Sepi Job? Yuk Isi Blog dengan Konten Berikut Ini!

By Agi Tiara on October 15, 2021

Pandemi ini emang bikin sebagian blogger ketar ketir ya Mak? Seiring dengan berjalannya waktu, job blogger pelan-pelan semakin sepi berganti dengan job-job lainnya seperti job instagram misalnya.  Kemudian muncul permasalahan yang menyeruak (ceileh) seperti “mau ngapain ya?” “blognya harus diisi apa ya?” dan “nanti bayar hosting gimana ya?” Padahal konten blog harus terus ada.

Sebenarnya Mak, namanya orang usaha, sesekali sepi itu biasa. Tinggal bagaimana kita menyikapinya saja biar nggak malah tenggelam dalam kesedihan terus blognya mangkrak padahal sudah perpanjang sewa hosting dan domain bertahun-tahun. Kan kesel.

Karena kita kan Blogger dan enterpreneur ya mak. Namanya pengusaha itu tugasnya berusaha dan mengusahakan. Jadi kalo sepi job jangan malah sedih, yuk coba eksplor konten-konten lain yang dapat menghasilkan uang meski tanpa sponsorship sekalipun.

Ada lho banyak konten yang bisa Emak buat untuk mengisi kekosongan, bonusnya, konten-konten ini juga dapat menghasilkan uang walaupun bukan konten bersponsor. Penasaran nggak?

Review atau Rekomendasi Produk dengan Affiliate

Kata siapa review dan rekomendasi produk non-sponsored itu tidak menghasilkan uang Mak? Kalau emak sudah menyimak post di KEB soal Affiliate Marketing, pasti Emak udah punya gambaran deh harus bikin konten apa.

Saat ini sudah banyak sekali service dan jasa affiliate marketing untuk blogger dan influencer untuk memonetisasi kontennya lho Mak. Bahkan beberapa e-commerce besar di Indonesia punya platform afiliasi tersendiri. Emak bisa menghasilkan uang melalui link yang emak buat di dashboard afiliasi tersebut.

Nantinya jika ada pembaca atau followers Emak yang membeli barang melalui skema Afiliasi tersebut, Emak akan mendapatkan komisi. Biasanya jumlah komisi ini bergantung pada skema afiliasi yang ditawarkan.

Bedanya bikin review dan rekomendasi dengan skema afiliasi adalah, Emak harus dapat membuat review yang menarik supaya orang ingin membeli produk yang Emak tawarkan ya Mak. Jadi review yang Emak buat memang harus menjual.

Nggak usah khawatir nggak punya pengalaman berjualan Mak, coba baca-baca post di KEB deh, pasti lama kelamaan nemu formula tulisan yang ((menggugah selera)) hehehee

Buat Konten Pilar yang Evergreen

Jika Emak adalah pengabdi Adsense, ingat Mak jika traffic = uang.

Nah caranya bagaimana agar Emak bisa mendapatkan traffic yang besar? Caranya adalah emak harus punya konten yang terus-menerus mendatangkan traffic Mak. Dari mana datangnya traffic? Macem-macem ya Mak, bisa dari followers atau dari SEO. Coba perhatikan deh, kalau di tempat Emak yang ramai konten yang seperti apa?

Pillar Content sendiri adalah konten yang memberikan jawaban dari pertanyaan yang selama ini dicari oleh Masyarakat di Google. Tolong lho Mak diingat bahwa warganet itu lebih seneng nanya Om Google daripada nanya sama orangnya langsung. Lalu Om Google dapat informasi dari siapa? Ya dari kita-kita ini Mak.

Jadi ketahui apa yang biasa dicari orang-orang, khususnya yang demografisnya sesuai dengan Blog kita ya Mak.

Soal Pillar Content ini sudah pernah dibahas sama KEB lho Mak! Coba yuk dibaca-baca lagi artikelnya buat pencerahan.

Usahakan sih seminggu sekali setidaknya Emak menayangkan Pillar Content yang baru supaya blognya tetap update, tapi kalau nggak bisa ya nggak apa-apa juga ya Mak. Yang penting rutin aja dan stick to schedule karena Google suka sama yang rutin-rutin.\

Ide konten blog saat sedang sepi job harus dijadwalkan

Bikin Konten Blog Untuk Internal Backlink

Hello Emak, berapa banyak kontenmu yang belum punya Internal Backlink yang relevan? Satu post? Dua post? Atau…. malah banyak banget?

