Emak-emak blogger yang sering mendapat undangan press conference atau event pasti mendapatkan lembar print out press release kan? Nah, kalau sudah menumpuk dan tidak tahu mau diapakan, jangan dibuang ya. Karena lembaran press release itu bisa dijadikan manik-manik dari kertas yang imut. Bagaimana caranya? Mak Lusi Tris, menjelaskan proses pembuatannya manik-manik imut itu dengan detail, dibaca tuntas ya.

Press Release Jadi Manik-Manik dari Kertas

Sebenarnya saya sering berpikir, kalau undangan press conference atau event itu selalu melalui email, mengapa press release tidak dikirim lewat email juga? Ketika kita harus sudah mulai mengurangi konsumsi kertas demi kelestarian lingkungan, press conference adalah salah satu kegiatan yang belum terlalu menerapkan paperless.

Selama saya ikut event kesana kemari, tidak lebih dari 5 jari tangan kanan saya itulah yang press release-nya sudah melalui email.

Mungkin saja panitia acara takut peserta tidak datang jika press release sudah dikirim melalui email. Acara jadi sepi, deh. Tapi jika peserta adalah dari media dan blogger, sebenarnya hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Yang mereka cari bukan hanya latar belakang acara tapi juga jalannya acara dan dokumentasinya. Lagipula ada daftar registrasi kedatangan jika panitia menyediakan cendera mata. Press release via email juga memberikan kesempatan pada peserta untuk mempelajarinya lebih dulu dan menyiapkan pertanyaan jika ada.

Manik-manik dari kertas bekas ini bukan hal baru, sudah banyak di internet.

 

Manik-manik dari Kertas

 

Setelah manik-manik dari kertas print out press release dirangkai, ada yang dijadikan kalung, gelang dan anting, bahkan tasbih. Jika kreativitas tinggi, bisa dijual juga dong.

Nanti kita akan sama-sama praktik dasarnya saja. Pengembangannya silakan teman-teman berkreasi. Sebagai adaptasi dari berbagai tutorial yang ada di internet, utamanya youtube, saya akan menyesuaikan peralatan dengan yang ada di sekitar kita untuk menunjukkan bahwa merecycle benda bekas itu tidak ribet dan tidak malah menambah biaya.

Baca ini yuk: Memanfaatkan Goodie Bag

Alat dan Bahan Membuat Manik-manik dari Kertas

  1. Kertas

Bahan utama tentu saja kertas print out press release sesuai dengan judul artikel ini. Itu berarti bukan kertas kosong. Apakah nanti akan dicat atau tidak, itu terpulang pada selera emak-emak, ya. Ada juga kok yang malah suka tampilan aslinya yang hitam putih penuh dengan huruf-huruf.

  1. Tusuk Gigi

Ini adalah ide saya untuk menggantikan alat untuk menggulung kertasnya. Jika emak melihat video youtube asing, ada alat khusus untuk menggulung kertas. Alatnya sederhana sih, berupa stik yang tengahnya ada celah untuk memasukkan ujung kertas. Kalau mau bikin sendiri bisa sih, dari bilang bambu yang tengahnya dibelah sedikit. Berhubung bilah bambu juga tak punya, ya sudahlah pakai tusuk gigi saja. Saya pernah melihat ada yang menggunakan pensil juga tapi menurut saya lubang yang dihasilkan terlalu besar. Mungkin teman-teman bisa juga menggunakan tusuk sate.

  1. Gunting Kertas
  2. Lem Kertas

Untuk lem, bebas saja asal bisa mempertahankan bentuk gulungan. Lebih bagus lagi kalau dilapis lem putih.

  1. Cat

Saya menggunakan cat akrilik milik anak saya. Emak bisa menggunakan cat lain yang ada dirumah, misalnya cat semprot, cat kayu atau cat tembok. Cat air bisa dicoba tapi mungkin jangan terlalu cair agar warnanya bisa lebih solid.

Cara Membuat Manik-manik dari Kertas yang Imut

 

  1. Gunting kertas mengikuti pola foto di bawah ini.

 

Manik-manik dari Kertas

Sebenarnya saya tidak pernah menggaris seperti itu, langsung digunting menyerong saja untuk menghemat waktu. Ini hanya untuk menunjukkan alur guntingannya, yaitu ujung kertas yang satu lebih lebar daripada ujung lainnya. Emak jika bisa mengukur lebar guntingan jika ingin menghasilkan manik-manik yang sama besar. Tapi tentu saja itu membutuhkan waktu lebih banyak.

2. Menggulung guntingan kertas

 

Manik-manik dari Kertas

 

Manik-manik dari Kertas

 

Letakkan bagian guntingan kertas yang paling lebar di tusuk gigi, lalu gulung sampai guntingan kertas tersebut habis. Jangan lupa untuk mengoleskan lem di beberapa bagian kertas atau tiap beberapa gulung. Mohon maaf gulungan saya yang rapi cuma yang buat foto, lainnya tidak rapi karena terburu-buru.

  1. Mewarnai manik-manik

 

Manik-manik dari Kertas

 

Warnai manik-manik tersebut sesuai selera. Emak bisa sih mewarnai kertar tersebut sebelum digunting dan digulung tapi itu akan menghabiskan terlalu banyak pewarna alias boros. Setelah warna kering, tarik gulungan pelan-pelan, keluar dari tusuk gigi. Ini juga merupakan keuntungan dari mengunakan tusuk gigi karena biasanya kita punya banyak tusuk gigi di rumah. Jika menggunakan alat khusus, pewarnaan dilakukan setelah gulungan ditarik jika alatnya cuma satu. Kerepotan banget memegang manik-manik imut tersebut selama proses pewarnaan.

CARA MERANGKAI MANIK-MANIK

Di sini saya tidak memberikan banyak contoh, hanya seperti di foto paling atas. Silakan emak berkreasi sendiri. Untuk kalung atau gelang, emak bisa menggunakan tali elastis, rantai, senar dan tali-tali lainnya. Emak juga bisa menambahkan manik-manik lain atau batu hias. Kadang saya punya serpihan manik yang brodol dari baju kondangan, lalu saya pungut dan simpan. Tak perlu ragu jika manik-manik tambahannya tidak matching karena justru membuat kalung tersebut unik.

Gampang kan membuat manik-manik dari kertas press release? Nggak megeluarkan banyak uang juga untuk membuatnya, apalagi membeli manik-manik mahal.

 

****

Lusiana Trisnasari

Narablog https://www.beyourselfwoman.com/