5 Cara Cepat Memastikan Blog Mendapatkan Indeks Google

By Carolina Ratri on January 09, 2023

Mesin pencari merupakan tool terbaik untuk memperoleh trafik yang tinggi untuk blog. Namun, jika blog Emak tidak mendapatkan indeks Google, ya tetap saja, blog Emak akan sulit untuk mendapatkan pengunjung, kecuali Emak bergerilya dan share terus sana sini situ.

Faktanya, dengan muncul di Google, maka hal ini sudah membantu agenda sharing blog ke mana-mana secara lebih efisien. Hemat tenaga, Mak.

Oleh karena itu, jika Emak ingin memperoleh ranking dan indeks Google, maka pastikan blog Emak terindeks. Ya blog secara keseluruhan, pun artikel-artikelnya. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan agar website baru dapat segera terindeks sehingga cepat memperoleh ranking di Google.

Memperoleh indeks ini bagus dan penting.

Akan tetapi, jika konten yang ada tidak bagus, tentu tidak akan memberikan nilai tambah bagi user lain. Akhirnya blog kita pun akan segera ditinggalkan dan pada akhirnya, kita akan sulit memperoleh ranking yang pernah diperoleh sebelumnya. Sebab, ranking di Google memiliki persaingan yang tinggi. Jadi, jika sekali Emak ketinggalan maka akan sulit untuk memperolehnya kembali.

Beberapa Cara agar Blog Mendapatkan Indeks Google dengan Cepat

Google Algoritme Terbaru: Apa yang Harus Diketahui tentang Google Helpful Content Update?

1. Submit melalui Google Search Console

Jika Emak ingin memastikan blog Emak masuk indeks Google dengan cepat, maka pastikan Emak telah mendaftarkan URL website yang ada ke GSC (Google Search Console). Untuk melakukannya, Emak harus punya akun GSC dengan akun Google yang telah dimiliki sebelumnya.

Berikut beberapa langkah melakukan setting pada Google Search Console:

Kunjungi Google Search Console. Kemudian Emak akan diharuskan untuk input nama domain dan URL. Kemudian lakukan langkah verifikasi. Untuk melakukannya, Emak bisa dilakukan dengan berbagai cara:

  • Memakai akun Google Analytics
  • Memakai tag manager
  • Mengasosiasikan DNS (domain name service) record dengan Google
  • Atau dengan menambahkan meta tag pada home page website

Kalau Emak punya blog berbasis WordPress hosting sendiri, sebenarnya tinggal instal saja plugin untuk SEO. Misalnya seperti RankMath, Yoast, AIO, dan sejenisnya. Biasanya, dalam general setting, ada fitur untuk menghubungkan Google Search Console. Nah, tinggal ikuti saja petunjuknya ya.

Jika langkahnya benar, maka blog Emak akan otomatis terdaftar di Google Search Console dan pasti langsung terindeks.

2. Buatlah XML Sitemap dan Daftarkan Ke Google

XML Sitemap biasanya berisi daftar URL blog seperti tampilan blog atau halaman website lainnya. Setiap website pasti memiliki XML Sitemap karena hal ini berfungsi sebagai peta yang menunjukkan bagaimana sebuah website dibentuk. Termasuk blog juga perlu punya XML Sitemap.

Crawler mesin pencari akan menjelajahi semua bagian blog Emak dengan mudah melalui XML Sitemap tersebut, dan Google akan mudah mencari apa konten atau artikel yang dicari oleh user lainnya.

Oleh karena itu, jika Emak memiliki blog atau website baru, atau misalnya mengubah struktur atau setelah melakukan setting dan desain dasar yang diperlukan, maka segeralah membuat atau meng-update XML Sitemapnya dan daftarkan ke Google agar mudah diindeks. Dengan demikian, blog Emak akan segera dapat memperoleh ranking di mesin pencari Google.

3. Buat robot .txt file

Robot .txt file berfungsi untuk memberikan perintah kepada Google atau mesin pencari lainnya untuk memilih mana bagian pada website yang harus diindeks dan tidak diindeks.

Artinya, dengan bantuan tools ini, Emak akan membuat crawler Google untuk tidak memasuki satu bagian tertentu di blog milik Emak.

Terdapat beberapa perintah pada robot .txt file yang biasa digunakan yaitu:

  • User-agent (perintah pada robot dengan aturan-aturan tertentu)
  • Disallow (untuk nge-block URL tertentu)
  • Allow (URL yang diperbolehkan untuk dimasuki crawler mesin pencari)

Sebenarnya secara default, blog kita akan mengizinkan Google untuk crawling. Jika sampai tidak terindeks, maka bisa dicek, Mak. Salah satu sebabnya mungkin ada robot.txt file disallow yang terupload.

Ketika memakai hal ini pastikan juga Emak menggunakan XML Sitemap file ke robot .txt file. Fungsinya adalah memudahkan crawler mesin pencari untuk menjelajahi semua bagian blog Emak dan mengarahkannya pada bagian yang diperbolehkan dan mencegah crawler tersebut masuk pada halaman yang tidak ingin diindeks.

blog dapat indeks Google dengan cepat

4. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink adalah penting dan memudahkan blog kita untuk diindeks oleh Google. Namun, memperoleh backlink ini tidaklah mudah terutama yang sifatnya organik. Karena tautan jenis ini biasanya diperoleh dari website lain yang menjadikan artikel pada blog kita sebagai acuan atau sumber dari konten yang mereka buat.

Walaupun sulit, bukan berarti tidak bisa didapatkan kok, Mak. Setidaknya terdapat beberapa cara untuk membangun backlink berkualitas. Namun yang sangat saya rekomendasikan adalah buatlah konten yang berkualitas sangat tinggi, sehingga orang merasa perlu banget untuk merujuk ke artikel kita saat mereka membahas hal yang sama. Artikel kita harus lengkap, detail, sistematis, problem solving, dan sebagainya. Pokoknya hard to resist deh.

5. Share ke media sosial

Jika Emak sekarang rajin share artikel blog di media-media sosial melalui akun yang telah Emak miliki, maka itu sebenarnya juga sudah mempermudah Google untuk mengindeks artikel di blog Emak. Apalagi kalau bisa dibantu share oleh orang lain, yang mereka merasa bahwa artikel kita sangat bermanfaat sehingga perlu untuk dishare.

Jadi, jangan kendur sharingnya ya, Mak!

Nah, Emak, itu dia beberapa hal yang dapat memudahkan blog kita mendapatkan indeks Google. Mungkin sebagian sudah menerapkannya ya, Mak. Kalau ada yang belum dilakukan, boleh segera dipraktikkan, supaya blog kita lebih cepat dan lebih banyak terindeks Google. Semangat, Mak!

    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: