Paddle Pop Liburan ke Planet Mochi: Kegiatan Liburan Sekolah Edukatif

By admin on July 17, 2021

Liburan kenaikan dan akhir pekan anak-anak udah dihabiskan untuk apa aja nih, Mak? Karena pandemi, pastinya hampir sebagian besar waktu liburan dan akhir pekan hanya dihabiskan di rumah saja ya. Enggak apa-apa sih, karena kesehatan tetap nomer satu. Sebagai warga negara Indonesia, kita juga harus turut berperan serta menekan angka penyebaran virus ini dengan tidakbepergian keluar kota dan tetap taat patuh kepada prokes. Menghabiskan waktu liburan di rumah mungkin akan menimbulkan efek bosan untuk anak-anak. Nah, biar anak-anak nggak bosen, berarti para Emaks harus lebih ekstra kreatif lagi nih dalam mencari kegiatan liburan yang bermanfaat nan edukatif.

Kegiatan edukatif adalah kegiatan yang bersifat belajar dan mendidik. Lewat kegiatan-kegiatan edukatif yang menyenangkan, anak-anak dapat belajar sambil bermain. Jadi walaupun di rumah aja, tapi liburan tetap bisa terasa menyenangkan kok! Gimana sih cara membuat liburan jadi lebih menyenangkan walaupun cuma di rumah aja?

Yuk, intip beberapa saran di bawah ini buat bikin liburan di rumah tetap menyenangkan untuk anak-anak.

Rekomendasi kegiatan liburan menyenangkan di rumah

1. Bercocok tanam atau mulai memelihara hewan peliharaan

Yuk ajak anak-anak bercocok tanam supaya lebih peduli dengan bumi dan penghijauan lingkungan. Anak-anak dapat memilih sendiri pot dan bibit yang ingin ditanam dan ajarkan anak untuk merawat tanamannya dengan baik. Ajak juga anak untuk mengamati pertumbuhan bibit tanamannya setiap hari.

Selain bercocok tanam, memelihara hewan peliharaan juga bisa jadi kegiatan liburan seru. Beberapa jenis hewan peliharaan yang mudah dipelihara seperti ikan, kura-kura, atau hamster bisa jadi pilihan nih untuk mulai mengajarkan anak-anak rasa tanggung jawab dan mencintai hewan.

2. Menonton film atau mengikuti aktivitas liburan virtual 

Menonton film juga bisa jadi pilihan untuk mengisi liburan anak-anak. Karena nonton film bersama keluarga juga bisa menjadi quality time yang akan mempererat hubungan mama, papa dan si kecil. Setelah filmnya selesai, jangan lupa untuk membahas bersama tentang isi film dan jelaskan kembali apa pelajaran yang dapat diambil dari cerita film tersebut.

Nah selain menonton film, Emaks juga bisa mencari beberapa kegiatan virtual seperti liburan virtual atau workshop khusus untuk anak. Kegiatan virtual ini juga seru nih buat ngisi liburan anak-anak, dan yang pasti akan menjadi kegiatan edukatif yang menyenangkan.

3. Membuat DIY

Dunia anak-anak biasanya merupakan dunia yang masih dipenuhi dengan imajinasi dan kreativitas. Membuat DIY bisa jadi kegiatan liburan yang menyenangkan. Coba beragam prakarya yang akan dibuat. Bisa mulai dari prakarya sederhana seperti membuat mainan dari barang bekas, membuat hiasan kamar dari bahan-bahan yang ada di rumah, hingga membuat percobaan sains dengan bahan dan alat sederhana. Coba googling untuk mendapatkan banyak ide DIY untuk anak ya, Maks!

Nah, dari 3 ide di atas, udah kepikiran belom nih kira-kira kegiatan seru apa yang mau dilakukan untuk mengisi liburan anak? Kalo masih bingung, ada 1 rekomendasi kegiatan virtual menyenangkan yang bisa dilakukan anak-anak di rumah, nih!

Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop

Yap, es krim kesayangan kita semua kembali mengajak anak-anak untuk mengisi liburan dengan kegiatan virtual yang menyenangkan nih Mak! Pasti emak-emak masih ingat kan antusiasnya anak-anak waktu kemarin diajak Seaventure atau liburan virtual ke bawah laut bersama Paddle Pop?

Nah sekarang, Paddle Pop kembali hadir dengan kegiatan virtual terbaru yang menyenangkan dan edukatif. Yaitu Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop.

Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop adalah program liburan yang menyenangkan dan bermanfaat yang dipersembahkan oleh Paddle Pop sebagai pilihan aktivias mengisi waktu liburan sekolah anak selama di rumah aja.

Pada program Liburan ke Planet Mochi ini, Paddle Pop bekerja sama dengan komunitas bermain seperti Wonder Fest, Rumah Dandelion, Bumi Playscape dan juga Mungilmu. Serta ada beberapa parent influencer yang bergabung juga nih, ada Mona Ratuliu, Enno Lerian, Nana Mirdad, dan Melki Bajaj.

 

Liburan ke Planet Mochi

Seperti apa Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop?

Pada program liburan kali ini, Paddle Pop bersama dengan parent influencer dan komunitas bermain akan mengadakan sesi bermain sama alias playdate session untuk mengajak kita semua menjelajahi keajaiban dunia luar angkasa dan juga bermain ke planet Saturnus, Uranus dan Jupiter.

Akan ada ragam aktivitas bermain sambil mengenal keajaiban dunia luar angkasa, kegiatan mengasah kreativitas dengan membuat DIY Liburan ke Planet Mochi, kuis interaktif dan juga banyak keseruan lainnya.

Penasaran nggak sih seperti apa kegiatan virtual Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop ini? Biar nggak penasaran langsung aja yuk baca salah satu review playdate session-nya di bawah ini~

Main ke Planet Saturnus Bareng Enno Lerian dan Rumah Dandelion

Playdate session ini berlangsung pada hari Sabtu 3 Juli 2021, jam 10 pagi hingga jam 11 siang via aplikasi zoom. Apa saja keseruan Main ke Planet Saturnus bersama Paddle Pop?

Acara dibuka oleh Tante Tari dan Tante Mei dari Rumah Dandelion dan juga ada sapaan hangat dari Kak Enno Lerian dan Abi. Bersama-sama kita semua mau melakukan perjalanan virtual ke Planet Saturnurs nih!

 

Paddle Pop Planet Mochi

 

Selanjutnya Tante Tari bersiap di pesawat luar angkasa Rumah Dandelion dan Tante Mei bersiap di ruang kendali pesawat luar angkasa tersebut. Dan saat tombol ditekan, pesawatnya meluncur jauh ke luar angkasa hingga sampai ke Planet Saturnus.

Setelah sampai di Planet Saturnus, penasaran dan pengen kenalan lebih dekat lagi nggak sih sama planet kedua terbesar setelah Jupiter ini? Yuk cari tau lebih dalam tentang planet Saturnus!

Fakta Menarik Tentang Planet Saturnus

 

Paddle Pop

 

Setelah sampai ke planet Saturnus, Tante Tari mengajak kita semua untuk mengenal lebih dalam planet Saturnus.

Apa aja sih fun fact planet Saturnus?

Yang pertama, ternyata Planet Saturnus adalah planet terbesar kedua di tata surya. Pada tau nggak nih apa planet terbesar pertama di tata surya kita? Betul sekali, jawabannya planet Jupiter.

Kedua, Saturnus sangat ringan loh ternyata! Karena sebagian besar materi pembentuk Saturnus adalah helium. Bahkan katanya, Saturnus bisa mencair kalo kita rendam di dalam bak mandi rakasasa. Wah perlu bak mandi sebesar apa ya buat merendam planet Saturnus?

Ketiga, Saturnus dikelilingi oleh sistem cincin yang membentang diangkasa sepanjang 12.000.000 km atau setara dengan jarak bolak balik dari Bumi ke Bulan sebanyak 15 kali. Udah kebayang kan sekarang, sebesar apa cincin planet Saturnus.

Keempat, cincin Saturnus terbentuk dari jutaan es kristal yang besarnya beragam. Mulai dari sekecil debu hingga sebesar rumah.

Kelima, Saturnus memiliki area Ring Rain atau area dimana susunan pembentuk cincin Saturnus yang terlihat seperti debu, melayang terbang menuju Saturnus.

Liburan ke Planet Mochi

 

Keenam, Saturnus memiliki medan magnet yang ternyata secara perlahan menguras cincin yang dimilikinya. Saat ini kita sangat beruntung masih bisa melihat cincin Saturnus, karena setiap 30 menit partikel cincin Saturnus akan terkuras sebanyak 2.500.000 liter air atau setara dengan volume 1 kolam renang olimpyc. Dan ada kemungkinan kalo dalam 300 tahun kedepan, cincin Saturnus ini akan menghilang. Wah, sedih ya..

Ketujuh, Saturnus setidaknya memiliki 62 bulan yang mengitari sesuai gravitasinya. Titan adalah bulan paling besar yang mengitari Saturnus, dan bulan terbesar kedua di tata surya. Ukuran Titan bahkan lebih besar daripada Bumi, loh. Titan juga merupakan satu-satunya Bulan yang memiliki atmosfer.

Kedelapan, jika Bumi hanya membutuhkan 1 tahun untuk mengitari matahari. Saturnus membutuhkan waktu 29,5 tahun untuk mengitari matahari. Kebayang nggak sih tahun baru di Saturnus berlangsung setiap 29,5 tahun sekali?

Kesembilan, atau fakta terakhir adalah Bumi dan Saturnus memiliki perbedaan waktu saat berputar pada rotasinya dalam sehari. Jika bumi membutuhkan waktu 24 jam sehari, Saturnus hanya membutuhkan waktu 10 jam saja, loh. Cepatnya waktu sehari di Saturnus..

Itu dia 9 fun fact tentang Planet Saturnus yang menarik untuk diketahui. Kemudian, setelah tau semua fakta menarik tentang planet Saturnus. Kak Tari mengajak kita untuk kembali lagi ke bumi buat bebikinan seru bersama Paddle Pop dan Rumah Dandelion!

 

DIY Planet Mochi

 

Membuat DIY Cardboard TV: The Journey

Setelah mengetahui fakta menarik tentang Planet Saturnus, sekarang Kak Tari mau ajakin bikin DIY nih. DIY yang akan dibuat adalah TV dari kardus atau Cardboard TV! Yang harus kita lakukan pertama adalah menyiapkan alat dan bahannya.

Alat dan bahan yang harus disiapkan adalah kardus bekas sereal atau kotak sepatu, ukurannya bebas yang penting cukup sesuai untuk dibuat TV yaaaa. Kemudian 2 buah roll bekas tissue gulung atau bisa juga menggunakan karton yang digulung. Panjang roll tissue atau karton gulungnya usahakan agar melebihi lebar kardus sepatu. Kemudian sediakan 2-3 lembar kertas HVS polos. Juga, 2 buah karet gelang, gunting, lem atau isolasi dan pensil serta alat mewarnai.

 

DIY Paddle Pop

 

Yuk kita mulai membuat Cardboard TV: The Journey

Langkah pertama, lubangi bagian depan kardus berbentuk persegi panjang (ukuran bebas, disesuaikan dengan gambar yang akan dibuat saja) untuk tempat menampilkan gambar. Lubangi juga sisi kanan dan kirinya masing-masing 2 luang dibagian atas dan bawah. Ukuran lubangnya disesuaikan dengan besar roll tissuenya, ya.

Kemudian, potong kertas sesuaikan dengan lebar “lubang layar” yang telah dibuat di kardus. 1 kertas kemudian dapat digaris dan dibagi 3 bagian untuk 3 kolom tempat menggambar cerita. Lakukan ini pada 2 atau 3 kertas HVS ya.

Kemudian mulailah membuat cerita yang diinginkan. Kalo kemarin sih, Paddle Pop dan Rumah Dandelion mengajak untuk membuat cerita The Journey. Tentang astronot yang terbang keluar angkasa dan berhasil mendarat di sebuah planet.

 

Paddle Pop DIY

Setelah selesai menggambar dan mewarnai ceritanya, sambung semua kertas yang berisi cerita menggunakan lem sehingga menjadi satu kertas yang memanjang.

Selanjutnya tempel bagian awal cerita ke roll pertama yang sudah diberi karet di ujungnya. Dan ujung cerita satunya ditempel ke roll kertas kedua, sehingga bisa digulung menjadi seperti gambar diatas.

Terakhir, pasang kedua roll tissu tersebut pada lubang yang sudah dibuat di kardus. Kemudian tutup dan rapikan kardusnya. Oh iya kardusnya bisa dihias lagi dengan warna atau tombol play yang digambar supaya lebih menarik, ya.

