Aku anak Indonesia

Sehat dan kuat

Karena mama memberi

Sakatonik ABC

Siapa yang ikut baca lirik di atas sambil nyanyi? Jingle Saktonik ABC yang nadanya ceria ini pasti udah tidak asing lagi di telinga kita.

Siapa nih emak yang masa kecilnya pernah ngerasain galau saat memilih tablet huruf A, B atau C dari dalam botol Sakatonik ABC? Setelah sekarang punya anak dan memberikan Sakatonik ABC juga untuk buah hatinya. Lucu ya melihat mereka juga galau saat memilih mau ngambil bentuk huruf A, B atau C dari dalam botol Sakatonik ABC. Sama loh ternyata! Hihihi.

Sejak dulu hingga kini, Sakatonik ABC juga tetap berkomitmen untuk membuat anak Indonesia menjadi anak-anak yang sehat dan kuat, seperti yang kita dengar pada jingle-nya yang sudah kita hapal di luar kepala ini.

Begitu juga di tengah pandemi Covid-19 ini. Penting sekali untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh anak-anak.

Sakatonik ABC juga turut serta berupaya meningkatkan keehatan anak-anak Indonesia dengan mencetuskan Virtual Gym sambil #BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC. Kegiatan eksplorasi yang sehat dan menyenangkan di bawah sinar matahari pagi.

Manfaat Berjemur

Sejak awal mula kemunculan virus ini di Indonesia, masyarakat nampaknya mulai memahami pentingnya berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk kesehatan. Tapi sudah benarkah kegiatan berjemur yang dilakukan Emak selama ini?

Menurut dokter spesialis anak, dr. Caessar Pronocitro, Sp.A,fM.Sc, Aktivitas berjemur memiliki banyak manfaat jika dilakukan di bawah pukul 10.00. Pada saat itu kandungan sinar ultraviolet B (UVB) akan membentuk provitamin D dalam jumlah besar yang akan langsung disalurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang.

Durasi berjemur yang baik cukup 5 hingga 15 menit saja yang dilakukan dengan frekuensi 2-3 kali seminggu. Bagian tubuh yang perlu terkena matahari adalah lengan dan tungkai. Untuk bagian tubuh lain, terutama kepala dan leher sebaiknya dilindungi dengan topi dan tabir surya.

Hindarilah berjemur di atas pukul 10.00. Karena kadar UVB semakin tinggi dan dapat berpotensi pada paparan kanker kulit pada anak. Selain itu berjemur pada pukul 10.00 – 14.00 berisiko membuat kulit terbakar dan bia menurunkan imunitas.

Tapi anak-anak suka bete nggak sih Mak, kalo diajak berjemur ‘doang’ setiap pagi. Berasa lagi dihukum ya, berdiri di bawah panas matahari,

Nah, biar kegiatan berjemur menjadi lebih asyik. Anak-anak bisa melakukan stimulasi kemampuan motorik dengan Virtual Gym!

#BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC dengan Virtual Gym

 

Virtual Gym Sambil #BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC

 

Berjemur sambil melakukan aktivitas yang menyenangkan di bawah pukul 10.00 dapat melatih ketahanan fisik anak. Nah, di saat bulan Ramadan ini, pengkoordinasian tubuh saat beraktivitas di luar ruangan ini tidak hanya bagus untuk mengembangkan ketrampilan motorik anak tetapi juga mampu membuat anak menjadi nyaman dan tidak merasa terlalu terbebani dengan kegiatan berjemur ini.

Anak-anak dengan rentang usia 3-5 tahun direkomendasikan mendapatkan stimulasi aktivitas fisik secara teratur untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Sedangkan anak-anak dengan usia 6-17 tahun direkomendasikan melakukan aktivitas fisik minimal 60 menit per hari dengan intensitas sedang hingga berat.

