Setiap orang, terutama perempuan, pasti mendambakan memiliki kulit yang sehat dan cantik. Berbagai macam cara dilakukan untuk memiliki kulit tersebut. Mulai dari perawatan tradisional ataupun perawatan mahal ala klinik-klinik kecantikan modern, yang rela dilakukan demi impian tersebut. Padahal ya, dengan melakukan sendiri perawatan wajah secara alami sebelum tidur di rumah secara rutin, kulit sehat alami bisa diraih.

Terdengar sepele memang, tapi itu benaran lo. Siapa nih Emak yang rajin melakukan rutinitas sebelum tidur?

Perawatan kulit dan tubuh yang mahal akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan kebiasaan merawat kulit sendiri di rumah. Salah satu adalah rutinitas yang tak boleh sampai dilewatkan adalah perawatan wajah secara alami sebelum tidur. Walaupun terdengar sepele, nyatanya manfaatnya sangat besar loh untuk kecantikan Emak sekalian.

Berikut ini 8 perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang harus dilakukan jika Emak ingin memiliki kulit sehat, cantik, dan alami.

 

8 Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur Agar Kulit Sehat dan Cantik

 

1. Bersihkan Makeup Sebelum Tidur

Agar terlihat lebih menarik, banyak wanita yang menggunakan makeup untuk menunjang penampilan mereka. Ya, sudah bukan rahasia lagi, jika wanita memang susah dipisahkan dengan makeup.

Tetapi, kebiasaan menggunakan makeup tebal bisa berdampak bagi kulit wajah lo, Mak, apalagi jika tidak dibarengi dengan perawatan yang benar. Salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan rutin membersihkan makeup setelah selesai beraktivitas atau sebelum tidur.

Kita bisa memulai membersihkan sisa riasan di wajah dengan makeup remover. Setelah itu barulah dibilas dengan sabun cuci muka untuk menghilangkan sisa makeup yang mungkin masih tertinggal.

 

2. Memakai Toner dan Krim Wajah

Setelah kulit wajah bersih dari sisa makeup, langkah perawatan wajah secara alami sebelum tidur selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memakai toner dan krim wajah secara merata. Kedua produk ini akan membantu kulit Emak tetap sehat, dan pastinya menutrisi kulit juga.

Pastikan Emak memilih toner dan krim wajah yang sesuai dengan karakter kulit muka ya. Jangan sampai memakai toner dan krim wajah yang salah, karena justru bisa merusak kulit wajah.

 

3. Memakai Krim Mata

Nggak mau saat bangun tidur, Emak melihat kantung mata bergelayutan di wajah kan? Sudah pasti akan sangat mengganggu penampilan. Yuk, antisipasi, Mak!

Salah satu cara untuk mengurangi kantung mata adalah dengan rutin menggunakan krim mata sebelum tidur.

Krim tersebut akan membuat mata lebih rileks sehingga saat bangun tidur mata kita jadi segar dan pastinya terhindar dari para panda yang bergelayutan itu.

Baca yuk: Cara Jitu Menghilangkan Kantung Mata 

 

4. Memakai Hand Cream

Nah, ini salah satu dari 8 perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang banyak disepelekan kaum hawa.

Hampir sebagian besar perempuan hanya fokus mempercatik kulit wajah dan akhirnya melupakan bagian tubuh yang lain. Alhasil wajahnya saja yang terlihat segar sedangkan bagian yang lain kusam. Udah kayak zebra aja ya, Mak, belang-belang.

Selain wajah, kulit tangan juga harus dirawat lo, yerutama yang sering beraktivitas di luar ruangan. Paparan matahari, polusi dan debu bisa membuat kulit tangan kusam dan terlihat tidak sehat.

Salah satu cara untuk merawat kulit tangan adalah dengan rutin memakai hand cream saat malam hari sebelum tidur. Krim tersebut akan membantu menutrisi dan meregenarasi kulit tangan sehingga terlihat segar dan pas pasti bebas kusam. Malu kan ya, jika harus berjabat tangan dengan orang penting terus kulit tangan kita kusam dan dekil.

 

 

8 Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Cantik

 

5. Oleskan Petroleum Jelly pada Telapak Kaki

Terlalu sering menggunakan sepatu atau high heels, kadang membuat tumit menjadi kasar dan pecah-pecah. Bila terus dibiarkan, hal tersebut bisa mengurangi kesehatan kulit karena bisa menjadi jalan masuk bagi kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Untuk menjaga agar telapak kaki selalu sehat dan bebas pecah-pecah, salah satu caranya adalah dengan rajin mengoleskan petroleum jelly secara menyeluruh sesaat sebelum tidur. Gel tersebut akan membantu kulit telapak kaki selalu lembap sekaligus menutrisi juga.

Dengan begitu, bye bye tumit pecah-pecah dan selamat datang tumit halus dan kenyal. Makin pede aja kan memakai high heels dan sepatu terbuka kalau kaki cantik mulus begini, Mak?

 

6. Mengikat Rambut

Banyak yang mengira bahwa tidur yang baik adalah dengan rambut terurai. Padahal, faktanya, rambut yang dibiarkan terurai saat tidur akan lebih cepat rusak dan pastinya sangat kusut pada saat bangun tidur lo, Mak.

Selain itu, bagi Emak yang memiliki tipe rambut berminyak, tidur dengan rambut terurai bisa membuat minyak dan kotoran yang ada di rambut berpindah ke kulit wajah lo. Hal inilah kadang tanpa disadari memunculkan jerawat.

Maka dari itu, pastikan sebelum tidur, jangan lupa  untuk menyisir dan mengikat rambut ya. Tetapi jangan terlalu kencang menyisirnya. Cukup sampai rambut idak berantakan saja. Tidur dengan rambut terikat juga bisa mengurangi kemungkinan rambut rontok saat tidur.

 

7. Tidur Cukup

Bagi orang dewasa, waktu tidur yang ideal adalah sekitar 6 – 8 jam setiap hari. Waktu tidur ini harus terpenuhi karena tubuh memerlukan waktu yang cukup untuk beristirat dan meregenerasi sel agar tubuh selalu fit dan sehat.

Waktu tidur yang kurang, akan membuat kulit wajah jadi tampak kusam, dan juga menimbulkan kantung mata yang pastinya sangat menganggu penampilan. Jadi mulai sekarang, usahakan untuk tidur cukup ya? Jangan terlalu sering begadang karena berbahaya untuk kesehatan dan juga kecantikan.

 

8. Menggosok Gigi

Satu lagi yang paling penting dilakukan sebelum tidur adalah menggosok gigi. Hal ini wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan mulut dan gigi. Jika mulut dan gigi sehat, senyum indah menawan bukan impian lagi bukan?

Pada saat malam hari, kuman dan bakteri di dalam mulut dan gigi berkembang lebih cepat daripada lainnya. Jika hal tersebut dibiarkan bisa membahayakan kesehatan seperti gigi berlubang dan sawiawan.

Maka dari itu, menggosok gigi sebelum tidur harus dijadikan sebagai kebiasaan baik. Nah, agar lebih maksimal setelah menggosok gigi bisa melanjutkan dengan berkumur dengan cairan cuci mulut.

 

Nah, Emak, itulah 8 perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang bisa dilakukan sehari-hari.

Selain melakukan ritunitas tersebut, memperbanyak minum air putih, olahraga, dan juga menjaga pola makan yang baik, bisa memengaruhi kecantikan dan kesehatan kulit lo.

Jadi, mau cantik, Mak? Ya, jangan malas deh yuk!