Ada yang suka kemangi? Yakin nggak suka? Atau baru nyium baunya sudah angkat tangan? Saya sih yakin kalau daun kemangi ini jadi salah satu lalapan yang wajib ada saat menikmati menu ayam goreng.

Selain untuk lalapan, ternyata kemangi juga nggak kalah sedap saat diolah. Untuk campuran masakan berkuah, bersantan, sambal, 3 bumbu dasar dan juga bumbu kuning. Salah satu menu andalan ibu yang selalu saya ingat sampai sekarang adalah lele masak santan kemangi.

Mau tau nggak aroma kemangi ketika dimasukkan di masakan yang sedang kita masak? Harumnya melebihi campuran daun salam, jeruk dan sereh ketika dimasukkan ke dalam masakan bersantan. Nggak percaya?  Mari kita coba bersama-sama masak dua menu andalan ibu yang sudah sering saya masak. Kalau menunya bikin ketagihan atau minimal boros nasi, saya angkat tangan ya mak, hahaha.

Bumbu Simpel vs Kemangi

Percaya nggak, dengan bumbu dasar simpel aja kita sudah bisa menikmati hidangan yang nikmat. Beberapa waktu yang lalu, saya masak lele santan kemangi cuma dengan 3 bumbu dasar saja. Iya 3 bumbu dasar. Bawang merah, bawang putih dan kemiri. Diuleg, ditumis, dikasih air, gula, garam, kaldu, santan, ikan lele goreng, tahu dan kemangi. Alhamdulillah enak, nikmat dan ludes sampai kepala ikan lelenya lho, hahaha.

Simpel kan bumbu dasarnya? Ayo, dicoba mak.

Nah, yang ini pun bumbunya tergolong simpel juga. Bumbu kuning yang biasanya untuk opor, tapi beberapa bumbunya saya skip. Namanya juga emak nggak mau ribet masak tapi hasil enak hehehe. Jadinya enak banget, nggak bakal bosen sama menu ini. Anak saya (2 tahun 3 bulan) aja suka banget kalau saya masak ini, makannya ikut lahap juga lho.

Yuk, ah mak dicoba.

 

Daun Kemangi

Pindang Masak Kuning Kemangi

Bahan :

5 ikan pindang tongkol sedang, belah jadi 2, goreng

Kemangi secukupnya (segenggam)

Minyak goreng secukupnya

Tomat,iris tipis

Gula, garam, kaldu bubuk (optional) secukupnya

Bumbu uleg :

8 bawang merah

4 bawang putih

1 cm kunyit

2 kemiri

2 cabe merah

3 cabe rawit.

Cara membuat :

Tumis bumbu halus, tomat, tambahkan gula,garam dan kaldu bubuk. Masukkan ikan dan kemangi, aduk rata. Jika sudah matang,angkat.

Santan vs Kemangi

Kalau di rumah ada menu bersantan dikasih kemangi, siap-siap harus sedia kerupuk. Cocok banget rasanya kalau makan menu ini cuma pakai nasi dan kerupuk. Aduh, dijamin nambah deh. Biasanya saya sering mengolah ikan mujaer, ikan mas, dan ikan lele untuk menu santan kemangi. Tapi, ayam juga nggak kalah enak dimasak santan kemangi. Tetap sedap, nikmat dan mantap.

Daun Kemangi

Ayam Masak Santan Kemangi

Bahan :

4 potong sayap,goreng setengah matang

3 buah tahu,belah 2,goreng setengah matang

1 lembar daun salam

2 lembar daun jeruk

1 sereh,geprek

2 cabe hijau,iris serong

1 saset santan kara

Air 2 gelas

Gula, garam, merica secukupnya

2 sdm minyak goreng

Kemangi secukupnya

Bumbu uleg kasar :

7 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

2 cabe rawit

1 cm kunyit

Cara membuat :

Tumis bumbu uleg, cabe hijau, daun salam, jeruk, sereh sampai harum. Masukkan air, gula, garam dan merica secukupnya. Masukkan tahu, ayam, tunggu sampai air mendidih. Masukkan santan dan kemangi, jika sudah matang, angkat sajikan.

Dulu, saya kira daun kemangi hanya untuk lalapan saja. Tapi setelah menjadi ibu rumah tangga, mengingat masakan yang sering ibu masak di rumah. Saya jadi sering mencoba bereksperimen bagaimana agar menu yang saya masak untuk keluarga nggak itu-itu mulu, nggak itu-itu lagi. Ya salah satunya mengolah daun kemangi menjadi masakan yang sedap, nikmat, menggugah selera dan selalu menjadi menu permintaan suami ketika saya minta usulan menu.

Emak sekalian punya olahan favorit dari daun kemangi? Atau masakan favorit yang mudah diolah dan menggugah selera?

***

Kemangi, Olahan yang Sedap dan Menggugah Selera merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Anggun C. Sasmi, yang ditulis oleh HM Zwan.

HM atau Hana M Zwan, emak blogger yang tinggal di Subang, sering berbagi resep masakannya di blog:

http://www.hmzwan.com/

Twitter : @hmzwan

Instagram : @hm_zwan