Terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan, memberikan dampak buruk bagi kesehatan kulit terutama wajah. Paparan polusi dan sinar ultra violet membuat kulit semakin kusam, dekil, rusak, dan tidak sehat. Kulit putih alami, sehat dan cerah pun menjadi dambaan. Tapi, bagaimana cara memutihkan wajah secara alami dan sehat?

Salah satu cara memutihkan wajah secara alami yang biasa kita lakukan adalah dengan mengaplikasikan produk kecantikan yang mengandung pemutih. Akan tetapi, tidak semua krim pemutih yang dijual di pasaran aman untuk digunakan. Bahkan, beberapa di antaranya kadang mencampurkan bahan berbahaya seperti merkuri untuk mempercepat hasilnya. Namun hal tersebut pastinya sangat berbahaya untuk kulit kita kan.

Baca Yuk: Perawatan untuk Muka Berjerawat 

Nah, Mak, mau tahu nggak sih gimana cara yang lebih aman untuk melakukan perawatan dan membuat kulit wajah lebih putih? Ada memang? Ada dong.

Cara paling tepat dan aman untuk mendapatkan kulit putih alami adalah dengan membuat sendiri krim pemutih dengan bahan-bahan alami. Nah, kalau begini kan sudah pasti aman, ya kan, Mak?

Jadi, yuk, bikin masker pencerah kulit dengan berbagai bahan alami. Bagaimana caranya dan bahannya apa saja ya kira-kira?

 

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker yang Bisa Kita Buat Sendiri

1. Masker Pepaya dan Madu

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker yang Bisa Kita Buat Sendiri

 

Masker pertama yang bisa Emak coba adalah masker buah pepaya dan madu. Buah pepaya mengandung enzim papain dan alpha hydroxyl acids yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang membuat kulit tampak kusam. Sedangkan madu memiliki kandungan antibakteri yang dapat melindungi dan menjaga kelembapan kulit kita.

Untuk membuat masker tersebut kita cukup menyediakan 2 bahan, yaitu:

  • ½ cup buah pepaya yang sudah dihancurkan
  • 1 sendok teh madu alami

Cara membuatnya pun sangat mudah, Mak:

  • Ambil buah pepaya yang sudah dihancurkan dan campurkan dengan madu.
  • Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata dan memiliki tekstur yang lembut.
  • Oleskan masker yang sudah siap tersebut ke seluruh wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Setelah 20 menit, bersihkan sisa masker di wajah dengan air hangat agar sisa kotoran terangkat sempurna.
  • Yang terakhir, ulangi bilas dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori wajah dan lanjutkan keringkan dengan handuk bersih.
  • Lakukan penggunaan masker pepaya tersebut setiap malam sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal.

 

2. Kulit Jeruk Kering dan Yoghurt

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker yang Bisa Kita Buat Sendiri

 

Selama ini kulit jeruk hanya dianggap sebagai sampah yang tidak ada gunanya lagi. Namun, tahukah Emak, bahwa kulit jeruk kering bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pencerah kulit secara alami?

Selain buahnya, kulit jeruk ternyata juga kaya akan kandungan vitamin C yang bagus untuk membantu proses depigmentasi kulit secara alami. Untuk membuat masker kulit putih alami dari kulit jeruk ini, Emak perlu menyiapkan beberapa bahan, yaitu :

  • Beberapa potong kulit jeruk
  • 1 sendok makan yoghurt tanpa rasa

Cara membuat masker pemutih wajah dengan kulit jeruk dan yoghurt:

  • Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari selama 2 – 3 hari.
  • Setelah kering, ambil beberapa bagian kulit jeruk tersebut dan hancurkan sampai menjadi bubuk yang halus.
  • Campurkan 1 sendok makan yoghurt tawar pada bubuk kulit jeruk, lalu aduk sampai berubah menjadi pasta yang lembut.
  • Oleskan pasta tersebut ke kulit dan wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 15 – 20 menit.
  • Setelah kering, bilas dengan air hangat untuk membersihkan sisa masker di kulit.

