak lagi mengisi hari-hari kita, yakinlah suatu hari nanti kita akan menemukan pengganti yang lebih baik darinya. Jangan lagi berkata, “Tanpamu apa artinya? Tanpamu terasa hampa,” tapi ucaplah, “Tanpamu, kumerasa baik-baik saja.” : )

  1. Bersinar

Sudah say goodbye pada mantan dan segala kenangan yang menjadi bayang-bayang, lalu kita semakin mantap untuk melangkah melanjutkan perjalanan, inilah bukti bahwa kita sudah move ondari masa lalu. Saatnya melihat lagi ke dalam diri. Cahaya yang telah lama meredup itu, nyalakanlah kembali!

Saat kau merasa tak bercahaya

Seakan semua kegelapan menyelimuti harimu

Dan kau merasa takkan pernah usai

Buang saja gundah di hatimu

Biarkan berlalu, ini bukan akhir dunia

Yes, putus cinta bukanlah akhir dunia. Jika keputusannya untuk meninggalkanmu bisa merenggut kebahagiaanmu, duh, bisa jemawa dia. Jangan mau terlihat lemah! Toh, di dunia ini tak hanya ada dia saja.

Tersenyumlah percayalah

Bebaskan dirimu, bersinarlah ooh

Lepaskanlah keraguanmu

Bukalah hatimu, bersinarlah

Tersenyumlah. Jika ia meninggalkanmu yang telah rela mencintainya dengan tulus, maka bukan kamu yang dirugikan dari putusnya hubungan ini.

Tersenyumlah, bersinarlah. Bukalah hatimu. Yakinlah ada orang lain yang sedang menunggumu, yang lebih berhak mendapatkan cinta kasihmu. : )

Pancarkanlah cahaya, hapus air mata

Cahaya dirimu

Bersinarlah

Nah, itu tiga lagu Raisa tentang Mencintai Diri Sendiri, yang akan membuatmu move on.

Sedih? Wajar. Menangis? Silakan. Tapi jangan terlalu lama berkubang dalam kesedihan. Hapus air matamu sekarang. Pancarkanlah pesonamu, dan buat ia menyesal karena telah meninggalkan orang seberharga dirimu.

Saat patah hati, jangan dengarkan lagu yang justru semakin membuatmu memble. Bila perlu, sembunyikan lukamu. Tak perlu koar-koar di media sosial, karena bisa saja ada yang justru berbahagia melihat curhatanmu di sana.

Jadilah perempuan yang kuat, seperti yang diajarkan oleh Mbak Raisa. Bagaimana orang lain memandangmu, tentu tergantung dirimu memandang diri sendiri. Tetap semangat, tetap kuat!

Emaks punya favorit lagu Raisa tentang mencintai diri sendiri yang lainnya? Sharing ya.

***

Arinta Adiningtyas, narablog di https://www.kayusirih.com