Cemas memikirkan keluarga, kesehatan, pekerjaan adalah hal wajar yang sering kita alami tiap hari. Namun jangan membuat cemas ini berlarut-larut dalam hidup. Carilah cara menghilangkan rasa cemas agar hidup lebih bahagia dan lega.

Tapi bagaimana caranya?

Rasa cemas itu datang karena ketakutan akan satu hal yang belum terjadi. Tapi, di pikiran kita ini sudah berkecamuk bermacam-macam ‘bagaimana kalau’, hasil dari ilusi pikiran sendiri.

Ketika rasa cemas itu menjadi berlebihan dan mengendalikan pikiran kita, hal ini patut untuk diwaspadai. Karena bisa membuat kita jatuh sakit bahkan dapat meningkatkan risiko terkena kanker, serangan jantung dan stroke loh.

Kecemasan yang berlebihan, ditandai dengan rasa cemas yang nggak ada henti-hentinya, rasa lelah, sulit tidur, otot tegang, dan sulit berkonsentrasi.

Hal-hal tersebut merupakan gejala dari penyakit yang bersarang di otak, Generalized Anxiety Disorder (GAD) atau gangguan kecemasan umum. Apabila Emak mengalami semua gejala tersebut, nggak usah panik dan cemas karena GAD adalah salah satu jenis dari rasa cemas yang bisa dirawat dan dikendalikan.

FYI, yang paling sering mengalami GAD adalah perempuan. Dan jumlah ini terus bertambah tiap tahunnya.

Selain gangguan kecemasan umum, dilansir dari Alodokter ada beberapa tipe gangguan kecemasan seperti, fobia, gangguan panik, gangguan kecemasan sosial, gangguan stres pascatrauma, gangguan obsesif kompulsif.

Biasanya gangguan kecemasan ini jika sudah berlebihan dan tak kunjung menghilang baiknya konsultasi ke psikologi atau psikiater.

Namun, apabila belum mau konseling karena merasa kecemasan ini masih bisa diatasi, ada baiknya Emak melakukan 9 cara menghilangkan rasa cemas ini yang bisa dilakukan di rumah.

9 Cara menghilangkan rasa cemas agar hidup lebih lega dan bahagia

  1. Gerakan tubuh

cara menghilangkan rasa cemas

Olahraga akan mengubah struktur kimia otak secara langsung dan dramatis. Hal ini akan meningkatkan hormon-hormon, oksigen, neurotransmitter dan unsur-unsur nutrisi otak lainnya.

Lakukan olahraga yang cepat dan dinamis untuk melepaskan kegelisahan. Misalnya, naik turun tangga selama beberapa saat atau olahraga ringan seperti yoga.

Pokoknya dalam sehari itu gerakan tubuh kita. Selain berolahraga, jalan keliling komplek, menyapu, berkebun pun bisa menjadi alternatif cara menghilangkan rasa cemas.

Baca juga : 11 Tanaman hias unik untuk homedecor

  1. Komunikasi dengan Tuhan

Tuhan ibaratnya seorang teman yang selalu menyertai dan memiliki waktu untuk kita. Dia selalu memiliki waktu untuk mendengarkan keluh kesah Emak.

Apabila rasa cemas sudah datang menghampiri, berdoalah, dzikir atau meditasi. Hal tersebut akan menyeimbangkan struktur kimia di otak dan menjaga agar rasa cemas tetap berada pada jalurnya.

  1. Cari dukungan seseorang

cara menghilangkan rasa cemas2

Kunci dari cara menghilangkan rasa cemas adalah jangan pernah merasakan hal itu sendirian.

Jadi, kapan pun muncul sesuatu yang membangkitkan rasa cemas, bicarakan dengan teman ataupun keluarga. Emak nggak mesti menceritakan apa yang menjadi kecemasan. Tapi, sedikit bercerita bisa melegakan pikiran.

  1. Terima kenyataan

Racun dari kecemasan itu adalah segala sesuatu dengan yang bermula dengan kalimat “bagaimana kalau …”, hal ini biasanya terjadi karena kurangnya informasi.

Jadi, satu-satunya jalan untuk memperlambat roda kecemasan adalah dengan mengembalikan kenyataan pada tempatnya.

Contohnya, kalau Emak memiliki tahi lalat di bahu yang membuat rasa cemas karena ukurannya besar lalu muncul pikiran apa itu kanker atau bukan. Maka, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kulit. Jangan diamkan dan membiarkan hal ini membuat Emak ketakutan.

  1. Lepaskan

Hal ini memang sulit untuk dilakukan, tetapi begitu Emak bisa menerima kenyataan dan membuat suatu rencana untuk mengatasinya, lepaskan saja pikiran tentang masalah-masalah itu.

Sebagian orang merasa bahwa dengan melakukan hal ini sama saja dengan kepasrahan. Tapi, sebagian lagi membayangkan kalau mereka membungkus masalah-masalah yang ada di pikiran ke dalam sebuah kotak dan membuang ke tong sampah.

  1. Sarapan yang seimbang

cara menghilangkan rasa cemas3

Jika sarapan Emak biasanya terdiri dari karbohidrat dan kafein atau bahkan tidak sama sekali, kadar gula dalam darah Emak akan cepat merosot. Sebagai akibatnya, Emak akan melakukan sesuatu yang akan membuat cemas.

Sarapanlah yang seimbang dan lengkapi dengan protein.

  1. Alihkan pikiran

Saat Emak merasa racun kecemasan menyelimuti pikiran, lakukan sesuatu untuk melepaskan diri dari cengkramannya.

Pergilah berjalan ke mal, telepon teman atau mandilah di bawah shower. Atau membaca, window shopping, mengatur kembali posisi pot tanaman.

Baca juga : Setelah memiliki anak, tetap lakukan 6 hal ini agar terus bahagia

  1. Sisihkan sebagian uang

Uang merupakan salah satu hal yang sering membuat seseorang menjadi cemas, oleh karena itu sebaiknya Emak menyimpan uang secukupnya untuk digunakan pada masa-masa sulit. Dengan demikian, Emak nggak perlu cemas kapan hal itu akan datang.

  1. Hidup ini indah

cara menghilangkan rasa cemas4

Sebelum mengakhiri hari, buatlah daftar hal-hal yang membuat Emak merasa bersyukur, entah itu pada kupu-kupu putih yang hinggap di jendela, kucing yang berlari di depan rumah, seorang teman yang bercerita lewat WhatsApp, dan sebagainya.

Mengingat semua anugerah dari Sang Pemilih Kehidupan adalah obat anti-cemas yang paling mujarab.

Rasa cemas sejatinya berasal dari kumpulan pikiran kita sendiri, Mak. Latihlah untuk mengendalikannya agar hidup bisa lebih lega dan bahagia. Atau gunakan 9 cara menghilangkan rasa cemas di atas agar pikiranlebih tenang.

Yakinkan bahwa semua masalah pasti ada solusi, ada keluarga yang akan menopang dan Tuhan yang selalu mengabulkan permintaan kita.

Semangat, Mak!