ditulis oleh: Lia Harahap – liaharahap.com

**

Pertanyaan di judul postingan kali ini ngeri-ngeri gimana gitu ya. Semacam tantangan, tapi sebenarnya saya cuma mau tanya ke teman-teman apakah berani tampil no makeup alias polos tanpa dipoles riasan?

Kalau tanya ke saya sih saya jawabannya 50:50. Hehehe kayak kuis yang mau dapat hadiah 1 milyar itu ya.

Kenapa 50:50? Dalam keseharian, saya memang menggunakan makeup saat pergi bekerja. Namun saat di rumah saya melepas semua makeup agar kulit bisa bernapas.

Saat weekend pun saya masih menggunakan makeup ketika akan pergi keluar. Bahkan riasan saya bisa lebih tebal dibanding saat pergi ke kantor.

Lalu apakah harus selalu menggunakan makeup? Engga juga kok. Saya terkadang tidak masalah ketika harus tampil no makeup. Apalagi kalau lagi males pakai apa-apa dan cuma sebentar keluarnya. Bisalah gak usah pake makeup.

ALICIA KEYS DAN NO MAKEUP

Kenapa sih saya tiba-tiba ngomongin penampilan no makeup? Sebenarnya sih saya merasa tertarik dengan penampilan terbaru dari Alicia Keys.

Penyanyi wanita kelahiran kota New York ini memutuskan untuk tidak menggunakan makeup sejak tanpa sengaja difoto oleh fotografer Paola Kudacki setelah selesai berolahraga.

Saat itu Alicia hanya memakai baju yang sudah penuh keringat dan sudah pasti no makeup!

Awalnya merasa canggung dan khawatir, namun ternyata malah menemukan rasa ternyamannya saat itu, seperti yang ia ceritakan di www.lennyletter.com.

It was just a plain white background, me and the photographer intimately relating, me and that baseball hat and scarf and a bunch of invisible magic circulating. And I swear it is the strongest, most empowered, most free, and most honestly beautiful that I have ever felt.

Menurutnya ia merasa terbebani saat masih menggunakan makeup. Jika keluar rumah tanpa makeup sama sekali maka wanita pelantun lagu If I Ain’t Got You ini akan khawatir foto tanpa makeup-nya beredar di dunia maya.

Dan kekhawatiran itu semua tercipta karena terlalu memikirkan pendapat orang lain akan dirinya. Maka ia pun memutuskan untuk lepas dari semua perasaan tersebut.

PRO KONTRA NO MAKEUP

Entah karena hanya cari sensasi atau promosi album terbarunya saja, tapi yang pasti perubahan drastis ini sangat mengagetkan.

Bagaimana tidak? Hollywood persaingannya sangat ketat. Dan semua yang ada di dalamnya berlomba-lomba untuk menjadi cantik sempurna.

Untuk pergi ke sebuah acara bergengsi saja penampilan dari ujung rambut sampai kaki harus dari stylist ternama, ini Alicia Keys malah memilih tampil polos seperti kemarin terakhir kali datang ke VMA 2016.

Dan sudah pasti pro dan kontra akan mengikuti. Bahkan Alicia diprotes keras oleh banyak orang yang menyuruhnya untuk paling tidak menggunakan maskara.

Lalu apa reaksi dari ibu dua anak ini?

@alicia keys, Aug 29, 2016

 

Stay cool aja, broooo…. Hihihi mungkin itu bahasa gaulnya kali ya.

Intinya keputusan Alicia tidak berarti ia membenci makeup, hanya saya saat ini ia tidak memilih untuk menggunakan makeup.

MENURUT SAYA…

Kalau pendapat saya sih sebenarnya semua kembali ke keputusan orang masing-masing. Kalau pede dengan tampilan no makeup, ya monggo. Kalau mau setiap hari dipoles terus juga gak apa-apa.

Dan alasan saya sendiri kenapa masih menggunakan makeup antara lain:

Menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan. Di dunia ini kayaknya cuma sekian persen aja deh yang kulitnya mulus tanpa noda. Begitupula saya yang di muka masih ada kemerahan, bekas jerawat, bahkan kantong mata.

Kecuali saya punya muka semulus Chelsea Islan, mungkin saya akan pede setiap hari kemana-mana tanpa makeup. Hahahaha.

Eits, sekali lagi bukan berarti saya takut tanpa makeup ya. Tapi alasan lainnya karena…

Perlu memberikan penampilan yang representatif terhadap orang lain. Ini maksudnya bukan tampil cantik supaya dipuji atau gimana ya. Tapi lebih ke arah menghargai lawan kita.

Bayangin kalau harus ketemu bos tanpa menutupi kantong mata yang sudah hitam? Gak terlihat profesional kan? (alias ketauan abis nonton drama Korea semalam suntuk)

KALAU MENURUT KALIAN… ?

Itu dia alasan saya kenapa masih menggunakan makeup setiap hari. Walaupun kalau ditanya berani no makeup? Saya akan jawab berani!

Kalau kalian berani atau tidak? Share juga alasannya ya!

Tidak ada yang benar dan salah dalam diskusi ini. Hanya saja saya ingin tahu berbagai perspektif dari banyak orang.