Selalu ada yang pertama kali untuk semuanya. Jalan-jalan ke luar negeri  misalnya. Sudah akhir tahun nih,  gimana rencana jalan-jalannya. Sudah tinggal eksekusi  atau  masih  milih-milih mau jalan ke mana? Kalau ngomongin jalan-jalan ke luar negeri, enggak selalu mahal kok, Mak. Jalan-jalan ke Malaysia misalnya.

Negeri jiran ini jadi destinasi favorit para turis dari Indonesia. Selain memang dekat, budget yang disiapkan  pun enggak gede-gede amat, kok. Ditambah lagi  soal bahasa enggak terlalu masalah karena masih serumpun. Cuma beda dialek saja.  Paling apes kalau ketemu dengan orang Malaysia  yang enggak bisa bahasa Melayu. Jurus bahasa Tarzan  dan sedikit bahasa Inggris patah-patah bisa kita gunakan saat kepepet kayak gini.

Dengan anggaran 3 juta saja (berangkat PP dari Bandung), sudah termasuk penginapan, transport lokal, jajan dan sedikit oleh-oleh. Bahkan jauh lebih murah kalau dibandingkan  transport dan  akomodasi  lainnya kalau jalan-jalan ke kawasan wisata  yang ada di Indonesia.

Persiapan Jalan-jalan ke Malaysia

Beberapa hal ini adalah ceklis persiapan yang harus disiapkan sebelum berangkat ke Malaysia.

Set Waktu Keberangkatan

Tip Menyiapkan Jalan-jalan ke Malaysia

Kapan mau pergi?

Misalnya rencanakan mau pergi dalam waktu 4 bulan ke depan. Dari waktu yang sudah ditentukan ini kita bisa nyicil nabung sebulan, let’s say  1 juta rupiah. Jalan-jalan jangan sampai mengusik cash flow, ya kan!?

Siapkan Dokumen

Paspor

Sudah punya? Alhamdulillah kalau gitu. Tapi jangan lupa cek lagi masa kadaluarsanya. Karena, kalau kurang dari 6 bulan dari tanggal yang tercetak  bakal repot urusannya. Apalagi saat ini antrian ngurus paspor di kantor Imigrasi ampun-ampunan deh. Sebelum datang  ke kantor  Imigrasi  untuk wawancara , pastikan sudah daftar online untuk ngambil antriannya.

Jam-jam malam  adalah waktu yang paling tepat  untuk berburu antrian dan aku sarankan  untuk ngambil sesi pagi. Demi apa? Demi keindahan pas poto di passport. Kalau sudah sore, muka udah lecek, Mak. Belum lagi enggak semua  petugas imigrasi paham soal estetika atau lempeng-lempeng saja ketika kita merasa ekspresi di foto enggak banget (penting ya dibahas?)

Tentukan Itenerary Jalan-Jalan ke Malaysia

Coba cari tahu  destinasi wisata mana saja yang paling pengen dikunjungi. Dengan setting waktu yang sudah ditentukan, kita bisa memilih mau jalan ke mana saja dengan rute perjalanan yang searah. Selain menghemat waktu juga pasti biaya. Misalnya, mau ke Menara Kembar Petronas, Museum Dataran Merdeka dengan landmark I Love KLnya itu, Kampung India, atau Batu Caves.

Cari Penginapan Yang Murah

Tip Menyiapkan Jalan-jalan ke Malaysia

Paling enak kalau pas traveling itu berangkat bareng-bareng,  jadinya kita bisa urunan biaya nginepnya. Don’t worry, Mak.  Banyak apartemen yang disewakan dengan biaya murah. Tempo hari aku nginep berenam di Apartemen Regalia Suites Hotel Kuala Lumpur  dengan harga mulai enam ratus ribuan per malam.

Kalau  nginep 3 malam sih mahal  tapi sharing per kepala jatuhnya enggak sampai empat  ratus ribuan  buat nginep di sana. Fasilitas kamar sudah lengkap dan enggak perlu mikirin banyak hal karena  selama seharian kita bakalan pelesiran. Sayang juga kan kalau jalan-jalan jauh cuma dihabiskan dengan nginep saja.

Dan akan lebih baik hunting jauh-jauh hari dan booking secara online. Karena memudahkan kita mengatur rencana perjalanan selama di sana. Untuk keuntungan yang bisa kita nikmati dengan booking hotel online bisa dibaca di sini ya!

Tiket

Paling seneng emang kalau dapat tiket pesawat yang lagi promo atau  pergi di masa-masa low season. Harga tiket jauh lebih murah.  Pengalamanku tempo hari dengan membanding-bandingkan waktu dan titik keberangkatan, selisih  harga tiketnya lumayan banget.

Untuk yang merencanakan liburan tahun depan, bisa mulai hunting dari sekarang dan pesan tiket di sini, untuk mendapatkan harga yang kompetitif dan promo-promo yang pastinya bikin happy.

Meski pun waktu itu pergi dari Jakarta, charge tiketnya lebih murah, aku dan teman-teman memutuskan untuk pergi dari Bandung saja, Mak.  Soalnya males banget kalau harus pergi dini hari untuk mengejar pesawat  yang  dijadwalkan  pagi-pagi. Duh itu gimana dandannya  saat muka kita kayak muka bantal? Hehehe….

Dengan menghitung ongkos travel dari Bandung ke Jakarta pun sudah cukup menghibur bagi kami. Langsung dari Bandung adalah pilihan pas. Bagi  para emak, bisa menyiapkan dulu sarapan  untuk keluarga tercinta. Aku sendiri  masih bisa ngecek-ngecek bawaan setelah subuh. Jangan sampai ada yang tertinggal apalagi dokumen berupa paspor dan  boarding pass.

Fasilitas Bagasi

 

Jangan lupa  buat mengecek fasilitas yang disediakan oleh maskapai perjalanan yang kita pilih. Ini penting banget apalagi  kalau  kita berencana membawa  oleh-oleh atau mendadak  buka jastip.  Kalau list bawaan  yang akan diboyong ke tanah air ternyata banyak pastikan  untuk menyiapkan dana tambahan untuk bagasi.

Kalau mau buka jastip,  jangan ragu untuk membebankan  biaya tambahan ini buat teman atau keluarga yang nitip.  Kan lumayan tuh biaya bagasinya, ya? Kalau enggak ada rencana buat hunting oleh-oleh  atau  bawaan tambahan yang dibawa balik ya sudah  cukup dengan  fasilitas bagasi  yang disediakan.

Uang Saku

Pastikan sudah  menukar  uang rupiah dengan mata uang ringgit biar enggak kelabakan saat kehabisan dana saat Jalan-jalan ke Malaysia.  Ada banyak money changer  yang bisa kita kunjungi  di kota sekitar kita tinggal.  Kalau mau cashless bisa  gesek kartu debitnya di sana, cuma kena chargenya lumayan dan tidak semua bank dari Indonesia kartunya bisa dipakai di sana.

Biar enggak  kalap dan tekor,  pastikan enggak lapar mata dan beli yang enggak kita butuhkan selama di jalan-jalan di Malaysia, ya.

Seperti itu tip menyiapkan perjalanan ke luar negeri ala saya. Semoga berguna. Selamat berlibur, Mak.