Hei, Mak! Pernah dengar makanan yang disebut chimichanga? Kalau pernah nonton film Deadpool, pasti nggak asing deh dengan istilah chimichanga ini. Yes, Deadpool punya kebiasaan, kalau lagi gelut dia sering teriak, “Chimichanga!” Hahaha. Random abis deh. Tapi kita bukan mau ngomongin tentang chimichanga Deadpool sih, tapi chimichanga yang camilan kekinian khas Meksiko.

Jadi, chimichanga ini adalah burrito yang digoreng. Kalau dilihat-lihat sekilas sih, mirip lumpia kalau di sini ya. Tapi kulit chimichanga ini lebih lembut ketimbang lumpia yang krenyes-krenyes itu. Mungkin bisa dibilang, kulitnya mirip dengan risol.

Nah, untuk isian chimichanga, aslinya sih bisa suwiran ayam, daging sapi atau bahkan babi, keju parut, hingga kacang. Tapi sekarang, kita ada resep camilan kekinian ini dengan isian apel dan stroberi. Yummy! Jadi, agak kita fusion-kan dengan bahan khas Indonesia ya. Ciyeh, fusion. Gaya pisaaan!

Oke deh, mulai aja yuk bikin resep camilan kekinian ini. Bahannya cukup mudah kok, Mak. Untuk rum essence bisa diskip kalau memang sulit ngedapetinnya. Sedangkan, kulit tortilla yang biasanya dipakai untuk burrito bisa diganti dengan kulit lumpia. Wah, jadi lumpia beneran dong ya? Iya, tapi isinya beda dong. Hehehe.

 

Resep Camilan Kekinian: Apple Strawberry Chimichanga

 

Resep Camilan Kekinian: Apple Strawberry Chimichanga

Bahan:

100 gr stroberi segar, potong dadu

1 buah apel Malang

14 sdt bubuk kayu manis

100 gr gula pasir

Rum essence secukupnya

30 gr butter

1 butir telur ayam

Kulit lumpia atau tortilla

Cooking oil

 

Cara membuat:

Kupas apel, cacah dan cincang halus.

Rebus apel dalam sedikit air. Masukkan gula pasir, rum essence, butter dan bubuk kayu manis. Setelah apel masak, angkat dan masukkan stroberi yang telah dipotong dadu.

Ambil satu lembar kulit lumpia atau tortilla, oleskan sisi-sisinya dengan telur supaya mudah rekat saat membungkusnya nanti.

Letakkan satu sendok adonan di tengah. Bungkus seperti lumpia.

Goreng sampai garing dan kecokelatan. Sajikan dengan whipped cream dan vanilla ice cream. Bisa juga ditambahkan parutan dark chocolate.

 

Nah, gimana, Mak? Gampang kan, bikin chimichanga-nya? Bisa jadi alternatif camilan kekinian buat keluarga deh. Apalagi kalau dimakan bareng vanilla ice cream-nya. Wow, yummy!

Emak juga bisa memodifikasi sendiri isiannya, misalnya mau diisi pisang, buah ceri, kurma, atau bahkan cheese cream juga enak bats deh!

Selamat mencoba!