 

3. Masker Tomat, Yoghurt, dan Oatmeal

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker yang Bisa Kita Buat Sendiri

 

Kandungan likopen dalam buah tomat, memiliki sifat photoprotective yang dapat melindungi kulit dari penuaan dan mencegah berbagai masalah kulit lainnya. Selain itu, menurut studi Germanic, kandungan likopen dalam tomat juga berfungsi melindungi kulit dari bahaya kanker juga lo, Mak. Sedangkan oatmeal  kaya akan exfoliant yang berfungsi untuk melembutkan dan meningkatkan kesehatan kulit.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan tomat, yoghurt, dan oatmeal ini juga gampang banget kok. Siapkan dulu bahannya, Mak:

  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh yoghurt tawar
  • 1 sendok teh oatmeal

Cara membuat masker tomat, yoghurt, dan oatmeal:

  • Potong tomat menjadi beberapa bagian kemudian ambil airnya sebanyak 2 sendok teh.
  • Ambil satu sendok teh outmeal dan letakkan di dalam mangkok kemudian campukan dengan jus tomat dan yogurt tawar dan aduk sampai rata.
  • Oleskan campuran bahan tersebut ke kulit dan wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.
  • Gunakan masker ini 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

4. Masker Susu, Lemon, dan Madu

 

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker yang Bisa Kita Buat Sendiri

 

Buah lemon kaya akan vitamin C yang terbukti bisa mencerahkan kulit dan mengurangi produksi pigmen melanin yang menyebabkan flek hitam di kulit wajah. Sedangkan, susu dan madu membantu melembapkan dan mencerahkan kulit secara alami.

Untuk membuat masker ini, Emak perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan berikut:

  • 1 sendok makan susu segar
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 1 sendok makan madu

Cara membuat masker susu, lemon, dan madu:

  • Campurkan semua bahan tersebut dalam mangkok dan aduk sampai merata dan berubah menjadi pasta lembut
  • Oleskan masker tersebut ke wajah secara merata dan diamkan dengan 20 menit
  • Setelah kering bilas dengan air hangat sampai bersih
  • Gunakan masker ini setiap hari sebelum tidur untuk hasil maksimal

 

5. Masker Kentang

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa kentang kaya akan vitamin C dan juga antioksidan. Kedua kandungan tersebut ternyata mampu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak lebih putih alami.

Untuk membuat masker ini, Emak cukup menyediakan satu buah kentang.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan kentang adalah sebagai berikut:

  • Kupas kentang dan potong tipis menjadi beberapa bagian.
  • Ambil satu bagian kentang dan gosokkan pada bagian yang terlihat kusam.
  • Diamkan 15 – 20 menit sampai cairan yang keluar dari kentang tersebut mengering lalu bilas dengan air sampai bersih.
  • Ulangi penggunaan kentang ini sekitar 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

6. Masker Beras dan Susu

 

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Masker yang Bisa Kita Buat Sendiri

 

Sudah sejak zaman dahulu, air cucian beras dan tepung beras digunakan banyak wanita di Asia untuk merawat kecantikan kulit mereka. Sebuah penelitian membuktikan bahwa beras dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV sekaligus mengatasi masalah penuaan. Sedangkan susu membantu melembapkan dan menutrisi kulit agar tetap sehat.

Untuk membuat masker ini, Emak cukup menyiapkan:

  • ½ cup beras
  • 3 – 4 sendok makan susu

Cara membuat masker beras dan susu:

  • Giling beras untuk mendapatkan tepung yang lebih halus
  • Campurkan tepung beras yang sudah halus dengan susu dan aduk sampai rata dan berubah menjadi pasta yang lembut
  • Oleskan pasta tersebut ke kulit dan wajah secara mata dan diamkan selama 20 – 30 menit
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih
  • Lakukan sekitar 2 – 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal

 

Itulah beberapa cara memutihkan wajah secara alami yang bisa kita buat sendiri di rumah, Mak.

Selain alami, masker-masker tersebut juga aman untuk kulit dan tubuh. Yang paling penting, bahan-bahan tersebut juga tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Jadi kalau ada yang alami dan bisa bikin sendiri di rumah, kenapa harus beli pencerah kulit mahal yang belum tentu aman untuk kulit kita? Betul kan, Mak?