Ada yang suka motret makanan? Sehati dong dengan mak Iis Hanna, penulis blogpost tentang Membuat Background dan Alas Foto Sendiri yang Gampang ini.

Memotret makanan bukan lagi menjadi hal baru bagi ibu-ibu di rumah. Tiga tahun terakhir semakin banyak ibu-ibu berdaster yang mulai aktif angkat kamera, termasuk hanya menggunakan kamera smartphone saja. Selain belajar secara otodidak, sebagian juga ada yang rela mengikuti kelas online/offline food photography. Demi apa? Tentunya demi hasil foto yang baguslah ya. Setidaknya dengan ikut kelas food photography, kita dapat ilmu baru. Betul nggak, Mak?

Baca ini yuk: Foto Makanan dengan Smartphone

Membuat Background dan Alas Foto Sendiri yang Mudah

Ngobrolin soal food photography, rasanya nggak jauh jauh sama objek foto. Tapi selain objek foto, kita juga butuh background (atau begron, istilah masa kini) dan alas foto sebagai penunjang agar objek yang kita foto semakin enak dilihat dan dipandang. Bonus mesem-mesem sendiri di pojokan kalau ada yang komen “Wow, menggiurkan..”, “Bagus banget fotonya, Mbak” dan lain sebagainya.

Kira kira, para emaks atau yang suka foto makanan, punya begron atau alas foto berapa banyak?

Beli di mana?

Dan harganya berapa?

Kalau saya, jujur saja belum pernah beli alas foto online berupa triplek, kayu palet, dan sejenisnya yang harganya bikin nangis di pojokan.

Alasan utamanya, karena saya tinggalnya masih pindah-pindah dan kedua, harganya mahal. Soal harga sebenarnya relatif, tergantung individu ya, Mak, selagi ada bujet, ya hayuk aja beli. Kalau belum ada bujet, nggak usah patah hati ya, Mak (nunjuk diri sendiri). Nggak usah dipaksa kalau misalnya kita belum punya bujet untuk beli begron atau alas foto kece yang bertebaran di Instagram. Kita bisa saja memanfaatkan barang barang yang ada di sekitar kita, atau kita bisa membuat dari bahan lain yang harganya benar benar nggak menguras kantong.

 

Ide Membuat Background dan Alas Foto Sendiri

Kalaupun kita nggak punya bujet banyak untuk membeli begron atau alas foto, kita bisa bisa kok bikin sendiri.

Membuat Background dan Alas Foto Sendiri

 

Berikut ide alas dan begron untuk foto makanan

1. Kayu/papan bekas

Punya kayu atau papan bekas di rumah?

Kalau punya, kumpulin, Mak, bikin bentuk segi empat kurang lebih ukuran satu meter, bisa dicat atau mau asli sperti itu juga oke. Kalau nggak punya, mmm, punya tetangga yang lagi bangun rumah dan mau selesai? Coba deh sekali kali intip di area pembangunan, ada nggak kayu atau papan bekas mbangun?

Kalau ada, bisa minta dua papan, hehehe. Atau buat yang tinggal di daerah yang masih tergolong kampung, pasti banyak yang punya kayu/papan bekas. Biasanya numpuk di belakang atau samping rumah. Kita bisa minta satu atau dua papan, kalau panjang, bagi 2 jadi deh 4.

 

2. Bekas cover mobil

 

Membuat Background dan Alas Foto Sendiri

Punya bekas cover mobil yang sobek? Atau cover mobilnya nganggur karena sudah tidak tepakai?

Kalau punya, jangan buru buru dibuang. Ambil, Mak, manfaatkan.

Caranya:

  • Potong segi-empat kira kira satu meteran. Jumput dan uwel uwel.
  • Jumput suka suka yang bagian abu abu, artinya yang warna hitam berada di bagian bawah. \
  • Gesek gesekan bagian yang warna hitam ke dinding yang bercat putih atau krem, nantinya yang berwarna hitam ada motifnya dari hasil gesekan ke dinding.
  • Jadi deh. Simpel kan? Hasil motif setiap individu pasti berbeda, yang jelas di sini jiwa seni kita muncul hehehe.

 

3. Karton tebal

Punya karton tebal yang nggak kepakai? Kalau ada bisa tuh dimanfaatkan menjadi alas foto yang oke. Atau yang nggak punya karton tebal bisa beli di toko ATK ya. Satu lagi, sama cat air atau akrilik juga bisa.

Caranya:

  • Siapkan wadah dan kuas besar, beri sedikit air, tambahkan cat air, aduk sampai rata.
  • Lalu sapukan kuas ke karton tebal, lagi lagi suka suka ya hehe. Silahkan di-explore warna-warna dan sapuannya.
  • Bisa juga dengan kapas,dengan cara menotol-notolkan cat air ke karton tebal.
  • Setelah itu jemur karton sampai kering. Oh ya, untuk karton tebal ini kita bisa membuat dua motif bolak balik ya. Lagi lagi, silahkan explore warna-warnanya.

 

 

Membuat Background dan Alas Foto Sendiri

 

Bagaimana? Mudah kan membuat background dan alas foto sendiri?

Yuk, dicoba. Klau sudah nyoba satu bikin begron atau alas foto sendiri pasti ketagihan. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika kita ingin membuat alas foto sendiri, cukup memanfaatkan yang ada di sekitar kita atau bisa dengan membuat sendiri dengan bujet minim. Lagi-lagi, ini pilihan ya, Mak. Kalau misal suatu saat ada rezeki sisa, bisa kok beli alas/begron foto impian. Satu, Mak, pesan saya, jangan memaksa beli alas/begron foto jika belum ada bujet. Yuk, belajar memaksimalkan yang ada.

Semoga sharing ini bermanfaat.

Ohya, buat teman-teman yang ingin melihat hasil begron dan alas foto handmade, bisa banget ceki ceki instagram @hm_zwan.

Ada yang suka bikin alas/begron foto sendiri?  Sharing dong mak…

***

Iis HM Zwan, Narablog http://hotwajan.blogspot.com