Hobby yang dibayar? Yah, siapa yang tak senang jika hasil karyanya diapresiasi oleh orang? Terlebih lagi jika itu adalah salah satu dari hobi yang bisa mendatangkan bayaran dengan nominal yang fantastis, misalnya.

Meskipun dengan nominal standar sekali  pun pasti yang punya hobi itu bakalan senang dan makin semangat menekuninya apalagi jika bisa dijadikan sebuah pekerjaan sampingan atau bahkan bisa jadi pekerjaan utama, mungkin?

Belakangan, banyak yang telah menikmati berkah dari hobinya bahkan di antara kita pun sebagai blogger juga telah menikmati berkah dari hobi kita sendiri. The power of sosmed lah salah satu jalan pembukanya. Berikut beberapa hobby yang dibayar yang sedang marak-maraknya digeluti oleh banyak orang, antara lain:

  1. Menulis

Kata orang menulis itu proses mengungkapkan isi hati yang tidak bisa dituangkan secara langsung dengan lisan. Kadang orang lebih nyaman mengekspresikan perasaannya melalui tulisan, makanya tak jarang orang menyebut menulis itu sebagai self healing. Dengan menulis kita bisa bebas berekspresi sesuka kita. Di zaman sekarang, menulis pun tidak hanya terpaku pada kertas saja, media online telah menjadi salah satu wadah tempat orang bisa menulis, menuangkan ide, pendapat bahkan keluh kesahnya. Sebutlah saja pada blog, diari online. Dari kegiatan menulis inilah orang bisa menghasilkan karya: novel, puisi, artikel dan masih banyak lainnya.

  1. Memasak

Bagi sebagian orang khusunya wanita, memasak adalah kegiatan yang menyenangkan. Sebuah proses belajar dan bereksperimen terhadap suatu resep masakan. Belakangan banyak orang menjadikan memasak sebagai salah satu hobi yang bisa mendatangkan banyak manfaat buat dirinya. Mencoba resep tertentu, melewati proses trial and error dan ketika berhasil kemudian mempublikasikannya melalui media sosial, dapat respon dari banyak orang dan voila buka usaha kuliner.

  1. Fotografi

Hobi yang satu ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan kamera keren sekelas DSLR maupun kamera saku atau bahkan hanya dengan menggunakan kamera ponsel saja asalkan orang tersebut pintar memanfaatkan dan memaksimalkan apa yang dimilikinya maka hasilnya pun akan terlihat profesional. Saat ini banyak momen yang bisa ditangkap oleh kamera lalu kemudian dijadikan bahan untuk publikasi.

  1. Desain

Yang hobi corat-coret, saat ini bisa menjadi berbangga hati karena dengan membuat desain pakaian bisa banget dijadikan ‘ladang empuk’ untuk mendapatkan tambahan. Tinggal bagaimana memaksimalkan keahliannya saja. Apalagi saat ini trend fashion di kalangan masyarakat sangatlah beragam bahkan model yang telah lama berlalu pun kini hadir kembali.

  1. Craft

Membuat kerajinan tangan dari bahan baru maupun memanfaatkan bahan bekas juga menjadi salah satu hobi yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. Selain itu dengan memanfaatkan barang bekas sekali pun menjadi sesuatu yang baru, berarti orang tersebut juga telah membantu keberlangsungan hidup bumi kita yang tercinta ini.

Itulah beberapa hobi yang tanpa kita sadari dapat memberikan manfaat lebih buat diri kita. Tidak sekedar menyalurkan bakat ataupun kesukaan semata tapi dapat pula mendatangkan peluang usaha untuk diri sendiri maupun keluarga.

Gimana, Mak? Punya hobby yang sama juga? Atau punya pengalaman lain tentang hobby yang dibayar ini? Apapun hobi kita, mari maksimalkan kemampuan kita agar bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat juga buat orang lain. Syukur-syukur jika hobi itu bisa mendatangkan manfaat lebih juga buat kita dari segi ekonomi.

***

Hobby yang Dibayar merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Retno Marsuddi yang ditulis oleh Diah Halsa.

Diah, pengelola blog http://www.diahalsa.com/