Dalam suatu blog, selain tulisan yang menarik dan berbobot kita memerlukan foto atau infografis untuk mendukung satu blog post agar  tampilan blog lebih menarik. Tetapi kadang kala foto-foto ini masih terupload secara apa adanya. Ukuran tak menentu, teks yang digunakan pada foto pun berbeda-beda tiap postingan. Sehingga blog post kita terlihat tidak konsisten.

Saya biasanya menggunakan aplikasi adobe photoshop untuk mengedit foto, mengubah ukuran dan menambah watermark. Tapi masih banyak emak blogger yang mengaku tidak suka menggunakan photoshop. Ada yang alasannya tidak menguasai, ada pula yang malas karena harus membuka aplikasi tersebut.

Baiklah, Maks. Sekarang kan sudah tersedia berbagai aplikasi yang lebih mudah digunakan, maka ayo kita manfaatkan dan jangan malas lagi, buat tampilan blog lebih menarik. Salah satu software online terngehits untuk desain grafis mudah yang sering digunakan para blogger adalah Canva. Melalui platform canva.com, emaks bisa mendesain apapun termasuk foto atau infografis untuk blog. Jangan lupa sign up dulu ya untuk dapat menikmati keseruan mendesain di canva.

Canva menyediakan berbagai template desain yang bisa kita pakai secara gratis. Mulai dari template media sosial, kartu undangan, tiket, selebaran, website/blog dan masih banyak lagi.  Setelah sign up dan login emaks akan menghadapi banyak pilihan template. Langsung saja diklik template yang diinginkan atau gunakan dimensi khusus dengan memasukkan ukuran gambar yang dikehendaki. Pada setiap template emaks bisa menggunakan foto yang sudah disediakan maupun foto milik sendiri—tinggal upload.

So, sebagai blogger apa  saja yang bisa kita buat dengan Canva agar tampilan blog lebih menarik?

 

Tampilan Blog Lebih Menarik

Blog Header

Emaks tentu tahu kan bahwa header blog bisa diganti dengan image selain dari bawaan theme blog kita. Jika selama ini belum menemukan header blog yang emaks banget, cobalah bereksperimen. Blog header biasanya cenderung berukuran wide, emaks bisa pilih template Facebook cover yang ukurannya cukup mendekati dan ketika nanti diupload di blog bisa menyesuaikan dengan fitur cropping yang tersedia.

Setelah pilih template Facebook cover langkah berikutnya adalah memilih gambar yang diinginkan beserta dengan teksnya. Tentunya gambar menyesuaikan dengan tema atau niche blog. Kemudian teks bisa diganti sesuai keinginan atau bahkan dihapus sekalian. Selain gambar yang tersedia gratis ada juga yang berbayar, rata-rata harganya $1. Tapi pakai yang gratisan saja sudah keren kok.

Jika sudah selesai bisa didownload dengan pilihan file JPG, PNG atau PDF. Untuk upload di blog sebaiknya pilih JPG atau PNG, namun canva sendiri lebih menyarankan PNG.

Blog Title

Blog title atau feature image akan mewakili isi dari suatu blog post. Ternyata blog yang menggunakan feature image kelihatan lebih rapi dan terstruktur. Gambarnya bisa ditambahkan dengan teks berupa quotes ataupun judul itu sendiri. Emaks masih bisa menggunakan template Facebook cover untuk membuat blog title. Atau jika theme di blog emaks blog titlenya lebih besar maka bisa menggunakan tombol “gunakan dimensi khusus”.

 

Fonts untuk Mempercantik Tampilan Blog

Photo Content

Untuk konten foto emak bisa menggunakan template blog banner atau template lain yang ukurannya paling cocok dengan blog. Teks pada gambar selain bisa diganti kalimatnya, juga bisa diganti fontnya. Di canva, terdapat cukup banyak font yang keren dan tidak biasa, loh.

Agar teks mendapatkan kesan highlight emaksbisa menambah elemen berupa kotak, lingkaran atau segitiga sebagai latar antara teks dengan gambar. Elemen ini bisa disesuaikan tingkat transparansinya, agar gambar tidak sepenuhnya tertutupi.

Infografis

Terkadang kita butuh lebih dari sekedar kata-kata untuk menjelaskan sesuatu, misalnya dengan gambar. Penjelasan secara visual dapat membuat pembaca lebih mudah memahami. Misalnya saja cara mengoperasikan suatu produk elektronik yang sedang direview. Makanya infografis menjadi penting akhir-akhir ini.

Coba emak berselancar di pinterest tentang infografis, pasti akan banyak menemukan contoh infografis keren. Mungkin sudah saatnya juga emaks mencoba membuat infografis sendiri dengan Canva. Langsung saja pilih template grafis pinterest dan temukan beragam grafis yang bisa diedit sedemikian rupa. Salah satu contohnya seperti gambar berikut ini.

 

Tampilan Blog Lebih Menarik

Watermark

Emaks yang suka fotografi dan memiliki foto yang cukup bagus atau bahkan sangat bagus ada baiknya membubuhi foto dengan watermark. Gunanya sebagai tanda kepemilikan agar foto tersebut tidak dicuri orang lain. Caranya cukup mudah, tinggal tambahkan teks pada foto milik emaks dengan font yang unik. Watermark bisa berupa nama pemilik foto atau nama akun social media, biasanya akun Instagram.

Atau untuk watermark yang lebih unik emaks bisa klik template logo dan memilih bentuk logo yang diinginkan. Kemudian simpan file PNG format dengan background transparan agar ketika digabungkan dengan foto, logonya tidak ada background warna putih. Watermark juga bisa diatur tingkat transparansinya agar tidak mengganggu keindahan foto yang sebenarnya.

Itu dia maks, kegunaan dari software online bernama Canva. Pada software lain mungkin emaks akan menemukan hal-hal serupa. Selain yang sudah saya sebutkan di atas emaks juga bisa membuat banner untuk sidebar, profile photo yang kece dan masih banyak lagi. Selain bisa diakses pada browser melalui laptop, canva juga tersedia aplikasi untuk smartphone dengan cara pakai yang sama mudahnya.

Jangan lupa catat nama template yang sekiranya sesuai dengan blog emaks, supaya besok-besok kalau mau buat lagi bisa mengacu pada ukuran desain sebelumnya. Dengan begini semua foto ilustrasi dan desain grafis akan memiliki ukuran dan taste yang sama.

Selamat mencoba ya, Maks.

***

Tampilan Blog Lebih Menarik dengan Infografis merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Siti Nurbaya yang ditulis oleh Dzulkhulaifah Rahmat.

Dzulkhulaifah Rahmat, emak blogger yang akrab disapa dengan nama Eva, tinggal di Tangerang dan menulis di blog http://www.youngesteight.com