Hai, Mak! Kali ini saya mau sharing tentang tool media sosial yang bisa mendukung kegiatan blogging kita nih. Tapi, kenapa sih kita butuh tools ini?

Well, kalau saya sih ya, pastinya untuk membantu kita ngeblog juga. Misalnya nih, barusan publish artikel. Nah, bisa tuh dibantuin tools berikut ii supaya kerjaan kita berkurang. Kan ada tuh tools yang bisa autoshare blogpost terbaru.

Jadi berkurang kan kerjaan kita? Tinggal nanti lanjutin yang mesti customs.

Nah, jadi tool media sosial apa saja nih yang bisa Emak cobain. Saya akan share beberapa yah. Ini ada yang sudah saya cobain, bahkan ada yang dipakai terus. Tapi ada juga yang masih belum saya coba sih. Jadi silakan nanti di-test drive ya, Mak!

(((test drive)))

 

7 Tool Media Sosial untuk Bloger

1. Hootsuite.com

Tool media sosial ini salah satu yang saya terus pakai nih sampai sekarang. So far memang yang paling user friendly sih, Mak.

Dengan Hootsuite ini kita bisa bikin postingan terjadwal khusus utuk media sosial kita. Dia support Twitter, Facebook Page, dan Instagram untuk akun free-nya.

Kalau yang Twitter sama Facebook Page sih nggak sulit. Nah, yang Instagram ini saya belum pernah coba, tapi sepertinya nggak otomatis ngepost kalau sudah waktunya. Dia tetap butuh kita sendiri yang ngepost. Jadi, dia semacam reminder aja gitu khusus untuk Instagram.

Ini yang terakhir saya tahu ya. Silakan kalau ada update, ditulis di komen ya!

Kalau ada rezeki sih ya boleh tuh langganan akun Hootsuite berbayar. Pastinya fiturnya lebih banyak lagi, dan akan sangat memperingan kerjaan ngeblog kita.

 

2. dlvr.it

Nah, tool media sosial yang satu ini saya juga pakai, terutama untuk autoshare blogpost terbaru langsung ke Twitter.

dlvr.it ini juga ada akun gratis dan berbayar. Untuk yang gratis ya terbatas fiturnya. Hanya bisa 5 feed blog aja yang bisa diautoshare. Kalau misal ternak blog dan mau semua diautoshare ya mesti berbayar, Mak. πŸ˜€

Dahulu kala, dlvr it bisa disambungin ke akun Facebook pribadi. Sekarang, dlvr it sudah berubah! Kek mantan! #eh
Sekarang cuma bisa ke Twitter sih yang utama. Facebook Page bisa enggak ya? Saya kok lupa πŸ˜† *disorakin* Dicek aja deh ya, Mak. πŸ˜†

 

3. Mailchimp.com

Tool media sosial yang ketiga ini sih bukan scheduler atau autosharer seperti 2 di atas. Tapi Mailchimp ini bisa bantu banget kalau Emak mau step to the next level dengan email marketing.

Dengan Mailchimp, kita bisa kirim newsletter ke para subscriber blog kita. Ini bisa bantu banget lo, apalagi kalau blog Emak sudah punya banyak pembaca loyal dan menawarkan konten yang spesifik.

Coba deh, pakai Mailchimp buat ngeboost traffic lagi. Oke bats lo!

 

4. Bufferapp.com

Tool media sosial keempat ini hampir sama sih dengan Hootsuite. Beda tipislah. Jadi mau pake Hootsuite atau Buffer, itu preferensi aja. Buffer juga ada akun berbayar dan gratisnya, Mak. Dan bisa ditebak, yang gratisan pastinya lebih terbatas ya πŸ˜€

 

5. Linktr.ee

Nah, kalau Emak punya beberapa alamat web atau blog sekaligus dan pengin semuanya ditampilin di bio Instagram bisa pakai tool media sosial yang satu ini nih.

Gimana sih cara kerjanya?

Ya, misal nih, Emak punya beberapa blog, terus juga pengin nampilin profile LinkedIn, atau Facebook Page, atau apa pun gitu di Instagram. Tapi, link di bio cuma bisa satu kan? Cobalah pakai linktree ini nih, Mak. Buat dipakai di profile Twitter juga bisa.

Pokoknya di mana pun bisa dipake. Lebih praktis karena cukup satu URL saja yang dipasang. Nggak perlu berderet-deret kan? Lebih rapi juga penampakannya.

6. Tagwin.me

Nah, tool media sosial yang satu ini nih yang sayaΒ  belum sempat coba. Jadi, kalau ada yang mau nyobain, boleh banget nih. Nanti saya dicolek ya, dan coba sharing gimana pengalaman pakainya. Tapi ini direkomendasikan oleh beberapa digital marketer nih memang. Jadi, worth to try-lah ya.

Tagwin ini adalah tool media sosial yang bisa dipakai kalau kita mau bikin kontes atau giveaway di Instagram. Konon sih bisa bantuin kita arrange peserta, buat follow akun, ngelike, dan seterusnya. Untuk detailnya, bisa dicoba sendiri ya, Mak.

 

7. AskLisa

Nah, tool media sosial yang terakhir ini lucu nih. Bentuknya sih aplikasi mobile. Kemampuannya, dia bisa bantu kita memutuskan foto mana yang paling oke untuk diposting di Instagram.

Kan kadang kita motret itu nggak cuma sekali ya? Bisa sampai banyak kali kan? Terusnya, bingung deh, mau posting yang mana nih yang bagus?

Perkara saya banget nih. Terus kalau bingung, nggak jadi posting deh πŸ˜†

AskLisa ini punya algoritme khusus yang disesuaikan dengan algoritme Instagram pribadi kita. Jadi dia akan memprediksi foto mana yang bakalan dapat likes banyak. Dia juga bisa bikin suggested hashtag, berdasarkan hashtag-hashtag yang populer.

Wih, pinter yak, si Lisa! πŸ˜†

Tapi ini juga belum pernah saya coba. Jadi, silakan Emak coba kalau tertarik ya. Dan jangan lupa colek saya kalau sudah coba. πŸ˜€

 

Nah, itu dia 7 tool media sosial yang bisa banget bikin hidup bermedia sosial para bloger–kayak kita gini–lebih mudah, Mak.

Ada yang mau ditambahkan? Tulis di kolom komen ya.