Hai, Mak! Blog apa kabar blog? Pageview sudah berapa ratus ribu sejak awal bulan sampai sekarang? 😀 Nah, buat bloger yang pengin artikel-artikel blognya terindeks dengan baik di Google, mesti banget nih paham tentang mobile first indexing.

Nah. Nah. Apa itu mobile first indexing? Kuy, mari diskusi~

 

Apa Itu Mobile First Indexing?

Jadi gini, Mak. Terhitung sejak Juli 2019, kemarin secara resmi dan default, Google memberlakukan mobile first indexing dalam menentukan peringkat-peringkat hasil pencariannya.

Artinya apa?

Artinya, jika kita membuat situs baru terhitung sejak Juli 2019, maka Google crawl bot akan merayapi versi mobile-nya dulu. Terus, blog-blog yang lama gimana yak? Yang sudah ada sebelum Juli 2019? Masih tetap diindeks dengan aturan lama sih, tapi teteup, kalau ada publish artikel baru, maka mobile versionnya dulu yang akan mendapat prioritas.

“For older websites, we’ll continue monitoring and evaluating pages for their readiness for mobile first indexing, and will notify them through Search Console once they’re seen as being ready.”

Demikian rilis asli dari Google di bulan Mei 2019.

 

Apa yang Harus Kita Lakukan?

Jadi, kan kemarin kita udah pernah praktik nyambungin blog ke Google Search Console tuh … Nah, mulai sekarang coba dimonitor-monitor Google Search Console-nya ya. Ada pemberitahuan nggak, kalau blog kita dipindah ke mobile first indexing ini.

Kalau blognya belum disambungin ke Google Search Console … well, ada baiknya sekarang disambungin, yes? Biar tahu, kalau ada “apa-apa” dengan posisi blog kita di Google. Penting nih.

Jadi, apakah ini berarti kalau enggak ada versi mobile-nya, maka enggak keindeks Google gitu? Nggak masuk ke Google?

Bukan gitu juga sih. Coba lihat ilustrasi berikut.

mobile first indexing

Jadi prinsipnya sebenarnya Google masih mengindeks versi desktop blog kita. Tapi SETELAH merayapi versi mobilenya dulu. Sebelumnya Google tuh pake prinsip gambar yang kiri: Desktop first indexing. Dia akan merayapi versi desktop dulu, baru versi mobile. Kalau versi mobile ada dan bagus, itu bisa menaikkan peringkat.

Sekarang, setelah 1 Juli 2019, pakai prinsip yang kanan: mobile first indexing. Kalau nggak ada versi mobile, baru deh dia ke desktop. Baru kemudian dia akan memeringkat.

Terus ngaruhnya apa? Ya ngaruhnya, yang versi mobilenya jelek (dalam arti, skornya rendah) akan kalah peringkat dari yang skor versi mobilenya tinggi. Gitu aja, sederhananya.

 

Cara Mengecek Blog Versi Mobile

Kemarin sih kita udah pernah bahas di artikel memperbaiki loading blog. Emak bisa cek ke Page Speed checker ini.

Masukkan aja, URL blog Emak ke bagian Analyze-nya. Terus coba lihat versi mobilenya. Skornya berapa? 😉 Nah. Kalau sudah keliatan skornya, coba skrol ke bawah, nanti bisa keliatan apa-apa aja yang harus kita perbaiki.

Yang terutama harus dipastikan adalah template yang Emak gunakan harus responsive. Artinya, template tersebut akan secara otomatis menyesuaikan ukuran saat dibuka dari device dengan berbagai ukuran.

 

Jadi, Gitu Aja?

Iya, untuk mobile first indexing ini memang sebenarnya cukup sederhana kok treatment-nya.

1. Kecepatannya
2. Responsive

Udah.

Selanjutnya, pasti: KONTEN. Karena, meski secara struktur sudah oke bingits, tapi kalau kontennya enggak yummy yaaa …. gimana ya? Hehehe.

So, setelah memastikan kecepatan loading, template yang responsive, dan kemudian kualitas konten, lalu jangan lupa memverifikasi baik versi desktop maupun versi mobile di Google Search Console ya.

 

Bacaan untuk Memahami Mobile First Indexing

Nah, berikut ada beberapa bahan bacaan tambahan untuk Emak kalau mau lebih memahami aturan baru ini. In English ya, Mak, soalnya yang banyak bahas masih mereka2 yang berbahasa Inggris sih. Jadi, biar bisa langsung belajar dari sumbernya, gitu.

  1. Prepare for mobile-first indexing
  2. How Does Mobile-First Indexing Work, and How Does It Impact SEO?
  3. Mobile-first Indexing langsung dari Webmaster Central Blog
  4. Cara memverifikasi kepemilikan blog kita di Google Search Console.

Nah, gitu deh, sekilas mengenai mobile first indexing. So, apakah blog Emak sudah pada punya versi mobile-nya?

Ada yang mau diskusi? Yuk, tulis di kolom komen ya, Mak!

Semoga semakin semangat ngeblognya, cheers!