DIY Paddle Pop

 

Cara Bermain DIY Cardboard TV

Cara bermainnya gampang kok. Cukup diputar aja roll tissue-nya, sampai kolom ceritanya ikut berubah. Kemudian Emak bisa menceritakan cerita dari gambar tersebut kepada anak-anak. Anak-anak juga bisa banget membuat gambar ceritanya sendiri dan minta anak-anak untuk menceritakan gambar yang udah dibuatnya ya Mak.

Manfaat membuat DIY Cardboard TV

Membuat Cardboard TV inijuga punya beberapa manfaat baik untuk anak, yaitu mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggunting, menggambar dan mewarnai. Meningkatkan fokus dan kesabaran lewat kegiatan membuat dan memasang bagian-nagian Cardboard TV ini.  Dan terakhir bermanfaat juga untuk mengembangkan imajinasi dan kreatifitas saat sedang membuat cerita dan gambar untuk mengisi Cardboard TV ini.

 

Sweet Mochi Paddle Pop

Sweet Mochi: Menghias Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila

Setelah selesai bermain dan membuat DIY Cardboard TV bersama Kak Tari, sekarang gantian Kak Mei nih yang mau ajarin kita semua membuat sweet mochi atau menghias Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila!

Yuk siapkan alat dan bahan yang diperlukan

 

bahan sweet mochi paddle pop

 

Alat dan bahan yang diperlukan adalah 1 buah piring, pasta coklat atau icing sugar di dalam piping bag untuk menghias, sprinkles atau meses untuk hiasan, dan juga bahan utamanya yaitu Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila!

Yuk kita bikin Sweet Mochi sekarang~ Caranya, buka kemasan Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila dan taruh di atas piring. Kemudian hias sekreatif mungkin dengan pasta coklat atau icing sugar serta sprinkles dan meses.

Bisa banget nih Mak, mengajak anak untuk menghiasa Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila ini dengan tema Planet Saturnus yang memiliki cincin seperti yang udah diceritakan oleh Tante Tari di sesi sebelumnya.

 

Paddle Pop Sweet Mochi

Nah kalo udah selesai dihias, waktunya untuk menikmati enaknya rasa coklat dan vanila dalam mochi es krim Paddle Pop ini!

Nggak perlu khawatir memberikan camilan es krim Paddle Pop kepada anak-anak ya Mak. Karena es krim Paddle Pop memiliki kandungan susu dan buah yang baik untuk anak-anak.

Manfaat Membuat Sweet Mochi

Kegiatan yang satu ini juga memiliki manfaat baik untuk anak-anak nih Mak. Diantaranya adalah melatih motorik halus anak, lewat kegiatan memencet piping bag yang berisi icing sugar saat akan menghias mochi. Kemudian meningkatkan kreativitas, imajinasi, keberanian dan kepercayaan diri anak, lewat kegiatan menghias sweet mochi ini. Dan terakhir juga melatih kesabaran, terutama saat anak sedang berusaha menghias mochi es krim ini dengan perlahan agar mendapatkan hasil yang cantik dan menarik.

Nggak terasa satu jam telah berlalu dan semua kegiatan menyenangkan ini udah selesai dilakukan. Anak-anak sih udah pasti super happy banget setelah mendapatkan banyak fakta menarik tentang Planet Saturnus, membuat DIY Cardboard TV dan juga makan es krim Paddle Pop Mochi Chocolate Vanila yang udah dihias.

Buat Emaks yang pengen ajak anak-anak mengikuti kegiatan Paddle Pop Liburan ke Planet Mochi masih bisa kok. Caranya mudah dan gratis! Langsung aja hubungi WhatsApp Paddle Pop di nomor 0858-1223-1223.

 

Liburan ke Planet Mochi

 

Untuk yang ketinggalan keseruan Paddle Pop Main Yuk kali ini, nggak usah khawatir Mak. Karena akan ada keseruan-keseruan berikutnya dari Paddle Pop Main Yuk! Jangan lupa untuk selalu follow akun instagram Paddle Pop di @paddlepop.idn untuk mendapatkan banyak informasi terbaru seputar Paddle Pop Main Yuk! yaaaa~

Jangan lupa juga untuk selalu mengajak anak bermain, karena pada dasarnya dunia anak adalah dunia bermain! Ajak anak bermain sambil belajar dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif untuk mengisi waktu anak selama di rumah aja. Semangat selalu untuk mendampingi anak-anak belajar dan bermain ya Mak!

***

Reportase Andriana Dian