Holaaah! Hae, Mak! Ketemu lagi nih, sama saya. Ehe ehe. Semoga nggak bosen. Kita ngulik blog lagi yuk! Sekarang tentang broken link di blog nih.

Sebelumnya, sudah tahu belum, Mak, arti broken link? Yes, kita akan mulai dari pengertiannya dulu yak. Biar paham sedari awal.

 

Apa Itu Broken Link?

Broken link adalah tautan atau link hidup pada halaman sebuah web atau blog, yang kalau diklik laman yang dituju enggak ditemukan, error, atau 404 not found. Jadi, singkatnya broken link adalah tautan yang rusak atau error.

Lalu, kenapa broken link ini penting bats untuk kita pikirin? Karena, kalau sampai blog kita tercyduk kebanyakan link error sama Google, maka rapornya akan merah, Mak. Rapor merah berarti tingkat keterlihatan blog kita akan diturunkan sama Google, dalam data hasil pencariannya. Yang berarti, bisa saja terjadi penurunan traffic atau lalu lintas blog secara organik.

Berarti lagi, blog enggak akan mudah ditemukan oleh siapa pun. Means, susah dapat job 🙁

Nah kan. Jadi, gimandose? Ya, makanya coba ayo kita perbaiki. Banyak lo, di antara kita yang masih mengabaikan broken link ini, terus kalau udah banyak, bikin nyesek aja gitu bersihinnya.

 

Lalu, gimana cara mengecek broken link di blog kita?

Gampang kok, Mak, ngeceknya. Iya, ngeceknya sih gampang. Bebersihnya yang susah. Hiks. Hahaha. Enggak sih, nggak susah. Cuma banyak banget pasti–apalagi kalau selama ini enggak pernah dibersihin. Bisa ribuan!

Untuk mengeceknya, mari kita minta bantuan pada: brokenlinkcheck.com

Nanti akan ketemu dengan laman seperti ini. Silakan kopaskan URL blog Emak di bagian “Enter your URL below” ini.

Menghapus broken link

Lalu klik “Find broken links”. Selanjutnya Emak harus confirm captcha, dan setelah itu, langsung deh tool-nya akan bekerja.

Nanti, Emak akan melihat hasil broken link-nya berjumlah sekian. Bisa puluhan, bahkan ratusan! Tapi, gosah panik, Mak. Santai aja. Liatin terus aja, tautan-tautan yang tercatat di situ. Tandain orang-orangnya #eh Becandaaaa 😆

Nah, terus kalau udah ketemu nih tautan-tautan yang rusak–yang banyak bet itu, apa yang kemudian bisa kita lakukan?

broken link

Emak lihat dalam tabel, ada tulisan “Page where found” kan? Nah, di situlah si tautan yang rusak tadi berada. So, kita mesti memperbaikinya di situ. Yang URL menunjukkan URL di mana tautan itu terpasang.  Dari URL itu kita bisa mencari tautan yang rusak. Bisa di dalam artikelnya, bisa juga karena komen.

Kalau belum ketemu, cek di kolom src. Kalau src diklik biasanya akan muncul seperti ini.

broken link src

Nah, lihat di bagian yang diblok merah. Itu dia tautannya yang rusak. Dari situ sih kelihatan, kalau tautan yang error berasal dari komen.

Terus gimana? Ya dibersihin.

 

Cara Menghapus Broken Link

Kita ke dasbor blog kita, lalu ke bagian comments. Cari deh komen yang bersangkutan, lalu dihapus. Kalau Emak pakai platform WP self hosted sih enak, karena Emak bisa edit komen aja. Jadi komennya enggak perlu dihapus, yang dihapus cuma URLnya. Jadi, jumlah komen enggak berkurang.

Nah, kalau pakai Blogspot, memang ini nih salah satu kekurangan Blogspot. Kita harus menghapus keseluruhan komen. Soalnya enggak bisa diedit komen-komennya.

Kadang link yang rusak ini juga ditemukan di dalam artikel, Mak. Misalnya nih, kita pernah ikut lomba atau dapat job, dengan kewajiban menyisipkan link menuju web klien. Kalau web klien berubah alamat, ya jadilah itu broken link.

Jadi, silakan diperhatikan kolom “Page where found”-nya ya. Bisa dari komen, bisa dari konten. Lakukan penghapusan link atau tautan ini semaksimal mungkin.

Nah, demikian cara menghapus broken link. Semoga bermanfaat ya.