Tren yoga sepertinya tidak akan berakhir malah makin banyak orang-orang menyukai olahraga yang satu ini. Apalagi pose-posenya itu sangat instagramable banget.

Tak jarang saya menemukan teman-teman membuat akun sendiri khusus untuk yoga. Well, apakah yoga sudah menjadi ‘agama’ baru untuk kaum urban?

Tujuan melakukan yoga pastinya berbeda bagi setiap orang, termasuk saya. Tujuan saya mengikuti kelas yoga adalah agar tubuh ini bisa seimbang, mengatur pernapasan dan meredakan penat dengan meditasi yoga.

Ternyata, awal melakukan yoga itu nggak mudah, Maks!

Waktu sejam itu terasa nggak cukup, peluh membasahi seluruh tubuh. Tapi, saya senang. Tubuh yang selama ini sudah kaku nggak pernah olahraga pun akhirnya bergerak!

Saya menikmati step by stepnya dan paling favorit saat meditasi penutup. Rasanya tenang banget, beban pikiran seakan lesap entah ke mana.

Untuk Emaks yang masih ragu ikut yoga, kali inilah 7 manfaat yoga untuk kesehatan tubuh dan pikiran

1. Membangun rasa percaya diri

manfaat yoga

Menurut majalah Shape, “Confidence feels great on everyone : It makes you feel good, and it makes those around you feel comfortable.”

Sering banget kan kita itu merasa nggak percaya diri karena kekurangan di bagian tubuh, wajah or anywhere lah. Tapi, dengan belajar yoga, Emaks akan berusaha untuk meminimalisir rasa tidak percaya diri tersebut.

Ada loh 10 pose yoga untuk membangkitkan rasa percaya diri. 10 Pose ini bisa dilakukan oleh para pemula maupun yang sudah expert.
Di dalam hidup, kadang kala kita membutuhkan ekstra percaya diri untuk menghadapi segala masalah.

So, let’s do yoga!

2. Yoga bisa dilakukan di mana saja

manfaat yoga2

Emaks bisa mempraktikkan yoga di mana saja!

Memang sih lebih menyenangkan jika melakukan yoga di atas matras dan berada di kelas atau di ruang tengah rumah, but be sure yoga can be done wherever we are!

Yoga pun bisa Emaks lakukan dengan bantuan beberapa aplikasi kayak daily yoga, mau di mana saja bisa dipraktikan.

3. Melatih pernapasan

manfaat yoga3

Ini bagian yang saya sukai, yoga membatu kita melatih pernapasan. Gampang-gampang susah juga menyeimbangkan aturan napas dengan gerakan. Sangat menantang!

Adapun beberapa manfaat dari belajar pernapasan lewat yoga seperti :

– Merelaksasi ketegangan otot akut dan kronis di sekitar jantung maupun organ pencernaan.
– Membantu penderita asma dan emfisema dalam mengatasi rasa takut ketika sesak napas.
– Mendorong stimulus saraf yang tepat ke sistem kardiovaskular.
– Mengurangi kecemasan emosional dan gugup.
– Memperkuat sistem autoimun.
– Menenangkan pikiran dan menciptakan keseimbangan mental-fisik.

4. Yoga tidak mahal

manfaat yoga4

Melakukan yoga itu nggak mahal, Maks.

Emaks nggak perlu repot beli pakaian olahraga. Pakai kaos dan celana pun bisa! Yang penting Emaks punya matras yoga di rumah. Harganya pun cukup terjangkau.

Latihan pun bisa di rumah. Ada pilihan unduh aplikasi atau lewat youtube.

5. Become more mindful

manfaat yoga5

Ketika melakukan yoga, Emaks akan belajar untuk live in the moment.

Saat pertama melakukan yoga, singkirkan pikiran terlebih dahulu bahwa Emaks bisa pose X yang sering seliweran di time line media sosial.

Nikmati prosesnya, Maks.

Slow down your mind. Fokuskan pada latihan pernapasan juga gerakan.

6. Become learner and stronger

manfaat yoga6

Biasanya bagi pemula yang menjadi masalah adalah berat badan sendiri sebagai resistensi.

Misalnya nih, melakukan plan atau downward dog, Emaks mesti bertumpu pada berat badan. Ketika melakukannya terus menerus secara rutin, otot-otot akan menjadi terbiasa dengan berat badan dan yakin deh Emaks akan menjadi kuat.

Eits, kuat dalam artian nggak kayak Xena yah hehehe tapi bisa menyeimbangkan gerakan dengan berat badan.
Efek positif dan menggembirakan, biasanya yang melakukan yoga akan merasa penurunan berat badan, pakaian pun terasa longgar. Tapi, dengan catatan Emaks harus rutin melakukan yoga dan jaga pola makan!

7. Bisa meredakan stres

manfaat yoga7

Yoga is wonderful for so many reasons.

Dari banyak catatan yang saya baca plus mengalaminya sendiri, yoga bisa membantu mengurangi stres. Trust me, Maks, saya sudah melakukannya dan merasakan efeknya.

Bisa saya katakan ada inner peace ketika melakukannya. Pikiran menjadi tenang, tubuh bisa bergerak walaupun belum sempurna. Mental ini terasa lebih ringan dan fisik lebih relaks.

Nggak perlu sejam juga melakukannya, coba Emaks lakukan selama 15 menit sebagai permulaan dan lanjutkan secara rutin. Emaks akan merasakan betapa melegakan manfaat dari yoga ini.

Baca juga : Resep bahagia di tengah pandemi covid19

Sekarang kita berada di masa #dirumahaja butuh banyak aktivitas juga olahraga yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Nah, Emaks bisa mulai perlahan melakukan olahraga ini. Bisa menghilangkan stres, tubuh dan pikiran pun jadi sehat.

Semoga manfaat yoga ini bisa membantu Emaks yang masih bingung kenapa banyak orang melakukan olahraga ini.
Yuk, Maks, kita hidup sehat bersama yoga.