Memilih lembaga pendidikan berkualitas untuk anak sekarang ini memang bukan pekerjaan mudah. Banyak pertimbangan yang harus dilakukan orangtua untuk memilih pendidikan yang terbaik bagi anak-anak. Apalagi ini akan menjadi bekal bagi kehidupannya kelak.Tentu nggak boleh sembarangan, dong. Mengapa orangtua pilah pilih sekolah untuk anaknya?

Tak hanya soal belajar semata, sekolah juga akan menjadi tempat bersosialisasi bagi anak-anak. Sebagian waktu anak-anak akan dilewatkan di sekolah, termasuk ketika anak sedang dalam usia emas, saat pertumbuhan dan perkembangannya sedang dalam masa terbaik.

Itulah salah satu alasan mengapa sangat penting menemukan sekolah yang tepat dan sesuai bagi anak-anak kita. Pilah pilih sekolah yang tepat diharapkan bisa membuat anak bisa belajar dan bersosialisasi dengan baik. Anak akan memiliki kecerdasan yang baik dan makin meningkat seiring pertumbuhannya.

Sekolah Negeri atau Sekolah Swasta?

 

Nah, agar tidak salah memilih sekolah anak, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan para orangtua saat pilah pilih sekolah!

  • Jenis Sekolah 

Ada beberapa jenis sekolah atau lembaga pendidikan di Indonesia yang berbasis agama, sekolah bertaraf internasional, sekolah negeri, sekolah swasta atau sekolah nasional plus. Semua lembaga pendidikan ini sama-sama menawarkan pendidikan berkualitas, namun pada fokus yang berbeda. Orangtua harus tahu kelebihan dan kekurangan dari setiap institusi pendidikan yang akan dipilih. Hal ini dilakukan agar kita sebagai orangtua menemukan lembaga pendidikan yang sesuai dan pas untuk kebutuhan anak.

  • Metode Pembelajaran Sekolah

 Metode pembelajaran satu sekolah dengan sekolah lainnya bisa berbeda. Ini juga musti diketahui para orangtua, terutama jika berniat untuk menyekolahkan anak di sekolah swasta. Bahkan, bisa saja metode belajarnya diadopsi dari luar negeri. Pastikan kita sebagai orangtua tahu secara rinci tentang metode belajar yang diterapkan di sekolah agar bisa mempertimbangkan kesesuaiannya dengan anak kita.

  • Bahasa Pengantar di Sekolah

Banyaknya program yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan menuntut orangtua untuk lebih selektif dan benar-benar memahami karakter anak. Sebagian anak memang memiliki kemampuan cepat dalam menyerap bahasa asing, sehingga ia tidak mengalami kesulitan mengenal bahasa asing. Tapi belum tentu sebagian lainya.

Banyak juga anak yang kesulitan menyimak atau memahami bahasa asing. Ini bisa mengakibatkan kualitas belajar anak menjadi turun karena bahasa pengantar yang dipakai tidak dapat dipahami oleh anak tersebut. Untuk mendapatkan pendidikan berkualitas maka perhatikan pula bahasa pengantar yang dipakai pengajar. Sesuaikan dengan kemampuan anak agar mendapat pendidikan yang efektif dan berkualitas.

  • Jarak Sekolah

Untuk mendapatkan pendidikan berkualitas selain meninjau dari kurikulum orangtua juga wajib memperhatikan kondisi fisik anak. Jarak dari rumah ke sekolah juga wajib dipertimbangkan karena berpengaruh terhadap kondisi fisik anak. Anak yang lelah fisiknya biasanya tidak fokus mengikuti pembelajaran di kelas. Akibatnya pelajaran yang harusnya didapat tidak bisa diserap dengan maksimal.

  • Situasi dan Kondisi Lingkungan Sekolah

Situasi dan kondisi lingkungan proses sekolah sangat mempengaruhi kualitas pendidikan siswa. Fasilitas dan sarana prasarana yang tidak memadahi bisa menyebabkan terhambatnya perkembangan pendidikan dan menurunnya kualitas belajar. Penting bagi orangtua untuk memilihkan sekolah yang memiliki lingkungan nyaman dan aman untuk anak. Kebersihan lingkungan sekolah dan fasilitas di dalamnya juga patut dicermati dengan baik. Hal ini tak hanya akan memengaruhi kualitas belajar anak tetapi juga kesehatannya.

  • Besaran Biaya Sekolah 

Biaya sekolah juga wajib dievaluasi oleh para orangtua. Biasanya biaya pendidikan yang mahal berpengaruh terhadap kualitas pendidikan yang diberikan. Tapi kita juga harus tahu, tak selalu harus membayar mahal untuk mendapatkan pendidikan berkualitas bagi anak. Masih banyak sekolah  yang memberikan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau. Sebagai orang tua, kita harus bijak memilih lembaga pendidikan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.

  • Reputasi Sekolah

 Sistem pendidikan berkualitas biasanya bisa dilihat dari seberapa bagus reputasi sekolah. Reputasi sekolah ini dapat diamati dari seberapa banyak prestasi akademik dan non akademik yang telah dicetak oleh sekolah. Bisa juga dilihat dari seberapa bagus kualitas alumninya. Bagaimana pun juga kita tentu tidak ingin menyekolahkan anak di sekolah yang memiliki reputasi buruk, kan?

  • Kemampuan Tenaga Pengajar di Sekolah

 Sekolah terbaik tentu akan memiliki tenaga pengajar yang berkualitas baik dan memiliki kemampuan akademik yang memadai. Tak hanya memiliki kemampuan mengajar saja, tetapi juga kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi. Mengingat guru akan menangani banyak siswa sekaligus dalam kelasnya. Ini wajib dicermati dengan baik karena hal ini akan sangat menentukan kualitas belajar si kecil selama di sekolah nanti.

Pendidikan anak merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita siapkan dengan baik dan terencana. Untuk memilih sekolah terbaik, mulailah untuk mengumpulkan informasi yang akurat tentang lembaga pendidikan yang akan dipilih sejak awal. Pastikan kita menyediakan waktu dan perhatian khusus untuk hal ini. Dengan begitu, anak-anak kita akan mendapatkan pendidikan terbaik di sekolah yang tepat.

***

Pilah Pilih Sekolah Untuk Anak? Ini Tipsnya! merupakan post trigger pertama #KEBloggingCollab untuk kelompok Dian Pelangi, yang ditulis oleh Ika Puspita.

Ika Puspita, emak blogger yang tinggal di Semarang, pengelola blog http://www.bundafinaufara.com