Mata memang merupakan jendela hati perempuan ya, Mak? Apa yang di hati seseorang dengan mudah dapat dilihat melalui mata. Nah, sekarang apalagi nih, zaman makin maju. Pengin tampil cantik dengan mata memukau? Bisa banget. Tentunya, dengan mengenakan contact lens, atau lensa kontak.

Tapi, Mak, salah memilih lensa kontak, salah merawat dan salah pemakaian, bisa-bisa bukannya mempercantik, tapi justru membuat mata kita tak lagi secemerlang yang diharapkan.

Nah, buat Emak yang pengin tampil cantik dengan contact lens, berikut tip memilih, merawat dan pemakaian lensa kontak yang oke. Simpel kok, cukup 3 hal saja.

 

3 Tip Tampil Cantik dengan Contact Lens

1. Tip Memilih Lensa Kontak

Kalau Emak baru pertama kali mau nyoba tampil cantik dengan contact lens, coba tip memilih berikut ini:

  • Cocokkan dahulu, warna alis dengan warna lensa kontak yang akan dipilih.
  • Jangan ragu untuk mencoba dahulu, apakah contact lens cocok dan nyaman dipakai.
  • Cara paling oke untuk memutuskan mana lensa kontak yang cocok untuk Emak pakai adalah yang serasi dengan kulit wajah, warna rambut dan kepribadian Emak.

 

2. Tip Memakai Contact Lens

Nah, kalau sudah mendapatkan lensa kontak yang cocok, hal berikutnya yang mesti diperhatikan (dan dipelajari) adalah bagaimana cara memakai contact lens yang bener. Ini agak tricky sih, tapi kalau sering-sering dilakukan, lama-lama ya gampang aja kok.

Ikuti beberapa step berikut, Mak.

  • Cucilah terlebih dahulu tangan Emak sebelum menyentuh contact lens untuk dipakai hingga benar-benar bersih dan bebas kuman, agar tak mengotori lensa kontak Emak.
  • Tuang lensa dari wadahnya sekaligus cairannya. Dengan bantuan ujung permukaan telunjuk, rekatkan lensa dalam keadaan telungkup.
  • Tarik kelopak mata atas dan bawah dengan bantuan tangan yang lain, pasang contact lens tepat pada bola mata Emak. Hati-hati masangnya ya, Mak.
  • Kedip-kedipkan mata untuk meyakinkan bahwa lensa kontaknya sudah berada pada posisi yang tepat, dan mata Emak merasa nyaman.

 

3. Tip Merawat Lensa Kontak

Nah, sudah bisa memilih dan memasang, selanjutnya yang harus Emak ketahui adalah cara merawatnya. Ini juga cukup tricky ya, memang butuh kedetailan dari kita sendiri sebagai pemakainya.

Beberapa hal yang mesti dilakukan untuk merawat contact lens adalah:

  • Yang pertama harus Emak lakukan adalah melihat brosur cara pemakaian lensa kontak yang biasa terlampir dalam kemasan, karena setiap jenis contact lens mempunyai cara perawatannya sendiri-sendiri dan jangka waktu pemakaian yang mungkin saja berbeda-beda. Baca dengan saksama ya, Mak.
  • Biasakan untuk menyimpan lensa kontak pada tempat yang sudah disediakan, dalam kondisi terendam dengan cairan khusus yang dapat dibeli di toko optik langganan Emak.
  • Hindari produk perawatan yang mengandung peroksida atau mengandung khlor di dalamnya, karena dapat merusak kelenturan lensa kontak Emak.
  • Pilihlah produk perawatan yang dapat berfungsi sebagai pembersih sekaligus perendam lensa kontak.
  • Selalu lakukan pembilasan sebelum disimpan, agar selalu bersih dari segala kotoran. Jangan sampai lupa ya, Mak!
  • Selama pemakaian, teteskan obat perawatan khusus contact lens secara teratur, agar mata menjadi lebih nyaman.

Nah, Emak. Sebaik apa pun jenis pilihan contact lens Emak, tapi jika tidak terawat maka lensa kontaknya nggak akan dapat bertahan lama.

Perawatan lensa kontak yang baik akan membuatnya lebih awet, tetap bersih dan nyaman dipakai. Dan mata Emak pun akan selalu cerah sehingga mampu membantu Emak membangun citra dan menambah rasa percaya diri di berbagai kesempatan. Ciyeh.

Semoga bermanfaat ya, Mak!