Sakatonik ABC sebagai vitamin anak untuk mendukung daya tahan tubuhh anak-anak di masa Covid-19 ini mengajak dan memfasilitasi aktivitas #BerjemurAsyik sambil bereksplorasi dengan Virtual Gym.

Apa itu Virtual Gym?

Virtual Gym adalah aktivitas tubuh virtual sehingga anak dapat sekaligus membayangkan sambil bereksplorasi melatih motoriknya saat memvisualisasikan aktivitas tersebut.

Dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Zeth Boroh, Sp.KO yang juga turut berkontribusi menciptakan aktivitas #BerjemurAsyik merasa perlu mendukung mendukung aktivitas fisik yang dikemas menyenangkan.

Gerakan Virtual Gym meliputi 4 gerakan yang mudah sekali dilakukan dan dihapalkan anak-anak

Virtual Gym

 

Yang pertama adalah Ergocycle Exercise atau bersepeda. Gerakannya seperti bersepeda pada umumnya, kedua lengan terangkat ke depan dan kaki digerakan naik turun secara bergantian. Sambil melakukan gerakan Virtual Gym bersepeda, anak anak bisa membayangkan sedang bersepeda di luar rumah bersama teman-teman.

Yang kedua adalah Skating Exercise atau bermain skating. Gerakannya serupa sedang meluncur di atas es, langkahkan kaki kiri dan kanan ke belakang secara bergantian. Gerakan yang satu ini seru dan menyenangkan banget untuk dilakukan.

Virtual Gym

 

Ketiga, Canoeing Exercise atau mendayung. Buka kaki agak lebar dan gerakkan tangan serupa sedang mendayung ke belakang, ke samping kanan dan juga kiri.

Virtual Gym

Terakhir adalah Swimming Exercise atau berenang. Bungkukkan badan 45 derajat ke arah depan, dan gerakkan tangan serupa berenang.

Virtual Gym

Gimana Mak, mudah dan simple banget kan keempat gerakan Virtual Gym di atas?

Virtual Gym juga dapat dikombinasikan dengan Dynamic Stretching dan Cardio Exercise. Dynamic Stretching merupakan pemanasan dengan intensitas sedang yang berfokus pada fleksibilitas tubuh anak. Latihan ini terdiri dari gerakan-gerakan sendi leher atau neck wide stretching, bahu atau shoulder stretching, tangan atau elbow and wrist stretching, pinggang atau back stretching, dan sendi pada kaki atau high knee stretching.

Sedangkan Cardio Exercise  merupakan latihan cardio seperti berjalan, berlari, melompat yang dikemas dengan menyenangkan untuk anak seperti sedang melakukan dance atau menari. Latihan Cardio terdiri dari 6 jenis gerakan yaitu lompat samping atau side jumping, aktivitas menari atau high five dance, jalan cepat ke samping atau brisk walking side, melompat atau jumping jack, berlari kesamping atau jogging to side dan erjalan atau walking win.

Seluruh aktivitas dalam #BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC harus dikemas secara menyenangkan, agar anak-anak melakukannya dengan senang dan supaya bisa dilakukan secara rutin walaupun sedang menjalankan ibadah puasa.

Aktivitas #BerjemurAsyik ini dapat dilakukan rutin setiap hari dengan intensitas sedang dan berat selama 5-15 menit. Atau disesuaikan dengan keadaan anak-anak ya Mak.

Apa Saja Manfaat Aktivitas Virtual Gym #BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC?

Manfaatnya banyak Mak, untuk anak-anak kita. Yang pertama bisa meningkatkan kebugaran tubuh mereka. Kedua meningkatkan daya tahan tubuh anak secara maksimal. Dan ketiga melatih motoric anak.

Dengan #BerjemurAsyik di bawah sinar matahari pagi dan bergerak dengan aktivitas Virtual Gym tentunya anak-anak mendapatkan vitamin D sekaligus melatih otot-otot mereka. Sehingga mereka bisa lebih bugar dan sehat.

