Artikel kali ini akan membahas mengenai berbagai Instagram tools, yaitu tools atau alat-alat yang bisa kita pakai untuk memaksimalkan konten Instagram kita.

Instagram memang merupakan salah satu media sosial yang paling aktif belakangan ya, Mak. Pasti Emak juga punya akun di sana kan? Mungkin juga sudah memonetisasinya ya?

Nah, ini dia beberapa tool yang bisa Emak manfaatkan untuk lebih melejitkan akun Instagram Emak. Ada tool manajemen, tool editing, dan lain sebagainya.

Simak artikel ini sampai selesai ya, siapa tahu ada tools yang memang Emak butuhkan tapi sejauh ini belum maksimal.

7 Instagram tools untuk membantu kinerja Instagram

1. Hootsuite (hootsuite.com)

Nah, barangkali ada yang sudah familier dengan Instagram tools yang satu ini ya? Kalau saya sih sering pakai ini untuk scheduling konten Twitter. Sekarang, juga bisa dipakai untuk Instagram.

Meski bisa dipakai untuk scheduling, tetapi enggak seperti konten Twitter yang bisa autoposting, kita hanya akan dikasih notification utk memposting ketika waktunya sudah tiba untuk publish.

Jadi, bisa dibilang, enggak auto banget nih Hootsuite untuk scheduling Instagram. Dan, memang ini akan lebih bagus. Jadi kontrol tetap ada pada kita sebagai pemegang akun, Mak.

Hootsuite ini ada servis yang berbayar, ada yang gratis. Cencunyah, yang berbayar fiturnya lebih lengkap ya.

 

2. Later (later.com)

Instagram tools kedua ini fungsinya sama seperti Hootsuite sih, kurang lebih. Yaitu tool untuk scheduling post. Hanya saja Later punya semacam preview, yang bisa kita manfaatkan untuk merencanakan feed secara visual.

Jadi, kayak UN UM atau Planoly gitu deh.

Kalau menurut saya sih, Later lebih lengkap fiturnya ketimbang 2 tool di atas. Tapi tetep preferensi ya, Mak. Kalau lebih suka pake UN UM atau Planoly ya nggak masalah juga.

7 Instagram Tools untuk Membantu Blogger Mengelola Akun Instagram

Di Later juga ada linkin.bio, yang memungkinkan kita untuk menaruh link pada bio yang langsung menuju ke foto-foto kita gitu. Keren deh pokoknya.

 

3. Preview App (thepreviewapp.com)

7 Instagram Tools - Preview App

Preview App ini juga merupakan Instagram tools untuk content planning. Dengan Preview App, kita bisa merencanakan dulu kenampakan feed kita mau kayak gimana. Kalau mau ubah susunan juga tinggal geser-geser saja.

Di Preview App ini juga ada filter-filter yang keceh, yang bisa kita pakai untuk bikin foto-foto Instagram kita senuansa gitu, Mak. Nggak kalah deh sama preset-preset-nya Lightroom. Kadang sekali waktu, akun Preview App di Instagram suka bagi-bagi filter gratis loh. Atau bahkan template gratis yang unyu-unyu!

 

4. Crowdfire (crowdfireapp.com)

Ini juga sama, tool untuk content planning. Di Corwdfire kita bisa schedule up to 10 posts, dan dia juga support multiple post ya. Juga ada hashtag recommendation yang bisa bantu kita menemukan tagar secara lebih cepat dan efektif.

Crowdfire ini juga ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Dan, pasti sudah tahu ya, kalau yang gratis ya fiturnya terbatas. Hehehe.

 

5. Linktree (linktr.ee)

Nah, Mak. Pasti sudah pada memanfaatkan link pada bio itu ya? Buat naruh link ke blog, misalnya. Ya kan? Berapa link yg bisa ditaruh di bio itu, Mak? Satu doang ya?

Instagram tools - Linktree

Nah, dengan linktree ini, Emak bisa menaruh lebih dari satu link di bio profil akun Instagram Emak. Link bionya sih satu. Tapi kalau link bio itu diklik, nanti akan muncul kayak gambar di atas itu. Masing-masing button bisa dikasih link lagi.

Jadi, kita bisa naruh banyak link kan di bio Instagram? Buat yang ternak blog nih, useful banget pasti. 😀

 

6. Pretty Caption (pretty-caption.com)

Siapa yang suka jengkel, udah bikin caption panjang dan rapi, habis diposting ternyata paragrafnya ilang semua? Hihihi. KZL ya, Mak? Tenang, Emak bisa minta bantuan Pretty Caption ini, Mak.

Caranya, ya tulis caption biasa. Bisa di notes, atau di WA juga bisa. Masukkan semua emoji yang mau dipake sekalian. Plus hashtag. Pokoknya tulis lengkap ya. Terus, kopaskan ke text area di Pretty Caption ini. Lalu Generate & Copy.

Instagram tools - Pretty Caption

Setelah itu, kopaskan ke caption di Instagram. Dan tada! Mau bikin pointers kek apa, pake emoji sekarung, tetap bisa rapi dengan Pretty Caption ini!

 

7. Kapwing (kapwing.com)

Nah, ini adalah tool utk editing video Instagram. Nah, monmaap, untuk instagram tools satu ini saya belum pernah coba pakai, tapi banyak yang merekomendasikan.

Jadi, silakan Emak barangkali mau coba. Konon, lebih user friendly ketimbang aplikasi-aplikasi video yang lain.

 

Nah, itu dia 7 Instagram tools yang bisa Emak coba untuk membantu Emak mengelola akun Instagram. Ada yang mau ditambahkan, Mak? Barangkali ada Instagram tools yang sering Emak pakai, tapi belum saya sebutkan di atas? Boleh langsung tulis di kolom komen ya!