Senang, termotivasi, dan makin yakin melangkahkan kaki untuk saling berbagi bersama emak-emak blogger dalam membangun komunitas KEB ini. Itulah yang kami rasakan setelah mengikuti acara “Women’s Talk” yang diselenggarakan oleh Tabloid Nova dan Tupperware Indonesia. Sebanyak 36 komunitas perempuan di seluruh Indonesia berkumpul dalam kehangatan acara ini.

Bertempat di restorat Mezzaluna, di kawasan Kemang, tampak sudah 50% sahabat perempuan dari komunitas lain yang sudah hadir. Dari KEB sendiri sudah ada Saya (Mira Sahid), Mak Indah Juli, dan mak Fiki. Dan ternyata, selain kami,  ada member KEB lainnya juga di sana, yaitu mak Fitria dan Tri sapta yang kebetulan hadir dengan bendera komunitas Muslimah Backpacker Indonesia. Senang sekali rasanya, ketika kami bisa berkumpul untuk terus menjalin silaturahmi dalam setiap acara-acara.

Tepat pukul 11.00 acara dibuka oleh MC cantik Shanaz Haq, dilanjutkan dengan fashion show dari komunitas ibu-ibu.. (*lupa nama komunitasnya). WOW, udah ibu-ibu masih eksis untuk fashion show? Keren banget. Mereka tampil cantik dengan balutan pakaian ala hijabers. Emm… Kudu banyak belajar fashion juga nih, biar bisa tampil cantik dan match kaya mereka :).

Foto : Koleksi NOVA

Yang menarik dan menjadi perhatian saya di acara ini adalah hadirnya Mba Rosalina Verauli, M.Psi. atau yang dikenal melalui akun twitternya @Verauli, Seorang psikolog cantik yang memberikan talkshow seputar pentingnya bergabung dalam komunitas dengan gayanya yang sangat nyaman, Tema yang diusung kali ini adalah “Pertemanan dan Networking Perempuan Masa Kini”. Nah, cocok banget kan buat semua yang hadir di acara tersebut?. Saya coba share hasilnya, ya.

Foto : Koleksi NOVA

Dalam era modern saat ini, sebuah tantangan besar bagi kita adalah hidup dalam era teknologi yang terus berkembang setiap saat. Semua itu menuntut diri kita untuk lebih banyak berkontribusi dan berpacu dengan cepatnya waktu. Tak jarang, karena besarnya tantangan yang dihadapi oleh kita, banyak hal yang akhirnya membuat kita keluar dari rutinitas dan mengurung diri dalam kesibukan masing-masing.

Sebuah komunitas, bisa menjadi salah satu tempat dalam membangun kembali kepercayaan diri dan pencarian jati diri. Saat ini fenomena komunitas semakin marak. Banyak sekali hobi-hobi yang bisa disalurkan melalui sebuah komunitas. Seperti Kumpulan Emak-emak Blogger. Di dalam grup KEB rata-rata adalah seseorang yang memiliki hobi menulis dan ngeblog. Dengan begitu, siapapun di dalamnya akan terus saling memberikan spirit dalam menulis, sekalipun mereka bukan seorang penulis profesional. Itulah yang dimaksud membangun kepercayaan diri. Semuanya berkontribusi dan bertanggung jawab terhadap satu sama lain.

Lalu, mengapa komunitas menjadi penting saat ini?
“Hidup dalam kepercayaan diri itu kunci untuk semua wanita”. Dan komunitaslah salah satu jalan yang bisa membantu mewujudkan hal itu. Komunitas merupakan sebuah networking. Dan prinsip networking itu sendiri adalah, Like-able (siap memberi dan menolong sebelum siap diberi dan ditolong), Promoting (menampilkan strenght point secara jujur). Pertanyaannya adalah, “Am I a good friend in my community?” JLEB…. pertanyaan yang cukup menampar hati dan pikiran saya.

Dan tentu saja, setiap leader dalam sebuah komunitas pun belum bisa dikategorikan seperti di atas. Perlu adanya kerjasama yang baik antar sesama member lainnya, agar visi dan misi sebuah komunitas dapat teralisasikan dengan baik. Dan untuk menjadi teman yang baik dalam komunitas, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti hal-hal berikut :

1. Visi Misi Komunitas
Sebuah komunitas awalnya dibuat hanya untuk menyalurkan hobi dan berangkat dari seglintir orang. Namun dalam perjalannya, dengan semakin besarnya komunitas tersebut, maka harus ada sebuah visi dan misi kuat yang menjadi ciri khas dari komunitas tersebut.

2. Memahami ilmu Pertemanan (a good friend)
Berkumpul dalam sebuah komunitas dengan latar belakang yang berbeda-beda, tentu akan memunculkan segudang perbedaan, baik tujuan, pemikiran dan aksi. Untuk itu menjadi penting bagi semua orang yang tergabung dalam komunitas, agar bisa memiliki keahlian “mendengar”, menciptakan iklim positif, dan menguasai “seni berbicara dengan hangat”. Walaupun kenyataannya, semua orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Tapi di sinilah tantangannya. Sebuah komunitas akan semakin kuat jika mampu melewati sebuah proses kebersamaan yang dilandasi hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan.

Berangkat dari acara inilah, semua peserta yang hadir diminta untuk membuat sebuah quote dan note untuk komunitasnya masing-masing. Dan semua itu dirangkum dalam sebuah catatan indah melalui Fanpage Tabloid Nova. Silakan ditengok yaa.

Dan Surat cinta dari saya untuk KEB adalah sebagai berikut :

Dear Emak2 Blogger…

Jadikanlah ngeblog & menulis sebagai catatan sepanjang masa yang akan kita wariskan untuk anak-anak kita kelak. Tetaplah saling menginspirasi melalui tulisan. We’re together as a family “inspirasi perempuan, kami ada untuk berbagi”. (Mira Sahid – Emak2 Blogger)

Foto : Koleksi NOVA

Terima kasih untuk Tabloid Nova yang selalu melibatkan Kumpulan emak-emak blogger dalam berbagai kegiatannya. Semoga silaturahmi yang terjalin membawa berkah untuk kita semua. Amin.