Selain mengajak anak-anak berjemur dan bergerak, jangan lupa juga memenuhi nutrisi anak untuk pertahanan tubuhnya. Kebutuhan nutrisi anak dapat dipenuhi dengan menu gizi seimbang dan juga tambahan multivitamin anak.

Tapi di saat puasa ini, suka merasa khawatir enggak memenuhi menu gizi seimbang anak, Mak? Kadang saat berbuka atau sahur kita enggak bisa memaksakan anak-anak untuk memakan semua makanan yang sudah kita sajikan. Ada  masa-masanya, pas sahur dan buka enggak nafsu makan sayur atau buah.

Di saat inilah, pentingnya asupan multivitamin untuk melengkapi nutrisi anak-anak kita. Seperti multivitamin Sakatonik ABC.

Sakatonik ABC Sebagai Asupan Multivitamin Anak

#BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC

Semua emak sudah pasti tidak asing dengan multivitamin Sakatonik ABC, yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan multivitamin harian. Mengandung vitamin lengkap dari Vit A sampai Vit. E, dan Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, apalagi saat bulan puasa. Kalau dulu Sakatonik ABC hanya punya bentuk tablet hisapnya, sekarang Sakatonik ABC ada bentuk gummy-nya juga loh!

Sakatonik ABC Tablet

Sakatonik ABC tablet  merupakan multivitamin berbentuk tablet hisap berbentuk alfabet. Anak-anak biasanya menggemari Sakatonik ABC karena bentuknya yang lucu dan rasanya yang enak.

#BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC

Eits, enggak cuma rasanya aja yang enak. Kandungan vitamin dalam Sakatonik ABC tablet ini lengkap loh! Sakatonik ABC mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D dan vitamin E serta kalsium yang berguna untuk meningkatkan imunitas anak dan mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Dengan bentuk alfabet dan benda langit yang edukatif, Sakatonik ABC tablet memiliki 4 varian rasa kesukaan anak-anak, ada jeruk, anggur, stroberi dan tutty fruity. Anak usia 2-6 tahun dapat mengkonsumsi 2 tablet hisap perhari. Sedangkan untuk 6-12 tahun dapat mengkomsumsi 3 tablet hisap perhari.

Sakatonik ABC berfungsi untuk menjaga kesehatan anak, menjaga daya tahan tubuh anak, dan juga dapat membantu pemulihan kondisi anak setelah sakit.

Sakatonik ABC Gummy

#BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC

Nah ini yang terbaru dari Sakatonik ABC. Sakatonik ABC Gummy! Sakatonik ABC Gummy adalah multivitamin anak berupa permen kenyal berbentuk beruang lucu yang mengandung kandungan sayur dan buah. Sakatonik ABC Gummy memiliki 4 varian rasa dalam 1 kemasan seperti apel, strawberry, anggur dan jeruk.

Sakatonik ABC Gummy juga mengandung prebiotic inulin yang dapat menjaga flora normal usus anak-anak. Sakatonik ABC juga cocok untuk anak-anak yang kurang suka memakan buah dan sayur, karena kaya memiliki kandungan serat dan tinggi vitamin C.

Anak-anak dapat mengkonsumsi 1 sachet Sakatonik ABC Gummy perhari untuk menjaga kesehatan cerna dan membantu menjaga daya tahan tubuh mereka.

Jadi Mak, selama bulan ramadan di tengah pandemic Covid-19 ini jangan lengah dan harus tetap semangat untuk menjaga kesehatan anak-anak ya.

Jangan lupa untuk mengajak mereka melakukan exercise Virtual Gym sambil #BerjemurAsyik Bersama Sakatonik ABC di bawah sinar matahari pagi. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan nutrisi mereka dengan makan-makanan bergizi dan berikan Sakatonik ABC untuk melengkapai kebutuhan vitamin buah hati tercinta.

Sudah mengajak anak-anak #BerjemurAsyik sambil bergerak dan melakukan Virtual Gym belom hari ini? Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan tetap semangat selalu!