Gimana Mak’s kabarnya? Semoga sehat selalu ya di masa wabah virus Corona ini. Tetap semangat meskipun waktu belajar anak di rumah sepertinya akan bertambah sampai bulan April 2020. Semua berharap dan berdo’a semoga wabah ini segera berakhir, dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala. Anak belajar di sekolah, suami berangkat kerja, dan ibu mengerjakan pekerjaan utamanya dengan santai. Termasuk Me Time selonjoran nonton drama Korea, ups. Betul kan Mak’s, hehe.

Selama #dirumahaja pastinya yang paling sibuk adalah kita, para ibu. Hari biasa saja pekerjaan rumah tangga enggak kelar-kelar rasanya, apalagi sejak pandemi virus Covid-19 masuk ke Indonesia. Sekolah diliburkan diganti dengan belajar di rumah secara online, sebagian besar kantor di kota-kota besar khususnya di Jakarta menerapkan WHF atau work from home. Karena dengan cara #dirumahaja kita bisa ikut menekan penyebaran virus Covid-19.

Yang paling kerasa saat #dirumahaja ini adalah anak-anak jadi doyan banget makan dan ngemil, benar begitu? Selama hampir 2 minggu ini, timeline Facebook saya dipenuhi dengan curhatan para ibu yang setiap hari harus masak banyak, bikin camilan ini itu. Sampai pusing harus bikin apa lagi. Anak-anak mendadak pingin dibuatin ini itu selama di rumah, jadi sudah kebayang ya bagaimana sibuknya para ibu di rumah minggu ini.

Nah, buat para emak’s yang masih bingung mau bikin menu camilan apa buat anak-anak di rumah. Berikut 5 inspirasi resep camilan enak untuk #dirumahaja.

5 Inspirasi Resep Camilan Enak

  1. Gabin Isi Sayuran

Bahan :

Roti gabin/Crackers

Adonan pelapis :

Telur dan garam

Bahan isian :

2 buah kentang, potong dadu

1 buah wortel, potong dadu

Setengan bawang bombai, iris tipis

2 bawang putih, geprwk, cincang

1 tangkai daun bawang, iris tipis

Air secukupnya

Garam, lada putih, gula, kaldu bubuk secukupnya

2 sdm terigu

Cara membuat :

Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum. Masukkan kentang, wortel dan air. Masukkam gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Masukkan daun bawang. Taburkan terigu, aduk rata. Jika sudah matang, angkat, sisihkan. Ambil roti gabin, isi dengan isian, celupkan ke adonan pelapis, goreng. Jika sudah matang, angkat, sajikan.

 

 

  1. Roti Bakar (Telur dadar)

Bahan :

4 lbr roti tawar

Margarin secukupnya

2 sdm saos

Bahan isi :

1 butir telur

1 batang daun sop

1/4 sdt garam

Cara membuat :

Campur semua bahan isi, panaskan teflon, buat dadar. Letakkan roti diatas telur dadar, beri saos, lipat. Panggang roti sampai berwarna kecoklatan, angkat, sajikan.

 

5 Inspirasi Resep Camilan Enak untuk #dirumahaja

 

  1. Pisang Goreng Gluten Free

Bahan :

10 buah pisang kepok, belah jadi 2 jangan putus

3 sdm tepung singkong (buatan ibu mertua)

1 sdm tepung beras

1 sdt gula

1/4 sdt garam

Air secukupnya (sampai adonan kental)

Minyak kelapa

Cara membuat :

Campur jadi satu tepung singkong, tepung beras, gula dan garam. Tuang air, sambil mengaduk adonan. Pastikan adonan tepung kental tidak cair. Panaskan minyak kelapa, goreng pisang sampai coklat keemasan. Jika sudah matang, angkat, tiriskan, sajikan.

5 Inspirasi Resep Camilan Enak untuk #dirumahaja

 

  1. Pastel Pangsit

Bahan :

Kulit pangsit secukupnya

Putih telur

Isian :

Wortel, kentang, ayam bagian dada, potong dadu, masak di wajan. Beri gula, garam, merica dan kaldu bubuk secukupnya. Tambahkan daun bawang secukupnya. Jika air sedikit surut, taburi terigu sedikit, aduk, angkat.

Inspirasi Camilan untuk #dirumahaja

 

  1. Bakso Bakar Pedas

Bahan :

14 buah bakso sapi

Margarin

5 tusuk sate

Bumbu bakar :

4 sdm saos pedas

2 sdm saos tomat

2 sdm kecap manis

Cara membuat :

Siapkan wadah, campur jadi satu bumbu bakar. Tusuk bakso masing-masing tuduhan 3 buah bakso. Iris iris bakso. Olesi dengan bumbu bakar, sisihkan. Siapkan teflon, beri margarin, bakar bakso dengan api kecil. Balik sampai setiap sisi terbakar. Jika sudah matang, angkat, sajikan hangat dengan sambal kacang.

 Camilan untuk #dirumahaja

 

Mudah kan cara membuatnya? Bahan-bahannya juga mudah didapat dan harganya terjangkau.

Semoga resep-resep di atas bisa membantu kegalauan para emak selama anak-anak dan suami #dirumahaja. Percayalah, selalu ada hikmah di setiap kejadian. Mari kita manfaatkan waktu ini untuk berkumpul dengan anak-anak dan keluarga dengan sebaik-baiknya.

Tetap semangat Mak’s. Semoga kita selalu dalam lindungan-NYA, dan semoga wabah ini segera berakhir, Aamiin. Selamat bereksperimen di dapur ya.

***

Seluruh resep hasil olahan dari Dapur Hot Wajan narablog Iis Hana (http://www.hmzwan.com/)