Kalau ada peribahasa jatuh cinta di dunia nyata itu dari mata turun ke hati, kalau di instagram berarti dari profile picture turun ke bio instagram ya mak!  Instagram saat ini memang penting bagi pencitraan para blogger, termasuk bagi Emak yang ingin mendapatkan eksposur dan aneka keuntungan menjadi influencer. 

Nggak hanya itu, Instagram sekarang adalah the new pin BBM, karena kalau kita berkenalan dengan seseorang sekarang, pasti yang kita tanyakan adalah akun instagramnya. Karena selain bisa DM-DM-an, kita juga jadi bisa kepo-kepo. Betul begitu Mak? Ups, ketahuan, hihihi!

Masalahnya, dengan banyaknya media sosial yang menawarkan banyak hal instan, Emak hanya punya waktu beberapa detik untuk memukau orang dengan profile Instagram Emak lho! Nggak percaya?

Ada riset yang mengatakan kalau saat beremu dengan seseorang, Emak cuma punya waktu 7 detik untuk memberikan kesan pertama–dan ini bisa lebih pendek lagi di dunia maya lho Mak! Cepet banget kan?

sekarang bayangkan kalau ini terjadi di dunia Instagram mak. Saat Emak menemukan profile seseorang, berapa lama waktu yang Emak perlukan untuk membaca bio dan scrolling foto-foto? Sebentar banget kan?

Padahal sebenarnya info paling penting itu ada di bio instagram kita lho Mak. Ada nama, biodata, alamat blog yang pengen diklik (yang tentunya adalah inti dari permasalahan kita hari ini), kontak e-mail dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana caranya membuat Instagram Bio yang menarik dan bisa memancing percakapan lebih lanjut dengan orang-orang?

Gunakan Nama Yang Mudah Dicari

Mak, sebelum kita kemana-mana, yuk ngobrolin soal nama.

Iya ngerti nama adalah doa, tapi bagaimana kalau misalnya nama Emak malah membuat Emak sulit dicari?

Misalnya nih ya, seperti saya. Nama saya Agi Tiara, tapi nama blog saya Duckofyork. Suka atau tidak suka, lebih banyak orang yang mencari nama duckofyork ketimbang agi tiara. Lalu bagaimana penggemar Duckofyork bisa tahu kalau sayalah blogger dibalik blog tersebut?

Simpel, saya letakkan nama blog saya di kolom nama. Jadi kalau ada orang yang mencari Duckofyork di Instagram bisa menemukan saya.

Ini juga bisa berlaku sebaliknya mak, misalnya Emak punya nama akun Instagram “BloggerKece” tapi emak ingin juga dikenal dengan nama Emak, Emak bisa menggunakan nama “Blogger Kece | nama emak”

Anggap Bio Instagram Sebagai Business Pitch

Emak-emak yang hobi nonton drakor pasti sudah familiar dengan istilah business pitch ini kan ya. Nah, sama dengan start-up ataupun brand, Emak juga sudah harus memikirkan bagaimana bio instagram Emak bisa menarik audiens dan followers baru.

Disini Emak sudah mulai harus berpikir secara bisnis ya, apalagi kan akun instagram sudah berbentuk akun instagram kreator dan akun instagram bisnis. Jadi sudah harus mulai memikirkan branding untuk akun Instagram emak, salah satunya juga soal copy.

Misalnya, Emak punya branding sebagai narablog yang berbagi soal hidup mandiri ala ala vlog korea nih… Daripada hanya mencantumkan “blogger/vlogger” di bio, lebih baik Emak buat bio yang menggambarkan konten emak misalnya: “Sendiri Bukan Berarti Sepi – Blogger/Vlogger Minimalis Indonesia”

Menggunakan tagline di bio Instagram juga bisa meningkatkan rasa penasaran followers dan calon followers lho Mak! hanya saja karena space-nya terbatas pastikan Emak bisa membuat bio yang short and sweet ya Mak!

Mention Second Account!

