Maks, apa kegiatan yang paling asyik di sore hari? Kalau makmin senang minum kopi atau teh, ditemani roti bertabur bubuk kayu manis, memandangi anak-anak yang tengah bermain di halaman rumah, dengan pemandangan senja yang indah. Makmin lagi senang nih membuat roti sendiri atau homemade, salah satunya membuat roti Cinnamon Roll tanpa mixer, karena mixer di rumah rusak, dan belum bisa beli baru karena masa pandemi Covid-19 ini, kita kan dilarang keluar rumah.

Mau ikutan bikin sendiri Cinnamon Roll yang lagi ngehits ini? Makmin sharing resep dari Mak Retno Kristiani (Punyade), yang membuat Cinnamon Roll dengan menggunakan teknik autolisis.

Teknik Autolisis itu apa? Dari Youtube Diana Rahma, teknik autolisis itu adalah proses pembentukan gluten secara alami tanpa harus melakukan pengulenan dengan peralatan seperti mixer atau pun dengan tangan. Gluten adalah dua jenis protein dalam terigu, Glutenin dan Gliadin.

Ketika terigu diberi air, dua jenis protein itu perlahan akan berikatan dan membentuk Gluten. Nah, gluten inilah yang menyebabkan adonan roti jadi kalis dan elastis. Kalau Emak saat mencoba membuat adonan roti menggunakan terigu dengan protein sedang atau rendah, maka adonan akan cenderung lembek, apalagi jika salah komposisi air.

Metode atau teknik autolisis ini, Maks, bertujuan mengurangi durasi pengadukan adonan dengan mixer. Menurut pakar roti di Perancis, Raymond Calvel, hasil roti dengan mixer, menurun kualitasnya dari segi tekstur pori, aroma, rasa, warna dan daya simpan. Adonan roti teroksidasi karena terlalu lama di mixer.

Jadi seperti itu ya kalau membuat adonan terutama adonan untuk roti dengan menggunakan mixer. Enggak ada alasan lagi enggak bisa bikin adonan roti sendiri walau tidak punya mixer ya, Maks. Terutama untuk emak yang selalu ingin membuat roti sendiri tapi terhalang peralatan buat rotinya.

Membuat Cinnamon Roll Tanpa Mixer dan Anti Gagal

Membuat Cinnamon Roll Tanpa Mixer dan Anti Gagal

Yuk Maks, kita mulai membuat homemade Cinnamon Roll. Rasanya? Sudah pasti enak dong. Yang namanya roti bertabur kayu manis tuh, ya manis dan enak.

Ini resepnya ala Mak Punyade:

Bahan dough (adonan roti) : 

1 butir kuning telur

130 gram air

250 gram terigu Cakra

15 gram susu bubuk

30 gram gula pasir

3 gram ragi instan yang dilarutkan dengan 1 sdm air

4 gram gram

35 gram margarin

Bahan olesan: 

Mentega

Brown sugar atau gula palm

Kayu manis bubuk

Cara mengolah adonan Cinnamon Roll:

  • Campur semua bahan kecuali ragi, garam dan margarin dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok.
  • Tutup wadah dan istirahatkan adonan selama 3 – 6 jam
  • kempeskan adonan, taruh dalam wadah.
  • Masukkan ragi dan garam uleni dengan selama 3 menit.
  • Masukkan margarin, uleni lagi selama 4 menit (Jika ingin menggunakan mixer, gunakan pada kecepatan atau speed 2)
  • Setelah kalis, ambil adonan.
  • Taruh di meja yang bertabur terigu sedikit atau talenan besar yang sebelumnya dioles minyak goreng
  • Giling adonan berbentuk kotak dengan ketebalan 1,5 cm
  • Oles dengan mentega agak tebal, taburi campuran brown sugar dan kayu manis bubuk
  • Gulung adonan, potong-potong dan tata dalam loyang
  • Istirahatkan selama 10 sampai 15 menit sambil menunggu oven dipanaskan
  • Panggang dalam api 200 dercel selama 15 menit.

Membuat Cinnamon Roll Tanpa Mixer dan Anti Gagal

 

Catatan: karena menggunakan teknik autolisis, membutuhkan waktu lebih lama untuk pembentukan gluten yaitu sekitar 6 jam. Biasanya, adonan diolah pada pada malam, dan baru keesokan harinya dibuat menjadi adonan roti Cinnamon Roll.

Mudah kan membuatnya? Cinnamon Roll atau roti gulung dengan rasa dan aroma kayu manis ini, berasal dari Swedia dan dalam tradisi Swedia juga sebagian Eropa Utara, Cinnamon Roll disajikan sebagai camilan di sore hari bersama kopi (coffeebreak).  Kalau di Amerika Utara, sarapan dengan Cinnamon Roll.

Di Swedia, negara asalnya, Cinnamon Roll diberi nama Kannelbulle dan setiap tanggal 4 Oktober, mereka memperingatinya sebagai Kannelbulles Dag atau Cinnamon Rolls Day. Peringatan ini dimulai sejak tahun 1999.

Yang membedakan Cinnamon Roll dari roti umum lainnya, adalah bentuknya yang seperti siput. Roti manis ini juga populer sebagai makanan favorit saat berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat atau pun berkumpul dengan teman bisnis.

Cinnamon Roll

 

Apalagi yang enak dari roti bertabur bubuk kayu manis ini? Teksturnya yang lembut dan rasa manis dari kayu manis terasa lezat di lidah. Berani mencoba membuat sendiri Cinnamon Roll? Pakai resep ini saja ya.