Tidak terasa, kita akan kembali berjumpa dengan bulan Ramadan dalam hitungan beberapa hari saja. Tahun ini, anak saya, Maira (6 tahun), akan mulai belajar berpuasa. Salah satu cara yang saya lakukan untuk membantu anak semangat menjalankan puasa adalah dengan mengajaknya menyusun menu sahur dan buka puasa. Apalagi Maira senang membantu saya memasak. Dia jadi ikutan sibuk memikirkan makanan apa yang kelihatannya enak dimakannya saat sahur dan berbuka. Saya juga mulai menyiapkan resep minuman segar untuk buka puasa yang rasanya disukai anak-anak.

Setelah puasa seharian, anak-anak pasti merasa lemas dan lesu. Segelas minuman segar akan membuat mereka kembali ceria dan bersemangat. Ini dia 5 resep minuman segar untuk buka puasa yang rasanya disukai anak-anak, yang sudah saya siapkan untuk bulan puasa nanti.

1. Es Timun Suri

Timun suri merupakan buah favorit untuk dijadikan minuman buka puasa. Di daerah tempat tinggal saya, penjual timun suri kagetan banyak bermunculan setiap bulan puasa. Rasa buahnya yang tidak terlalu manis dan lembut membuat buah ini favorit keluarga saya. Pastikan membeli timun suri yang sudah matang dan siap dikonsumsi. Timun suri yang sudah matang, warna kulitnya kuning dan biasanya sudah terbelah atau ada retakan di kulitnya.

Resep dan cara membuat Es Timun Suri ini sangat mudah. Anak-anak bisa diajak ikut menyiapkannya untuk berbuka puasa.

Bahan:

Buah timun suri.

Sirup

Air dingin.

Cara membuat:

Kerok daging buah timun suri menggunakan sendok. Taruh di dalam mangkuk berukuran besar.

Tuang air dingin ke dalam mangkuk dan tambahkan sirup secukupnya.

Aduk rata kemudian simpan di dalam kulkas. Atau tambahkan es batu saat dihidangkan.

Hidangkan saat buka puasa. Apabila rasanya kurang manis, bisa ditambahkan lagi sirupnya. Sirup yang biasa saya pakai untuk membuat Es Timun Suri ini adalah sirup Tjampolay rasa Pisang Susu.

2. Es Teh Lemon

Lemon adalah buah yang kaya manfaat dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Meskipun rasanya asam, lemon aman untuk pencernaan, bahkan untuk dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong sekali pun. Ini karena Lemon memiliki sifat basa yang berfungsi menetralkan asam lambung.  So, tidak perlu khawatir menyajikan minuman dengan campuran lemon untuk buka puasa. Misalnya, Es Teh Lemon, yang juga jadi favorit anak-anak karena rasanya yang menyegarkan.

Cara membuat es teh lemon sangat mudah. Cukup campurkan perasan dari 1,5 buah lemon ke dalam air teh kemudian simpan di kulkas sampai saat buka puasa tiba. Tambahkan es batu dan lemon yang sudah diris tipis ke dalam minumannya supaya kesegarannya makin terasa.

Resep Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Ice Lemon Tea

3. Es Puding Aneka Buah Segar

Puding adalah salah satu hidangan manis favorit anak-anak. Nah, kalau dikreasikan dengan potongan buah segar dan sirup buah, kira-kira bagaimana rasanya ya?

Bahan dan cara membuat puding:

1 bungkus agar-agar Swallow putih (plain)

1 kaleng kental manis

900 ml susu cair tawar (plain)

Aneka buah segar, potong kecil atau dadu.

1 kaleng buah kalengan (jeruk mandarin atau buah peach)

  • Masukkan agar-agar bubuk ke dalam panci berisi susu. Tambahkan kental manis. Rebus di atas api kecil sambil diaduk terus sampai mendidih. Kalau terlalu manis, kental manisnya bisa dikurangi.
  • Tuang puding ke dalam cetakan. Isi setengahnya, biarkan agak mengeras.
  • Atur potongan buah segar di atas puding kemudian tuang sisa puding.
  • Setelah dingin, hias bagian atas puding dengan potongan buah, kemudian siman di kulkas.
  • Sajikan dengan sirup dari buah kalengan dan es batu saat buka puasa.

4. Oreo Choco Smoothies

Oreo, coklat dan smoothies, ketiganya adalah favorit anak-anak. Yuk, bikin minuman segar dan nikmat dari ketiga bahan ini untuk buka puasa anak-anak.

Resep dan cara membuat Oreo Choco Smoothies:

1 liter susu cair coklat

Oreo (pisahkan krimnya)

1 cup es krim rasa coklat

Coklat parut/meses/choco chip

Es batu

Whipped cream

  • Blender susu, oreo, es krim dan es batu sampai tercampur rata.
  • Tuang ke dalam gelas saji.
  • Beri hiasan whipped cream secukupnya, kemudian beri taburan coklat parut, meses atau choco chip dan remahan biskuit oreo.

5. Jus Semangka Lemon

Semangka, buah yang kaya air ini sangat cocok disajikan saat buka puasa. Setelah menahan haus seharian, anak-anak pasti sangat senang kalau disajikan potongan buah semangka dingin nan segar saat buka puasa. Sebagai variasi, sajikan semangka yang sudah dijus dan ditambah perasan jeruk lemon dan es batu.

Cara membuatnya sangat mudah. Pilih semangka tanpa biji yang sudah matang. Potong-potong dan blender bersama es batu. Tambahkan gula secukupnya. Kalau saya, sih, jarang sekali menambahkan gula saat membuat jus buah. Kemudian tambahkan perasan jeruk lemon secukupnya.

Resep Minuman Segar Untuk Buka Puasa

Jus Semangka Lemon

Itu dia 5 resep minuman segar untuk buka puasa yang rasanya disukai anak-anak, yang saya siapkan untuk buka puasa Maira dan kakaknya nanti. Kalau ada yang punya resep minuman segar untuk buka puasa yang rasanya disukai anak-anak, boleh banget dishare lho, Maks 🙂  Yuk, berbagi!