Kali ini, saya akan khusus kasih tip untuk para bloger pemula yang baruuu saja mulai ngeblog yah~

Adakah yang baru saja bikin blog yang lagi baca di sini? Baru hitungan hari? Atau, baru hitungan bulan, barangkali?

Nah, mumpung masih di awal-awal ngeblog, coba deh perhatikan beberapa tip dan trik dari saya ini, supaya ke depannya jadi lebih enjoy dan lancar ngeblognya.

 

Beberapa tip awali blog untuk bloger pemula

 

Blogger Pemula Biasa Melakukan 7 Kesalahan Ini dan Bikin Mereka Tertatih Ngeblog

1. Sebelum ke mana-mana, belajarlah untuk membuat konten yang berkualitas

Mengapa sih belajar membuat konten menjadi PR pertama para bloger pemula?

Karena dunia maya sekarang masih penuh dengan konten yang kurang berkualitas. Kehadiran bloger baru semacam menjadi harapan untuk menggantikan yang tak berkualitas itu dengan yang berkualitas.

Saat kita sudah terbiasa membuat konten yang menarik di awal, nantinya kita akan lebih mudah dan semakin terlatih menulis/membuat konten yang kreatif.

Jadi, semacam sulit di awal, tapi mudah kemudian gitu deh.

Ke depannya, semakin berkualitas konten kita, maka soal traffic pun tak perlu kita bersusah-susah lagi. Visitor lama akan loyal, visitor baru pun tak kalah banyak.

Memang butuh kerja keras sih, tapi ya nggak ada yang akan mengkhianati usaha. Setuju nggak, Mak?

Gimana sih cara menulis konten yang oke, maksudnya enak dibaca, bagus juga untuk search engine, dan juga bikin betah pembaca hingga pengin balik lagi dan lagi? Ada nih beberapa tip yang sudah saya tulis di web KEB ini juga. Silakan ditengokin ya.

 

2. Segera join ke komunitas

Hal ini penting, agar kita–sebagai bloger pemula–bisa segera kenal dengan bloger lain yang sudah lebih dulu ngeblog. Kita bisa mencuri ilmu mereka. Jadi tahu banyak hal deh.

Dan yang penting nih ya, kalau berkumpul dengan orang yang sama passion-nya, sevisi, semangat kita pun akan cenderung lebih stabil.

Lebih stabil? Memangnya kenapa?

Soalnya … mood ngeblog itu kadang naik turun, Mak! Beneran deh~ Tapi, kalau kita ada temen, biasanya sih semangatnya juga menular.

Join ke komunitas juga bisa jadi branding blog kita yang bagus, Mak. Orang-orang jadi tahu kalau blog kita ada. Nah, nanti tinggal mencari ciri khasnya kita sendiri saja supaya tampak menonjol.

3. Segera buat akun-akun di media sosial yang sesuai dengan nama/image blog kita

Ini penting, karena media sosial itu:

  • akan menjadi alat promosi utama blog kita
  • sebagai media branding, utk memperkenalkan siapa kita
  • akan menjadi support dalam SEO
  • akan menjadi awal networking kita.

Mungkin kita perlu meng-‘klaim’ semua nama akun yang sama di semua media sosial yang ada. Tapi ke depannya, kita nggak perlu kok aktif di semua media sosial. Sembari jalan, amati media sosial mana kita paling kuat. And stick to it.

Kalau kuat di Facebook, maka nggak ada salahnya kita juga membuat Facebook Fanpage. Bisa juga kita kuat di Twitter ataupun Instagram. Pilih saja 1 atau 2 media sosial yang paling nyaman digunakan dan paling banyak interaksinya.

4. Backup eksistensi di platform lain

Ada banyak platform/tool yang juga bisa kita gunakan untukk mendukung performa blog kita.

Situs-situs Q&A

Misalnya seperti Quora Indonesia atau Yahoo Answer. Di sana banyak orang yang bertanya tentang segala sesuatu. Jawablah pertanyaan yang relevan, lalu tautkan URL artikel kita.

Dengan demikian, kita bisa dapat traffic pun mendapatkan backlink berkualitas, Mak.

Situs-situs platform menulis yang lain

Misalnya Medium. Kita bisa re-write sedikit isi blog kita utk ditulis di sana, semacam summary saja, lalu arahkan kembali ke blog. Trik ini sama dengan situs Q&A di atas, Mak, nambah traffic dan backlink.

Forum-forum

Kalau ada topik yang relevan, kita juga bisa kasih URL artikel kita di forum-forum yang pas, Mak.

Saya pernah coba kasih link di Kaskus, dan trafficnya lumayan tuh. Tapi memang nggak semua topik bisa ya, dan mesti smooth supaya nggak sekadar spamming.

5. Pastikan visually appealing

Nah, setelah kontennya berkualitas, sudah networking dan juga didukung dengan support-support di luar blog tadi, sekarang saatnya bagi para bloger pemula untuk membuat blognya semakin nyaman dikunjungi.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan:

  • Pastikan template yang digunakan benar-benar nyaman di mata, di antaranya berbackground terang, berhuruf warna gelap, font tidak terlalu kecil/besar/rapat, dan tak perlu terlalu banyak pernak-pernik yang tak perlu.
  • Tambahkan gambar2 pendukung dalam artikel kita. Pastikan jangan sampai gambarnya blur/terlalu gelap/meaningless. Image memegang peranan penting terhadap konten lo. Jadi, jangan anggap remeh ya.
  • Tambahkan bonus konten visual lain: infografis, video, atau lainnya, yang semakin menambah kualitas konten kita secara keseluruhan.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa diperhatikan dan diingat oleh setiap bloger pemula, kalau pengin tetap eksis dan terus ngeblog hingga sukses.

Ada yang mau ditambahkan nggak nih, Mak? Barangkali Emak mau nambahin buat bekal para bloger pemula nih? Boleh lo, ditulis di kolom komen ya!