Jika Emak punya akun instagram kedua atau akun instagram lainnya yang relevan dengan akun yang sedang Emak edit bionya, mention saja mak!

Melakukan mention kepada second account yang relevan akan membantu menjelaskan kepada followers maupun calon followers Emak mengenai hal-hal lain yang Emak kerjakan, misalnya saja brand fashion dan cemilan yang Emak miliki, akun media sosial tempat Emak biasa menulis, atau komunitas tempat emak bernaung.

Misalnya saja emak punya usaha menjahit dan member Kumpulan Emak Blogger yang super bangga (harus dong ya mak!) Emak bisa membuat profile seperti berikut:

SiEmakCantik
– menjahit di @jahitancantik
– aktif di @emak2blogger

Jadi orang-orang juga bisa tahu kalau emak punya usaha menjahit dan tahu kalau Emak adalah bagian dari Kumpulan Emak Blogger. Nah brandingnya jadi lebih ‘ngena’ ke orang yang membaca ketimbang sekedar “blogger” atau cuma sekadar mention second account saja.

Alternatif Lain: Taruh Hashtag!

Nggak ingin me-mention siapa-siapa Mak? Kenapa tidak meletakkan hashtag untuk mempermudah followers Emak mencari konten yang mereka sukai?

Misalnya Emak adalah seorang momstagram yang hobi share soal interior rumah dan mulai bosen dengan DM follower yang terus menerus merongrong nanya sikat WC beli dimana, sapu beli dimana, sprei merk apa…. kenapa tidak mengkategorisasikan feeds Emak dengan hashtags? 

Misalnya emak suka review produk baru, tinggal tandai postingan Emak dengan #ReviewBaruEmak dan letakkan di Bio instagram sehingga followers Emak bisa dengan mudah mencari topik-topik yang mereka suka di feeds emak!

Berikan Informasi Kontak Yang Mudah Dihubungi

Mak, jika Emak sudah go professional dengan Blog Emak, tapi Emak belum mengaktifkan profile Instagram Business atau Instagram Creator, sungguh Emak sangat rugi. Tapi saya yakin sih, disini rata-rata Emak sudah menggunakan business profile, ya kan?

Nah salah satu kelebihan profil akun instagram bisnis adalah Emak bisa menambahkan informasi kontak yang lebih banyak, seperti alamat, no telepon, e-mail sampai dengan book now untuk usaha Emak.

Nah kadang… kadang nih ya Mak, Emak suka lupa nih, nomor telepon yang bisa dihubungi belum diupdate padahal sudah ganti nomor, atau e-mailnya nggak dibuka-buka karena sibuk mantengin grup whatsapp. Hayo ngaku siapa yang begini, hayo??

Nah, salah satu cara membuat profile yang engaging adalah dengan memberikan informasi kontak Mak! Meski brand tetap sering main DM-DM saja, percayalah informasi kontak yang lengkap dan mudah dihubungi itu akan sangat membantu Emak mendapatkan job-job menarik atau masuk ke PR list para sponsor kesayangan.

Buat Highlight Instagram Story Yang Rapi

Percaya deh Mak, Highlight Instagram Story yang rapi dan seragam akan lebih enak dilihat dan dapat meningkatkan engagement juga lho mak!

Apalagi kalau Emak berhadapan dengan calon follower yang kepo tentang Emak luar dan dalam, pasti mereka bakal kepoin highlight Emak!

Nah bagaimana sih membuat highlight Instagram Story yang rapi? Yang pertama adalah seragamkan cover Instagram Story ya Mak! ini penting, biar feeds terlihat lebih rapi.

Yang kedua, namai Highlight. Usahakan namanya ini terlihat semua ya Mak, meski emang instagram agak pelit karakter untuk judul Highlight. Jangan sampai judulnya cuma highlight atau “sorotan” ya Mak!

Nahhh itu tadi cara membuat bio Instagram Emak menjadi lebih menarik. Mungkin Emak punya tips lain? Boleh lho di-share tips ala Emak di kolom komen dibawah! Sampai jumpa lagi Maks!