Hola Maks, memperingati Hari Kartini, 21 April 2019 lalu, KEB Chapter Solo mengadakan workshop dengan tema “Blog untuk Pemula”, yang berlangsung di Favehotel Adi Sucipto, Solo. Workshop ini terbuka untuk umum, yang menyasar emak-emak atau pun perempuan yang ingin mendalami blogging atau kepenulisan digital. Selain itu, dengan blog, ingin jadi penulis keren bisa juga lho.

Ngeblog Dulu, Kalau Ingin Jadi Penulis Keren

Workshop Blogging untuk Pemula yang diadakan KEB Chapter Solo ini banyak peminatnya lho. Antusiasme calon peserta yang mendaftar #KEBelajar membuat Makmin Solo terharu karena kurang dari seminggu seat peserta sudah terpenuhi, bahkan terpaksa menolak beberapa pendaftar.

Pemateri atau mentor di #KEBelajar ini ada dua, yaitu Mak Ety Abdoel (etyabdoel.com) dan Mak Ranny Afandi (hujanpelangi.com).

Dua emak pengurus KEB Chapter Solo ini, tak perlu diragukan lagi kepiawaiannya dalam ngeblog. Mak Ety, Ketua KEB Chapter Solo, sering sekali menjuarai berbagai perlombaan penulisan. Dan Mak Ranny, selain jago motret, juga merupakan content creator dan editor.

 

Ingin Jadi Penulis Keren

 

 

Karena jumlah peserta cukup banyak, yaitu 22 orang, Mak Ety dan Mak Ranny dibantu beberapa asisten mentor, antara lain: Mak Wied (ibusegalatau.com), Fubuki Aida (www.gubugkecilsangentung.net), Mak Nana (www.thesweetmorning.com), Mak Hana Aina (www.ainahana.com), dan saya sendiri Arinta (www.kayusirih.com).

Acara dibuka pukul 09:00 WIB oleh MC kece yang selama ini selalu bisa memeriahkan acara KEB Solo, yaitu Mak Ana Ike (www.duniaandra.com). Ketegangan peserta yang belum saling mengenal satu dengan yang lainnya pun akhirnya bisa mencair.

Setelah itu, Mak Ety pun mulai menyampaikan materinya, diawali dengan memperkenalkan apa itu blog bagi peserta yang ingin jadi penulis keren.

Blog adalah jurnal online yang memuat informasi berupa tulisan, foto, video, dan infografis.

Mak Ety melanjutkan materinya dengan menyampaikan langkah membuat blog, memilih topik /niche blog, memilih template, sampai mengenali dashboard blogspot/blogger.

Mengapa di #KEBelajar kemarin platform yang digunakan adalah blogspot/blogger? Menurut Mak Ety, blogspot itu;

  1. Cocok untuk pemula
  2. Hosting disediakan oleh Google, jadi tidak perlu sewa
  3. Relatif aman
  4. SEO friendly
  5. Maintenance-nya mudah

 

Ingin Jadi Penulis Keren

 

Selanjutnya, tentang template blog, Mak Ety menyarankan untuk memilih template yang tidak hanya memuaskan pemilik blog, tetapi juga bisa memuaskan pengunjung dan mesin pencari. Wah, ternyata pemilihan template pun ikut mempengaruhi eksistensi kita sebagai bloger, ya.

Lalu template yang baik itu yang bagaimana? Menurut Mak Ety, template yang baik itu yang seperti ini;

  1. Latar belakangnya putih, dengan warna font hitam. Ini membantu pengunjung agar saat membaca blog kita, mata tidak cepat lelah.
  2. Sidebar widget di sebelah kanan. Mesin pencari membaca blog kita dari kiri ke kanan. Sehingga, jika widget ada di sebelah kanan, maka yang lebih dulu terbaca oleh mesin pencari adalah artikel kita, bukan widgetnya.
  3. Responsif artinya tampilan blog kita otomatis bisa menyesuaikan entah ketika ia dibuka di laptop, di desktop, di tablet maupun di handphone.
  4. User friendly. User friendly adalah kondisi di mana kita bisa menggunakan tool dengan mudah. Jadi, template yang user friendly adalah template yang memudahkan dan memberikan kenyamanan pada pengunjung blog kita.
  5. Sederhana / tidak banyak ornamennya. Template yang sederhana membuat loading-nya lebih cepat. Nggak mau kan, pengunjung batal mengunjungi blog kita karena loading-nya lama?

