Browsing Articles Written by

Carolina Ratri

Content & Copywriter. Sketcher. Editor. Visual Communicator. Graphic designer. Mood swinger. INFJ-T Sagittarian. Sarcasm speaker. Author of Blog Carolina Ratri

Blogging / Life Style By On November 19, 2018

Tip Menaikkan Pageview Artikel Blog dan Sponsored Post Secara Efektif

Seneng ya, Mak, kalau blog kita bisa menghasilkan? Mayan yaaa, bisa buat tambahan jajan yes? Besar kecilnya sih relatif ya, Maks. Asal kita bisa mengerjakannya dengan hati bahagia, ya jalan aja. Iya nggak sih? Tapi sebenarnya PR kita buanyak banget kalau memang pengin blog kita bisa menghasilkan. Salah satu yang kadang bikin stres adalah bagaimana caranya menaikkan pageview artikel blog–terutama…

Life Style By On November 12, 2018

Jangan Tertipu Berita Hoaks – Begini Cara Mengecek Kebenarannya

Zaman now itu ya, Mak, kita sehari-hari dibanjiri oleh berita dan informasi tiada henti. Semua orang menawarkan informasi untuk kita konsumsi. Hingga kemudian, saking too much-nya informasi, sampai tumpe-tumpe ya, sampai rasanya nggak muat lagi. Saking banyaknya, sampai-sampai kita juga nggak bisa membedakan mana berita/informasi yang bener dan yang nggak bener, atau yang sering disebut berita hoaks. Dan mungkin–ini mungkin…

Blogging By On November 5, 2018

Tip Menulis Ulang Artikel Blog Agar Terbebas Jebakan Plagiarisme

So, artikel ini akan menyambung sharing mengenai hal-hal yang tak disukai oleh Google di artikel sebelumnya. Nah, salah satu hal yang tidak disukai Google adalah double content, sehingga perlu untuk menulis ulang artikel blog kita jika terpaksa memang harus ngepost ulang artikel yang sama. Ini nih, yang sebenarnya jadi masalah, karena masih banyak di antara kita yang kurang mengerti.  …

Blogging By On October 29, 2018

Inilah Beberapa Hal yang Tidak Disukai Google dari Blog Kita

Buat blogger, Google itu semacam partner. Mau nggak mau kita membutuhkannya, karena dialah yang paling bisa mendatangkan “tamu” ke blog kita. Yah, mau bilang enggak butuh, juga nggak bisa sih. Memangnya kita mau sampai seberapa kuat, “menyuruh” orang untuk datang ke blog kita? Karena itu, kalau mau blog kita banyak pengunjung, kita mesti mau berteman dengan Google. Dan kalau mau temenannya…

Blogging By On October 22, 2018

Etika Posting Foto Anak di Media Sosial – Yuk, Jadi Orang Tua Bijak!

Hai, Mak! Kali ini saya pengin sedikit sharing soal memposting foto anak di media sosial maupun media online lain, termasuk di blog. Meski itu adalah akun-akun media sosial atau blog kita sendiri, dan yang difoto juga anak-anak kita sendiri, tapi ada lo beberapa etika soal mempublish foto anak di “publik” seperti ini. Kenapa harus ada etika seperti ini? Well, ada beberapa…

Blogging / Life Style By On October 15, 2018

Tip Memilih Image sebagai Pendukung Konten Blog Agar Lebih Enjoyable

Hai, Mak! Saya mau bahas segala hal tentang image untuk pendukung konten blog nih, sekarang. Soal kenapa sih image untuk blog ini penting banget untuk kita pikirin? Bikin tambah masalah aja ah! Kenapa? Karena oh karena … Coba yuk, simak image berikut.   Dari infografis di atas bisa kita lihat, bahwa 90% informasi tersampaikan ke otak dalam bentuk visual. Otak…

Blogging / Life Style By On October 8, 2018

Niche Blog: Pengertian, Bagaimana Memilih yang Cocok, dan Apa Keuntungannya?

Hae, Emak! Lagi pada ngapain nih? Kali ini kita akan bahas soal niche blog nih. Nah, yang penasaran dengan topik ini, boleh nanti nambahin atau urun pendapat di komen yah! Tapi, sebelumnya sudah tahu belum, apa itu niche blog? Apa sih keuntungannya? Di blogsphere ini, kita bisa mengategorisasikan blog dalam 2 kelompok besar, yaitu lifestyle blog dan niche blog. Nah, dua-duanya…

Blogging / Life Style By On October 1, 2018

5 Tool untuk Mengukur Performa Media Sosial Kita

Hai, Mak! Di postingan sebelumnya, kita sudah bahas ya mengenai cara mengukur performa media sosial kita? Hal ini dilakukan untuk mengukur diri sendiri, seberapa kuat kita punya influence terhadap follower kita. Kalau memang kita mendapatkan “bukti” bahwa kita bagus performanya, maka hal ini pastinya bisa kita jadikan sebagai bargain power untuk semua pihak yang ingin mengajak kerja sama. Ujung-ujungnya, ya…

Blogging / Life Style By On September 24, 2018

Cara Mengukur Performa Media Sosial – Apakah Kita Layak Menjadi Influencer?

Mau bloger atau bukan, kayaknya semua orang di zaman now begini makin nggak bisa pisah dari media sosial yes? Apalagi buat Emak semua yang seorang influencer di media sosial nih. Uwuwuw! Dan, sebagai seorang influencer, kita juga seharusnya bisa mengukur  performa media sosial kita sendiri. Untuk apa? Ya, pastinya agar kita bisa mengukur diri kita sendiri, seberapa kuatkah kita bisa ‘memengaruhi’ follower. Kalau…

Blogging / Life Style By On September 17, 2018

Untuk Menulis Artikel Bersponsor, Jangan Pernah Lupakan 9 Hal Terpenting Ini!

Salah satu “tugas” bloger dewasa ini adalah menjadi “perpanjangan” tangan brand atau produk. Bloger berperan sebagai “staf marketing” bagi brand yang ingin menumbuhkan awareness terhadap produk yang mereka punya. Salah satu caranya ya dengan menulis artikel bersponsor atau sponsored post di blog, sesuai arahan brand. Nah, pasti Emak-Emak juga udah pada pernah terima tawaran untuk menulis artikel bersponsor ini kan? Tapi, seringnya,…

Blogging / Life Style By On September 10, 2018

Cara Efektif Menurunkan Bounce Rate Blog

Kalau kemarin kita ngomongin soal penyebab Bounce Rate tinggi, sekarang kita akan lihat yuk, apa yang bisa kita lakukan untuk menurunkan Bounce Rate blog ini. Sebenarnya sih, kalau kita paham dengan semua penyebab BR tinggi kemarin, kita pun sudah bisa melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Tapi ketimbang mbulet sendiri, kayaknya mendingan kita bahas aja deh trik-trik untuk menurunkan Bounce Rate. Soal cara…

Blogging / Life Style By On July 30, 2018

7 Penyebab Bounce Rate Blog Tinggi yang Bikin Susah Naik Peringkat di Google

Hai, Emak! Sudah tahukah, apa itu Bounce Rate? Bounce rate merupakan persentase pengunjung yang meninggalkan blog kita, setelah membaca satu laman saja, atau istilahnya ‘bounce back’ ke laman sebelumnya, atau laman search engine, kalau ia menemukan blog kita dari search engine. Bounce rate ini memang kemudian ada yang tinggi dan ada yang rendah. Tinggi rendahnya ini tergantung berapa lama “tamu” Emaks tinggal….