Hai, Mak. Kali ini, saya mau bocorin sedikit trik untuk menaikkan traffic blog nih.

Well, Emak pasti setuju kan, bahwa ngeblog itu mudah? Hahaha. *pasti banyak yang protes*

Iya lo, Mak. Ngeblog itu gampang … Kalau mau dibaca sendiri saja. 😆 Tapi, kalau kemudian kita pengin blognya ramai, banyak yang datang, banyak yang ikut baca tulisan kita … Nah. Itu butuh usaha memang.
Dan, usahanya itu berbanding lurus dengan hasilnya nanti.

Artinya, makin berusaha, maka ya hasil akan mengikuti.

Tapi usaha di sini nggak cuma asal hajar, tapi kita mesti smart juga. Seperti halnya diet, usaha utk menaikkan traffic blog ini juga kadang cocok-cocokan, Mak. *kok terus dihubunginnya ke diet yak?*

Intinya, memang ada banyak cara untuk menaikkan traffic blog, dan semuanya tuh mesti dilakukan secara simultan. Nggak bisa cuma dilakuin salah satu aspek aja. Kek diet, Emak juga harus jaga makan, dan olahraga. Analoginya sih gitu.

Dan seperti diet juga, tujuan akan menjadi faktor penting penentu lancar atau enggaknya proses kita, Mak.

Nah, sekarang yang akan Makmin share adalah beberapa trik yg bisa Emak lakukan untuk membantu menaikkan traffic blog.

Tapi harap diingat, bahwa trik-trik berikut kadang perlu ditambah dengan usaha lain juga. Jadi, bukan berarti kalau trik-trik berikut sudah dilakukan semua, traffic blog langsung melejit naik.

Yah, yang penting usaha yekan, Mak? Oke, kita ke trik pertama menaikkan traffic blog kita ya.

 

5 Trik Menaikkan Traffic Blog

1. Let the traffic bring the traffic

Lah, maksudnya gimana ituh? Gini, Mak. So far kan memang sudah ada traffic yang masuk ke blog Emak kan? Nah, itu kita manfaatkan, Mak.

Ada beberapa sumber yang bisa kita manfaatkan:

  1. Google Analytics.
    Kalau Google Analytics Emak sudah aktif, Emak bisa lihat di bagian Acquisition > All traffic > Channels > Organic Search. Di sini kita akan bisa lihat kata-kata yang dipakai oleh para pengunjung blog untuk menemukan blog kita dari Google. Nah, coba catat 10 kata pertama yang paling banyak. Selanjutnya, coba tulis artikel baru dengan berdasarkan kata-kata yang sudah ada tersebut. Pakailah kata-kata tersebut sebagai keyword.
  2. Alexa.
    Kunjungi alexa.com/siteinfo, lalu masukkan URL blog Emak. Nanti Alexa akan menampilkan ranking, dan kalau scroll ke bawah lagi akan kelihatan Top Keywords from Search Engines. Terus, sama deh kayak yang Google Analytics tadi.  Buat artikel baru berdasarkan keyword dari Alexa.

Memang ya, untuk bisa menaikkan traffic blog ini ini tergantung banget dengan konten dan tema yang kita ulik, Mak. Enggak bisa enggak.

 

2. Tulis tema yang evergreen

Apa itu tema yang evergreen? Yaitu konten yang bakalan relevan sampai kapan pun, nggak tergantung waktu, selalu dicari orang karena bakalan selalu ada orang baru atau “newbie” yang butuh. Konten evergreen cenderungnya lebih stabil memberikan traffic, Mak.

Apa saja yang termasuk konten evergreen? Biasanya sih how to’s yg ditujukan untuk ‘para pemula’. Para pemula di bidang apa pun.

Misalnya. Emak adalah beauty blogger. Konten-konten semacam tip mengaplikasikan maskara, pasti bakalan banyak yang nyari. Tinggal Emak cari celah, supaya tampil unik agar lebih stand out ketimbang tip-tip yang sudah ada.

 

Begini Cara Menulis Artikel Guest Posting untuk Tingkatkan Performa di Mata Google

3. Mix dengan trending topic

Nah, trending topic ini memang bisa jadi “senjata” juga untuk menaikkan traffic blog, Mak. Jadi kita harus jeli memang menangkap momen. Mix antara trending topic dengan tema evergreen. Nah, ini pasti bisa jadi bomb!

Misalnya, tip mendaftarkan anak sekolah. Ini adalah topik evergreen. Terus sekarang di-mix dengan yang trending topic, misalnya zonasi.

Dari mana bisa tahu topik-topik yang lagi rame? Well, Emak bisa pantau media sosial pastinya. Apa sih yang lagi rame?

Misalnya, pas Stephen Hawking meninggal dunia. Kan trending tuh, Mak. Nah, coba diulik. Misal, kalau blog Emak parenting ya, tip mendidik anak supaya suka sains kayak Stephen Hawking. Mendidik anak adalah topik evergreen. Stephen Hawking adalah trending topicnya.

Catatan ya, Mak, kalau posting artikel based on trending topic ya mesti cepet loh. Jangan tarsotarsok. Bentar. Besok. Bentar. Besok. Keburu ganti trending topic ntar 😆

Nah, tempat lain yg bisa dipakai utk “menambang trending topic” adalah Google Trends. Nah, silakan dimanfaatkan untuk menulis konten (yang bakalan ramai).

 

4. Share di media sosial secara simultan

Biasanya sih–yang saya amati–bloggers ngeshare artikel terbaru pada saat setelah dipublish aja. Iya nggak, Mak? Seterusnya, ya udah dianggurin.

Pernahkah Emak ngeshare artikel-artikel lama, misalnya yang lewat dari 6 bulan, lagi? Sepertinya jarang ya?

Nah, ini nih. Kalau Emak punya konten evergreen, ya mesti dishare terus menerus. Nggak cuma pas habis publish doang. Rotasilah artikel-artikel Emak untuk dishare secara terus menerus. Pakai Hootsuite, atau Buffer App, lalu jadwalkan, Mak.

Seumpama punya konten yang mix antara trending topic dengan evergreen, kalau momennya pas dan terulang suatu kali nanti, nah itu bisa dishare ulang lagi.

Misalnya, kayak artikel pendaftaran sekolah itu. Kalau pas momennya, share ulang secara terus menerus, Mak. Tapi tetap jaga supaya nggak spamming ya.

 

5. Link building

Saya pribadi sih paling merekomendasikan agar Emak semua melakukan guest blogging untuk membangun backlink yang berkualitas.

Guest blogging merupakan cara paling efektif untuk mendapatkan backlink ke blog kita secara berkualitas. Jadi, silakan dicoba ya, Mak. Boleh untuk memulai, guest blogging di web KEB dulu

Terus, bangun juga internal link yang bagus. Tautkan artikel-artikel yang sudah publish sebelumnya ke artikel terbaru dengan keyword dan anchor text yang relevan. Jangan asal taut.

 

Nah, itu tadi 5 trik utama untuk menaikkan traffic blog. Semoga bermanfaat. Ada yang mau nambahin? Sok, silakeun. Langsung ditulis di komen ya. Saya tunggu! 😉