Kehamilan dapat membuat kita–perempuan ini–terlihat lebih bercahaya. Tapi di sisi lain, kehamilan juga dapat memberikan perubahan yang mengejutkan pada beberapa bagian kulit. Selama kehamilan, kulit yang tadinya normal, bisa berubah menjadi lebih gelap dan timbul jerawat. Ini normal terjadi pada ibu hamil mana pun, karena perubahan hormon sedang terjadi.

Sebagian besar ibu hamil tahu, bahwa apa pun yang mereka konsumsi akan berpengaruh pada perkembangan janin. Tapi nggak semua ibu hamil juga tahu, bahwa apa yang mereka oleskan di wajah atau tubuh juga bisa berdampak pada janin mereka.

 

Nah, berikut beberapa tip agar Emak bisa tetap tampil cantik meski menyandang sebutan bumil alias ibu hamil

1. Produk berbahan organik

Cobalah untuk mengganti semua produk kecantikan Emak dengan yang berbahan organik. Karena produk kecantikan yang biasa Emak pakai ketika tidak sedang hamil, mungkin saja mengandung bahan kimia yang berpotensi membahayakan kesehatan janin.

Pilihlah produk berbahan organik yang sudah bersertifikat aman untuk ibu hamil, seperti sampo, losion, sabun mandi, dan juga kosmetik.

Jika nggak yakin dengan produk kecantikan yang dipilih, berkonsultasilah dengan dokter kandungan Emak mengenai produk yang aman dipakai selama kehamilan.

 

2. Masalah kulit selama kehamilan

Ada beberapa masalah kulit yang biasa muncul selama dan setelah kehamilan karena perubahan hormonal dan fisik. Inilah di antaranya:

Melasma

Salah satu perubahan warna kulit yang terjadi pada ibu hamil adalah melasma. Sering juga disebut dengan “topeng kehamilan” dan dapat terjadi pada trimester kedua atau ketiga.

Kondisi ini biasanya muncul berupa bercak cokelat gelap di pipi, dahi dan bibir atas. Sinar UV bisa memperburuk kondisi ini.

Karena itu, pastikan untuk selalu memakai tabir surya yang aman dan membatasi waktu Emak berada di bawah sinar matahari langsung untuk mencegah bercak-bercak hitam muncul. Melasma biasanya memudar setelah melahirkan. Emak juga dapat menggunakan concealer untuk menyamarkan perubahan warna pada wajah.

Stretch marks

Meminum banyak air putih dapat membantu mengurangi stretch mark. Pastikan Emak mengonsumsi vitamin dan nutrisi yang direkomendasikan oleh dokter kandungan dan makan makanan yang sehat.

Emak juga dapat menggunakan sikat kulit lembut atau kain lap untuk memijat kulit. Sebelum stretch mark terbentuk, jagalah kulit agar tetap lembap dengan mengoleskan emolien alami, seperti cocoa butter ke perut dan payudara.

Jerawat dan kulit berminyak

Kulit ibu hamil bisa menjadi sangat berminyak. Jika hal ini terjadu, pilihlah produk dengan formula bebas minyak. Jerawat dapat terjadi selama trimester pertama. Berkonsultasilah dengan dokter kandungan Emak tentang cara aman mengobati jerawat.

Kulit kering

Menjaga kulit agar tetap lembap adalah solusinya. Hindari mandi menggunakan air yang terlalu panas dan selalu gunakan sabun ekstra lembut. Kulit kering dan gatal ini juga bisa terjadi karena kulit yang meregang selama kehamilan.

Untuk mengatasinya, pijat perut dengan cocoa butter. Gunakan krim atau salep khusus puting jika area kulit sekitar puting retak dan terasa sakit.

Varises

Hindari berdiri terlalu lama an pastikan Emak mendapatkan cukup vitamin C selama kehamilan.

Kaki bengkak

Pijat dan lembapkan kaki dengan gel khusus kaki yang menyegarkan. Emak juga bisa menggunakan krim yang mengandung bahan pendingin seperti mentol, kayu putih atau minyak peppermint.

 

Padu Padan Produk Kosmetik - Ibu hamil

3. Tip makeup untuk ibu hamil

Jika kulit Emak kering, gunakan hydrating foundations atau tinted moisturizers. Aplikasikan blush on untuk rona pipi yang lebih segar.

Untuk mengatasi lingkaran hitam dan kantung mata yang mengganggu, Emak bisa menggunakan concealer di bawah mata. Atau bisa juga dengan cara lainnya. Ambil irisan mentimun dingin atau handuk dingin, dan kompres area mata selama 5-10 menit.

Bila menggunakan concealer, gunakan warna yang lebih ringan dari foundation Emak dan aplikasikan foundation hanya pada daerah yang belum teraplikasi concealer.

Gunakan lipstik atau lip gloss dengan warna yang Emak cintai agar penampilan lebih sempurna.

 

Nah, gimana, Mak? Oke kan? Jadi ibu hamil itu justru jadi kesempatan kita untuk memanfaatkan segala privilege yang ada kok. Hihihi. Jadi, semangat menjalani hari-hari ke depan ya!