Apa Itu E-A-T dan Mengapa Hal Tersebut Penting untuk SEO?

By admin on May 10, 2021

E.A.T merupakan singkatan dari Expertise, Authority, and Trustworthy. Ketiga hal ini memegang peranan penting dalam setiap pekerjaan profesional, termasuk bagi bloger yang pengin standout di niche-nya. Karena itu, penting bagi Emak untuk setidaknya tahu, apa itu E.A.T, dan syukur-syukur bisa menerapkannya juga.

Pengin jadi bloger sukses kan, Mak? Iya dong.

E.A.T ini juga memiliki peranan besar di dunia digital marketing. Bisa dipastikan, jika strategi digital marketing menerapkan prinsip E.A.T ini, maka akan memiliki kesuksesan yang lebih baik. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, kita mesti tahu terlebih dahulu, apa saja sih yang dimaksud dengan E.A.T tersebut.

Apa Itu E.A.T?

Expertise

Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah keahlian.

Google memberikan peluang yang lebih luas bagi siapa saja yang memang ahli di bidangnya untuk berbagi. Nah, jadi, jika Emak punya keahlian tertentu atau ilmu khusus, barangkali bisa dipertimbangkan untuk ditunjukkan melalui blog.

Situs atau blog yang dapat membuat konten yang berkualitas dan sarat ilmu secara otomatis akan direkomendasikan oleh Google melalui algoritmenya, dan disajikan pertama kali pada mereka yang membutuhkan informasinya.

Authority

Atau otoritas, artinya bahwa topik-topik yang disajikan dalam bentuk konten memang merupakan hal yang betul-betul kita kuasai. 

Jadi, ketika kita sudah expert dalam suatu bidang, maka kita dianggap memiliki otoritas dalam bidang tersebut; menguasai bidang tersebut. Dengan demikian, konten kita akan semakin banyak direkomendasikan oleh Google.

Trustworthy

Atau dapat dipercaya. Setelah kita dianggap ahli, dan kemudian dianggap menguasai niche atau topik tertentu, maka selanjutnya, kita akan dapat dipercaya; bahwa informasi yang berasal dari kita pasti dapat dipercaya kebenaranya dan validitasnya.

Mengapa Harus E.A.T?

Wah, kok ternyata berat ya, kalau harus memenuhi E.A.T?

Ya, gimana ya, Mak? Prinsip ini dibuat oleh Google untuk menjawab keresahan kita juga sih, sebagai user. Siapa hayo yang sering menemukan berita-berita clickbait di media online? Pasti Emak sering juga kan melihat atau bahkan membaca berita-berita hoaks? Nah, konten-konten semacam itu memang sedang diperangi oleh Google, agar kita–sebagai user–bisa mendapatkan informasi valid yang kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

So, karena kita adalah bloger–yang notabene merupakan pembuat konten–maka mau tak mau kita pun harus mengikuti prinsip tersebut, kalau mau konten kita direkomendasikan juga oleh Google.

Mengapa sih rekomendasi Google ini penting? Karena, dampaknya bakalan jangka panjang, Mak. Pasti akan berasa banget pada branding kita, dan akhirnya berdampak pula pada traffic blog kita, yang pada akhirnya blog kita–dan konten-kontennya–bisa menjadi rujukan.

Sampai di sini, bahkan tanpa harus mengejar DA/PA pun, rezeki akan mengikuti, Mak.

Your Money Your Life

Di samping E.A.T, ada pula prinsip lain yang beriringan diterapkan oleh Google. Yaitu Your Money Your Life (YMYL).

Istilah ini dipakai oleh Google untuk menyebut konten yang membahas topik-topik penting yang dapat memengaruhi kebahagiaan seseorang. Yang diminta untuk menerapkan prinsip YMYL ini adalah situs-situs dengan niche hukum, keuangan, dan kesehatan, karena ketiganya dinilai sangat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental manusia.

Google memberikan ranking tersendiri untuk ketiga niche ini dalam database-nya. Beberapa waktu yang lalu, sempat terjadi pergolakan lantaran situs-situs dengan tiga niche tersebut merosot semua rankingnya, yang kemudian berpengaruh pada traffic visitornya. Ini terutama terjadi jika situs atau blog-blog tersebut menggunakan cara-cara “curang” untuk mengakali algoritma Google. Tetapi, untuk situs atau blog yang memang berfokus pada pengolahan konten yang berkualitas, efeknya tidak terlalu signifikan. Dengan cepat, situs dan blog dengan konten yang kuat segera kembali rankingnya, dan malahan mendapat traffic yang lebih besar lagi.

Situs atau blog yang memiliki rating YMYL tinggi, bisa dipastikan punya skor E.A.T yang tinggi juga. Pasalnya, informasi yang ada di dalamnya sudah bisa dipastikan aman, tepercaya, datang dari ahlinya, banyak dicari, dan pastinya bermanfaat bagi user.

Sistem Google memberikan penilaian yang tinggi pada website yang memberikan bantuan, solusi, nasihat, dan panduan untuk mengatasi berbagai permasalahan manusia.

E-A-T Bermanfaat Jangka Panjang

So, blog yang Emak miliki akan dinilai bermanfaat atau tidak, bergantung pada konten apa yang Emak buat di dalamnya. Skor E-A-T akan memberikan dampak, baik dari segi per halaman atau artikel, maupun secara keseluruhan dari situs atau blog terkait.

So, jika Emak pengin traffic tinggi dan stabil dari bulan ke bulan, ada baiknya mulai memikirkan mengenai E.A.T ini. Tulislah hal-hal yang Emak kuasai betul, lalu konsisten dalam mengolahnya. Emak tak perlu menulis setiap hari, jika memang nantinya blog Emak bisa menjadi rujukan. Pembaca blog Emak yang akan menantikan update blog Emak. Emak tak perlu lagi berburu traffic dan komen, karena hal-hal seperti ini akan datang dengan sendirinya.

Nah, gimana, Mak? Siap untuk membuat konten yang sesuai dengan prinsip E.A.T?