Sekarang ini, makin marak berbagai jenis diet untuk kesehatan. Ada yang mengklaim bisa menurunkan berat badan sampai berpuluh kilo. Uwow, fantastis ya? Tetapi, butuh effort dan konsistensi tingkat tinggi untuk mendapatkan hasil yang menakjubkan itu. Ada yang harus puasa makan karbohidrat (diet keto) atau meniadakan penggunaan garam pada makanan yang dikonsumsi (diet mayo). Bagaimana sih diet sederhana yang menyehatkan itu?

Untuk bisa menjalani diet seperti itu, tidak semua mampu menjalaninya karena harus mengubah kebiasaan makan. Lidah dan fisiologis tubuh tidak serta merta dapat mengubah kebiasaan. Misalkan kita akan diet keto dan selama ini terbiasa makan nasi atau mie untuk makan besar. Maka, di awal diet pasti perjuangannya sangat luar biasa (aku sih bayanginnya saja nggak sanggup).

Lalu, seberapa perlukah kita menjalani diet? Sebetulnya, selama pola makan kita sehat, BMI (body mass index) normal, tak perlulah diet macam-macam. Yang penting, terapkan kebiasaan makan sehat agar tubuh juga sehat. Seperti apa kebiasaan makan sehat itu agar bisa menjalani diet sederhana?

  1. Makan dengan porsi tidak berlebihan

Makanlah secukupnya paling tidak 2 atau 3x sehari. Jangan lupakan sarapan karena stamina kita dalam sehari bergantung pada makanan saat sarapan. Bila ingin menjaga berat badan, makanlah dengan porsi secukupnya dan tahan godaan untuk menambah porsi makan. Perbanyak makan sayur supaya bisa kenyang lebih lama.

  1. Cukupkan konsumsi air putih

Minum air putih teratur sangat dianjurkan. Selain merehidrasi tubuh, minum air putih dipercaya dapat menunda lapar dan melarutkan racun yang mungkin terdapat di dalam tubuh kita.

  1. Hindari camilan tinggi gula dan lemak. Ganti dengan camilan buah.

Punya kebiasaan ngemil kripik, cookies, biskuit? Sebaiknya distop. Karena konsumsi makanan seperti itu bernilai kalori tinggi tetapi kurang bergizi. Bila diperparah dengan kurang gerak, maka bisa dipastikan berat badan akan bertambah dan tidak menutup kemungkinan terkena penyakit degeneratif. Ih, jangan sampai ya Maks.

  1. Perbanyak konsumsi serat

Porsi makan sayuran yang merupakan sumber serat adalah sebanyak 3-5 porsi. Hampir sama banyaknya dengan konsumsi makanan pokok (makanan kaya karbohidrat). Hal ini dikarenakan sayur merupakan sumber vitamin, mineral, dan juga serat. Konsumsi serat akan membuat perut kenyang lebih lama, dan tahukah Maks, serat ternyata berkhasiat menurunkan kolesterol lho.

  1. Kurangi minuman manis

Kumpul dan ngobrol bersama teman atau keluarga memang terasa menyenangkan, apalagi bila ditemani secangkir teh atau kopi manis. Tapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman manis ya, sebab minuman manis dapat meningkatkan konsumsi gula kita secara berlebihan. Apalagi buat yang suka minuman soda kemasan. Kadar gulanya tinggi sekali itu. Saat haus, sebaiknya konsumsi air putih saja. Karena konsumsi gula akan semakin tidak terkontrol bila kita minum minuman manis saat haus.

  1. Tidak makan setelah jam 6 sore

Konsumsi makan di malam hari dapatmenyebabkan tubuh lebih cepat gendut. Karena semakin dekat dengan jam tidur, akibatnya kalori dalam makanan yang kita makan tidak sempat dibakar untuk beraktivitas. Akibatnya, ya tertimbun di bawah kulit sebagai lapisan lemak. Jadi sebaiknya, makan sebelum ham 6 sore ya.

  1. Berpuasa

Berpuasa selain bernilai ibadah juga dipercaya menyehatkan tubuh. Saat berpuasa, tubuh akan mengalami detoksifikasi dan usus beristirahat. Dengan asupan sahur dan berbuka yang cukup (tidak berlebihan), dijamin akan menjaga tubuh tetap ideal.

Nggak susah kan diet itu sebenarnya? Nggak usah diet macam-macam, pola makan sehat juga termasuk diet sederhana juga kok. Salam sehat Mak!

 

***

Diet Sederhana yang Menyehatkan ini ditulis oleh Ardiba Sefrienda sebagai post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Anggun C. Sasmi.

Ardiba adalah pengelola blog www.ardiba.com. Seorang teknolog pangan yang sementara ini banting setir menjadi blogger dan bakul bahan pertanian.