Beberapa cara kita lakukan untuk membangun hubungan atau relasi lebih kuat dengan si anak perempuan ya, Mak. Ya, masak bersama, melakukan hobi bersama, sampai menonton film keluarga bersama juga bisa loh!

Nih, Mak, ada beberapa film keluarga yang oke banget ditonton bareng si anak perempuan. Tak hanya bisa memperkuat relasi antara orang tua dan anak, film-film di bawah ini juga mengajarkan keteguhan, dan rasa percaya diri bahwa setiap orang mampu memberikan perubahan positif pada dunia ini.

Ini dia film keluarga inspiratif yang dapat menanamkan nilai positif pada anak-anak perempuan kita

1. Moana

Moana tidak hanya memiliki soundtrack lagu yang asik dipakai karaoke, tapi banyak orang menilai film keluarga ini adalah salah satu keluaran Disney yang paling feminist sepanjang sejarah.

Filmnya mengisahkan tentang seorang remaja berusia 16 tahun yang sangat ingin tahu tentang dunia di luar karang. Karang di seberang ombak lautan adalah batas aman yang ditetapkan ayahnya, sang kepala suku bagi para penduduk yang tinggal di pulau suku Moana hidup.

Namun, pulau tempat Moana diramalkan bakalan mati secara perlahan. Maka, Moana memutuskan untuk berlayar dengan misi mencari manusia setengah dewa bernama Maui demi menyelamatkan penduduk dan pulau tempat ia tinggal.

Kisah Moana ini menggambarkan perjuangan Moana yang penuh dengan keteguhan dan keberanian menghadapi tantangan.

2. Wonder Woman

Film ini sebenarnya bukan film keluarga sih, tapi bagus juga jika Emak ajak anak perempuan Emak menonton aksi salah satu superhero perempuan ini.

Berkisah tentang Diana, seorang ksatria putri Amazon yang menyadari kemampuannya untuk memperjuangkan kebenaran yang ia yakini, meskipun harus meninggalkan pulau tempatnya tinggal bersama anggota suku perempuan Amazon lainnya.

Diana dilatih bertempur sejak muda dan tumbuh semakin matang dengan memperjuangkan Pulau Verboten, tempatnya tinggal dari kejahatan dewa perang. Saat berjuang untuk mewujudkan perdamaian, Diana yakin dapat bertarung melawan Ares, sang dewa perang, dan menyelamatkan dunia.

Seluruh kisahnya adalah cerminan komitmen seorang perempuan yang membangkitkan motivasi dan daya juang para penontonnya. Keteguhan dan kekuatan Wonder Woman benar-benar mengubah dunia.

3. Remember the Titan

Film ini mungkin menjadi salah satu film tontonan keluarga unik yang dapat menggambarkan secara jelas mengenai isu rasial di Amerika Serikat.

Film ini didasarkan pada kisah nyata di tahun 1971 tentang juara rugby negara bagia Virginia dari SMA, T.C Williams. Dewan Sekolah pinggiran ini dipaksa untuk menggabungkan tim rugby kulit putih dengan tim rugby kulit hitam yang akan dilatih oleh pelatih yang juga kulit hitam. Sudah bisa ditebak, sepanjang masa latihan, kedua tim sering kali berkonflik, tapi ya syukurlah, mereka berhasil melaluinya.

Film ini mengajarkan kita, bahwa warna kulit itu seharusnya enggak pernah menjadi masalah untuk mencapai tujuan bersama.

4. Frozen

Frozen mengisahkan seorang putri bernama Anna, yang berusaha mematahkan kutukan kerajaannya yang membeku akibat saudaranya Elsa. Anna bersama Kristoff dan rusanya berusaha menemukan Elsa yang pergi, meski harus menempuh perjalanan berbahaya.

Ah, Emak pasti sudah familier nih dengan film keluarga satu ini ya. Tapi, enggak ada salahnya ditonto lagi bareng si anak perempuan nih, Mak. Lalu, boleh juga lanjutin ke Frozen II.

Film keluarga ini mengajarkan betapa berharganya sisterhood itu, dan tak ada yang mengalahkan rasa cinta keluarga sendiri.

5. Wild

Film keluarga yang dibintangi Reese Witherspoon ini menceritakan seorang perempuan yang melakukan perjalanan setelah mengalami perceraian untuk menyembuhkan luka jiwanya.

Meski tak memiliki pengalaman mendaki gunung, Reese tetap melakukannya dan berhasil melalui perjalanan selama 94 hari yang penuh tantangan, dan berhasil menaklukkannya. Tantangan itu memperkuatnya baik secara fisik maupun emosional.

Film ini menggambarkan betapa perempuan itu sebenarnya selalu mampu melalui semuanya sendirian dan tidak harus bergantung pada siapa pun, Mak. Mandiri, gitu loh!

6. Matilda

Film keluarga ini diadaptasi dari novel karya Roald Dahl yang mengisahkan tentang seorang gadis kecil nan cerdas yang tinggal dengan dua orang tua tidak kompeten, harus terlibat dengan kepala sekolah diktator tukang bully, tetapi memiliki guru berhati hangat yang baik hati.

Matilda memiliki kemampuan telekinetik dan dapat menggerakkan benda hanya dengan pikirannya. Arti nama Matilda sendiri adalah kekuatan dalam pertempuran, dan dalam film ini si gadis kecil menggambarkan sosok yang sangat sesuai dengan namanya. Ia berjuang seperti layaknya seorang gadis genius.

7. The Bad News Bears

Film sport keluaran tahun 1976 ini bergenre komedi, dan mengisahkan tentang bagaimana seorang gadis memasuki tim baseball.

Tim baseball ini dipenuhi oleh pemain yang tidak cakap dan sangat canggung, tetapi rupanya Amanda Whurlitzer mampu menunjukkan bahwa apa pun yang dapat dilakukan oleh anak laki-laki juga dapat dilakukan oleh anak perempuan. Uh, feminis sekali!

Sejak saat itulah, tim baseball ini bertumbuh dari sekumpulan anak tidak andal menjadi tim baseball tak terkalahkan.

 

Wow! What a list, right? Selamat binge-watching bareng si anak perempuan kesayangan, Mak! Kalau sudah nonton film keluarga di atas, boleh loh, kalau mau ditulis reviewnya dan dikirim ke web KEB ini untuk dipublish. Asyik kan?