 

 

Kita bisa memilih template bawaan atau template yang sudah tersedia di blogspot. Sekarang template blogspot sudah cantik-cantik kok. Atau jika ingin mencari template gratisan lainnya, kita bisa download di gooyaabitemplates.com atau di themexpose.com.

Buat emak-emak yang ingin ganti template, disarankan untuk melakukannya saat senggang karena utak-atik template ini bisa menghabiskan waktu seharian. Jadi harus fokus, supaya tidak stress saat blognya terlihat berantakan.

Setelah Mak Ety selesai menyampaikan materinya, kini saatnya Mak Ranny beraksi. Jika Mak Ety lebih banyak membahas soal teknis, materi Mak Ranny tidak jauh dari konten.

Menarik atau tidaknya sebuah konten untuk dibaca, tergantung dari judul yang dibuat oleh penulisnya. Bahkan menurut Mak Ranny, ia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menentukan judul tulisannya. Ya, ternyata membuat judul pun tak boleh asal-asalan. Selain harus bisa menarik perhatian pembaca, judul sebaiknya juga harus mengandung keywordatau kata kunci. Hmm, sepertinya perkara judul ini harus lebih kita perhatikan lagi, yaa.

 

Ingin Jadi Penulis Keren

 

Setelah menentukan judul, kini kita beralih ke soal heading. Fungsi heading dalam sebuah tulisan adalah sebagai salah satu skala prioritas konten. Heading akan membantu memudahkan robot search engine atau mesin pencari dalam memahami isi postingan.

Di blogspot, selain heading ada pula sub headingdan minor heading.

Karena tulisan yang menarik pun bisa membosankan jika tidak diselingi dengan gambar, maka tambahan imagedalam sebuah postingan blog pun menjadi satu hal yang cukup penting. Mak Ranny memberikan saran, untuk ukuran foto sebaiknya menggunakan lebar 640 pixel. Jika kita tidak mempunyai foto pribadi yang bisa mendukung tulisan kita, kita bisa mengunduh foto bebas hak cipta di pexels, unsplash atau kaboompics.

Oya, tak hanya berhenti di judul, image pendukung dan konten saja, Mak Ranny juga memberikan saran bagaimana agar mesin pencari bisa crawlingatau merayapi postingan kita lewat alt text dan permalink. Ini sangat menarik tentu saja, karena untuk menjadi bloger profesional kita harus mau mempelajari hal-hal pendukungnya, meski tetap “content is the king”.

Wah, pokoknya #KEBelajar kemarin benar-benar bergizi deh. Saking bergizinya, tanpa sadar hari sudah sore.

Di akhir acara, kami memilih dua peserta dengan konten paling menarik. Sebelumnya peserta diberi waktu sekitar 20 menit untuk menulis apapun yang ada di pikirannya. Dan terpilih Mak Aviaddina Ramadhani, seorang dokter yang juga penulis sebagai juara pertama, dan Mak Wilis Palupi sebagai juara kedua.

Alhamdulillah. Semoga materi yang sudah disampaikan oleh Mak Ety dan Mak Ranny kemarin bermanfaat untuk para peserta, terutama yang ingin jadi penulis keren. Semoga apa yang telah kami lakukan ini terhitung sebagai salah satu cara meneladani R.A. Kartini.

 

***

Ingin Jadi Penulis Keren, Ngeblog Dulu merupakan reportase Makmin Solo, Arinta Adiningtyas