Hae, Mak! Ada nggak nih, Emaks yang pengin mengembangkan blog menjadi blog teknologi? Kalau ada, waaah … bisa saingan sama pakbapak, mas-mas, serta om-om nih!

Emang bisa gitu, emak-emak bahas techno alias mengembangkan blog teknologi? Ya, kenapa enggak? Bisa dong! Terus, apa saja sih yang bisa kita bahas dalam blog teknologi ini? Banyak sih, Mak. Beberapa di antaranya:

  • Tech trends, bahas teknologi-teknolog yang sedang berkembang sekarang, mulai dari bahas games, apps, startups, device, software, online platforms (termasuk blog), dan sebagainya.
  • Juga bisa bahas Artificial Intelligence
  • Product reviews
  • Tutorials, misalnya tutorial games, atau apps, atau penggunaan software tertentu.
  • Bahas bahasa pemrograman. Ini juga ada banyak lagi topik-topiknya.

Nah, banyak kan? Dan siapa bilang, kesemua topik itu hanya bisa dibahas oleh mereka yang berjenis kelamin laki-laki? Yang perempuan pun bisa!

So, sekarang saya akan bahas beberapa tip untuk membangun dan mengembangkan blog teknologi nih. Jika memang tertarik untuk menekuni niche blog ini, kuy merapats!

Tip Mengembangkan Blog Teknologi

Tip Mengembangkan Blog Teknologi

1. Be authoritive

Ini sepertinya sih jadi syarat utama kalau kita mau sukses jadi blogger, dalam niche apa pun sih, enggak hanya di blog teknologi saja.

Be authoritive means kita mesti jadi “penguasa” di niche blog yang kita tekuni itu. Maksudnya, dalam niche blog teknologi itu kita mesti serius menggarapnya. Show our expertise, sehingga orang-orang tuh kalau denger kata “techno blog” atau blog teknologi, itu ingatnya ke kita.

So, personal branding is essential.

2. Be passionate

Ya, mau ngerjain apa-apa kalau enggak karena cinta, pasti hasilnya juga gitu-gitu aja. Apalagi kalau mau bahas topik yang less popular kek blog teknologi atau techno blog (meski peminatnya banyak, tapi bahasan techno termasuk bahasan yang lebih sulit dibanding niche blog lain).

Misalnya nih, Mak, kita nyemplung ke niche ini, cuma karena ikut-ikutan, atau misal ada pamrih lain selain karena suka, nantinya bakalan bisa kelihatan deh, Mak. So, make sure kita benar-benar menyukai bahasan yang bakal diulik di blog ini ya.

Jangan hanya karena ikut-ikutan atau FOMO aja ya 🙂 Repot sendiri nanti.

3. Perbanyak artikel-artikel solutif

Dari pengamatan, kebanyakan netizen yang akan datang ke sebuah blog teknologi adalah karena “mengalami masalah”. Maka, kita mesti tanggap akan hal ini nih. So, berikan artikel-artikel solutif yang diminta oleh pembaca.

Temukanlah masalah-masalah yang umum dialami, sesuai dengan topik yang biasa kita bahas, lalu ulik. Berikan panduan atau tutorial step by step yang mudah dipahami dan aplikatif.

4. Konsisten

Yep, konsisten ini memang PR buanget deh, nggak hanya untuk para techno blogger yah? Hihihi. Siapa nih yang setuju?

Tapi ya, mau nggak mau harus mau deh untuk konsisten, begitu kita sudah memutuskan untuk menekuni satu hobi. Blog juga termasuk, terlepas dari apa pun niche-nya.

Lalu, bagaimana cara menjaga konsistensi ngeblog ini? Well, konsisten itu bisa berarti konsisten waktu, konsisten topik ataupun konten, dan konsisten gaya.

Konsisten waktu. Nah, jangan sampai kebanyakan alasan hingga selalu menunda update blog ya. Coba, atur dan buat waktu untuk ngeblog, kalau memang benar-benar mau profesional.

Konsisten konten. Ini biasanya sering goyah kalau ada tawaran ngejob di luar niche nih. Betul nggak? Hehehe. Well, percayalah, Mak, masing-masing sudah ada jatahnya. Dan selalu ada cara untuk ngulik topik supaya pas dengan niche.

Konsisten gaya. Ini kaitannya dengan ciri khas sih. Saran terbaik untuk hal ini: just be yourself. Because everyone else is taken. 😆

Nah, bisa dong ya, kalau “cuma” 3 konsistensi di atas mah? Hihihi.

5. Be helpful

Yang ke-5 ini bisa dibilang sebagai “efek” dari poin 3 tadi.

Akan ada kemungkinan kita mendapatkan beberapa feedback dari pembaca yang serius ingin memecahkan masalah, dan minta bantuan kita. Maka bersiaplah utk membantu mereka, dengan ikhlas.

Jika suatu ketika, kita misalnya lagi ada di suatu forum gitu yah, dan ada yang lagi punya masalah yang kita punya jawabannya, maka bantulah juga dengan ikhlas. Boleh kok, kalau kebetulan sudah ada artikel di blog teknologi yang menawarkan solusi untuk masalah yang sama, ditawarkan untuk dibaca.

Nah, jadi nambah traffic dan pembaca kan? #selaluadacelahuntukpromosi

Nah, demikian tip sederhana dari saya buat siapa saja yang pengin mengembangkan blog teknologi. Mau menambahkan, barangkali ada yang kurang? Sila ditulis di kolom komen ya.

Semangat!