Tak terasa sudah bulan November ya. Buat saya sebagai orang tua, artinya sudah mendekati bulan Desember, waktunya Ujian Akhir Semester (UAS) di sekolah anak saya, Fadel. Apa yang saya lakukan dalam mendampingi anak menghadapi ujian sekolah? Ini ceritanya.

Informasi mengenai ujian di sekolah Fadel, kami peroleh melalui surat resmi dari sekolah dan WhatsApp Group kelas Fadel.

Walaupun pihak sekolah Fadel aktif memberi informasi kepada orang tua siswa melalui grup Whatsapp, namun saya lebih sering berpura-pura gak tahu dan menunggu Fadel untuk bercerita bagaimana kegiatannya hari ini di sekolah, atau apa rencana kegiatan sekolah yang harus diikuti.

Kadang Fadel nggak serta merta bercerita kalau nggak dipancing dulu. Ya, setiap hari sambil santai menemani Fadel bermain sore, saya coba menyelipkan pertanyaan tentang kegiatannya selama di sekolah hari itu. Ini efektif untuk memberi kesempatan Fadel recalling apa aja pesan Ibu Guru di sekolah yang harus dikerjakan di rumah atau pesan yang harus disampaikan ke orang tua.

Menjelang jadwal ujian, saya biasanya menyiapkan beberapa strategi biar Fadel nggak bosan belajar. Terutama menjaga kondisi fisik anak, karena Desember biasanya udah musim hujan. Di Makassar, kadang setelah hujan deras disertai angin, tiba-tiba panas cerah, nggak lama kemudian, hujan lagi.

Inilah beberapa hal yang saya lakukan sebagai persiapan mendampingi anak menghadapi ujian sekolah agar anak bersemangat menyambut UAS:

Istirahat yang Cukup

Setiap menjelang ujian, saya selalu meminta Fadel untuk mengurangi bermain yang terlalu menguras energi, biar nggak kecapean. Mainnya di dalam rumah saja, yang tidak terlalu menguras energi. Tidur siang juga membantu Fadel lebih fresh untuk belajar di malam hari. Malamnya, belajar setelah sholat maghrib tapi juga nggak boleh begadang. Biar paginya nggak susah dibangunin. Mood pagi hari sangat mempengaruhi mood sepanjang hari. Begitu pula anak. Moodnya harus bagus saat pagi hari agar ujiannya lancar.

Metode Belajar yang Asyik

Fadel, tipikal anak yang aktif. Jadi susah kalau diajak duduk diam di meja belajarnya. Salah satu tips saya dalam mendampingi anak menghadapi ujian sekolah adalah mengenal cara belajar anak. Cara belajar yang cocok untuk Fadel adalah diajak diskusi tentang pelajarannya. Sebelum ngajak Fadel diskusi, saya harus membaca buku pelajaran Fadel terlebih dahulu. Biar nyambung sama materi yang akan diujiankan.

Atau memberikan tugas tertulis yang full colour ke Fadel, bikin dia semangat mengerjakan soal-soalnya. Intinya menciptakan suasana belajar yang menyenangkan tentunya bikin Fadel enjoy dalam belajar. Dan nggak perlu ada stress jelang ulangan. Hehehe..

Asupan Nutrisi

Sarapan adalah rutinitas wajib kami sekeluarga sebelum beraktivitas. Agar konsentrasi Fadel maksimal saat ujian, sarapan yang saya siapkan harus memenuhi kebutuhan nutrisinya. Fadel kurang suka minum susu di pagi hari. Jadi susu diberikan saat sore atau malam hari menjelang tidur.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Saat musim pancaroba seperti saat ini, penurunan sistem kekebalan tubuh bisa bikin kita jadi gampang sakit. Apalagi anak-anak, sangat rentan terhadap penyakit musim pancaroba seperti batuk dan pilek. Apalagi musim pancaroba biasanya berbarengan dengan musim UAS. Saya harus memutar otak bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh semua anggota keluarga di rumah. Mengkonsumsi sayuran, buah dan mengurangi junkfood juga terpercaya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika dibutuhkan, saya juga memberi asupan suplemen yang meningkatkan dan mempertahankan sistem imun alami tubuhnya tetap maksimal.

Tidak Menuntut Nilai Sempurna

Ini poin terakhir tapi dalem banget. Saat Fadel ujian, kami sebagai orang tua hanya berharap Fadel mengerti materi yang dia pelajari. Nggak menuntut nilai yang sempurna. Menuntut nilai sempurna hanya akan menambah stres anak menghadapi ujian. Jangan sampai ujian justru menjadi momok bagi anak hanya karena ekspektasi orang tua yang terlalu tinggi.

Teman-teman mungkin punya tips seru bagaimana mendampingi anak saat menghadapi ujian sekolah? Share yuk di kolom komentar ๐Ÿ™‚

Artikel Tips Mendampingi Anak saat Persiapan Ujian Sekolah ini adalah post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Susi Pudjiastuti yang ditulis oleh Ndy Pada.

Ndy Pada seorang ibu dengan satu orang putra bernama Fadel. Pemilik Blog www.ndypada.com, tinggal di Makassar dan bekerja di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).