Nah, saat sepi job merupakan saat yang super ideal untuk membuat internal backlink untuk blog post Emak yang lainnya. Fungsi Internal Backlink itu banyak banget lho Mak! Mulai dari meningkatkan visibilitas post sampai meningkatkan traffic dan menurunkan bounce rate.

Coba kita tempatkan diri Emak sebagai pembaca blog yang seneng membaca konten-konten blog Emak, kalau kita enjoy membaca suatu konten, pasti kita akan lebih semangat untuk membaca konten-konten lainnya dari blog tersebut yang berhubungan

Secara SEO, Internal Backlink juga bagus untuk ranking blog kita lho Mak! Seperti yang sudah sering dibahas di blog KEB, konten-konten yang saling berhubungan itu ramah crawler dari mesin pencari.

Idealnya sih untuk 1 eksternal link dalam blog post kita, ada 2 atau 3 internal link untuk mengimbangi konten tersebut.

Nah internal link ini nggak bisa sembarangan lho Mak. Kalau bisa kontennya tetap relevan dengan post tersebut. Proses ini bakal lebih mudah kalau Emak punya banyak tabungan konten yang saling berhubungan atau punya niche blog yang jelas. Kalau konten Emak campur aduk (kayak blog saya misalnya, xixixi) Internal Link ini akan membantu crawler untuk memahami artikel-artikel kunci yang saling relevan satu sama lain.

Membiasakan membuat 2-3 internal link di setiap post juga membantu kita untuk mengenali konten-konten yang sudah waktunya diupdate. Oleh karena itu kita akan membahas langkah berikutnya yaitu:

Mengupdate Konten Blog yang Sudah Lama

Konten blog yang sudah berjamur tentunya perlu di-update agar bisa terus memberikan informasi yang relevan. Serius Mak, kalau malas bikin artikel baru, update saja artikel-artikel lama di blog Emak agar bisa kembali relevan.

Misalnya, dulu Emak pernah menulis soal rute KRL dan saat ini rute tersebut sudah berubah, Emak dapat mengupdate konten tersebut. Bisa dalam bentuk tambahan tulisan atau menghapus bagian yang ingin diganti. Kalau saya biasanya menambahkan tulisan sejenis ralat pada blog tersebut tepat di bawah tulisan yang akan di-update. Selain nambahin jumlah karakter, saya merasa orang harus tahu before-after postingan saya lol.

Konon, Google seneng dengan blog yang terus-terusan mengupdate kontennya lho Mak, jadi jangan ragu untuk update postingan lama yang sudah berjamur ya.

Membuat Konten Freebies atau Giveaway

Siapa sih yang nggak suka gratisan? Yakin deh Emak pun doyan freebies dan giveaway kan? Hayooo ngaku…

Nah pas job sepi adalah waktu yang tepat untuk membuat konten yang sifatnya berbagi dengan pembaca setia. Bisa berupa freebies ataupun langsung giveaway kecil-kecilan. Eits, nggak perlu mahal, Emak bisa menggunakan kreasi Emak untuk berbagi.

Nggak harus repot-repot , Emak bisa membuat freebies kecil-kecilan misalnya template excel untuk menghitung pemasukan dan pengeluaran harian, background wallpaper handphone, sampai template CV dan Media Kit.

Selain itu Emak juga bisa mengorganisir giveaway kecil-kecilan lho Mak, misalnya giveaway skincare mini, tanaman kesayangan atau bahkan giveaway hadiah handmade dari Emak. Kalau Emak ngerasa sepi giveaway sendirian, ajak teman blogger lainnya untuk bergabung. Tambahkan syarat ringan seperti follow instagram Emak atau komen di blog post Emak agar sambil menyelam minum engagement.

Nah dengan berbagai ide konten blog barusan, Emak nggak perlu khawatir blog akan sepi. Jangan lupa untuk selalu menjadwalkan postingan blog dengan rutin ya Mak. Kira-kira Emak mau bikin konten apa lagi nih bulan ini? Komentar di bawah ya!

Comments (2)

October 18, 2021

Baca artikel ini langsung semangat nulis lagi. Maklum, biasanya saya semangat kalau ada job doang. Hihihi..

Makasiiih KEB.


October 18, 2021

Kalau lagi buntu ide, buka file foto traveling lama. Dan coba nulis dari sudut pandang berbeda


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: