ditulis oleh Primastuti Satrianto – www.tamasyaku.com

 

Halo semuanya, apa kabarnya? Semoga sehat dan selalu bahagia ya. Tak terasa sudah bertemu lagi dengan akhir pekan ya. Yeaaaay, saatnya liburan.

Liburan terus? Apa nggak boros tuh!

Pernyataan yang kadang geli untuk dijawab atau dibahas. Kenapa? Yang namanya liburan tidak selalu identik dengan uang dan boros. Tergantung bagaimana kita memaknai kata liburan.

Bagi saya, liburan akhir pekan adalah saat membangun hubungan yang kuat dengan orang-orang tersayang atau yang dekat dengan kita, yang dari Senin sampai Jumat sudah disibukkan dengan urusan masing-masing.

Liburan adalah melakukan aktivitas bersama, bisa dengan pasangan, teman, keluarga atau tetangga.  Liburan bisa dilakukan di rumah, di lingkungan sekitar, di tempat yang dekat, atau memilih tempat berlibur yang jauh pada saat liburan panjang.

Ke Mana Liburan Akhir Pekan Ini?

Pilihan liburan di akhir pekan memang terbatas oleh hari, yaitu Sabtu dan Minggu. Itu pun bagi saya yang belum dipusingkan oleh jadwal sekolah, jadwal ngaji, ekstra kurikuler, kursus renang, kursus musik  dan lain sebagainya. Bagi yang sudah memiliki putra/putri usia sekolah, liburan akhir pekan bisa jadi tidak sempat merasakan rasanya libur, iya apa iya?

Saya jadi tergelitik untuk memberikan beberapa alternatif liburan akhir pekan yang bisa dilakukan bersama orang-orang yang dekat di hati. Seperti apa contohnya aktivitas yang bisa dilakukan di liburan akhir pekan?

Liburan Akhir Pekan

  1. Olahraga pagi bersama, jalan, bersepeda atau melakukan aktivitas air bersama, seperti : berenang atau ke Waterpark.
  2. Membuat DIY (Do It Yourself) bersama. Pilihan DIY sekarang banyak sekali, bisa dilakukan sendirian, bersama pasangan atau bersama anak.
  3. Memilih menu makan, belanja dan memasak bersama. Aktivitas liburan di dapur juga seru dilakukan. Tidak harus pandai memasak, karena sekarang cemilan coklat bisa dengan mudah dibuat di dapur sendiri tanpa harus menjadi jago memasak.
  4. Melakukan aktivitas rumah tangga bersama, seperti berkebun atau membersihkan akuarium.
  5. Pergi belanja dan makan bersama. Aktivitas luar rumah yang paling bisa dijangkau adalah pergi ke pusat perbelanjaan. Hiburan mata dan cara jogging yang menyenangkan bagi emak-emak. Banyak wahana permainan yang juga bisa menyenangkan hati putra/putri, pilih pusat perbelanjaan yang one stop shopping sehingga irit waktu dan tenaga.
  6. Tamasya ke objek-objek wisata di dalam kota dan terjangkau jaraknya dalam satu hari. Bagian ini adalah bagian yang saya suka, karena di Yogyakarta banyak sekali objek wisata yang terjangkau jarak dan waktu satu hari. Bagian ini juga sekaligus menjadi hal yang asyik dilakukan karena liburan ke tempat-tempat baru adalah cara belajar yang menyenangkan.

Nah, dari sekian banyak alternatif liburan akhir pekan di atas, tentunya ada yang bisa dikerjakan bersama orang-orang yang kita sayangi , bukan? Liburan bukan tentang seberapa jauh kaki melangkah, melainkan seberapa relaks kita dengan aktivitas yang dikerjakan di hari libur. Kalau orang sekarang menyebutnya dengan quality time.

Sedikit menggali tentang liburan akhir pekan dengan bertamasya ke objek wisata yang terdekat dan terjangkau waktu. Saya ingin menuliskan pengalaman memilih objek wisata terdekat sebagai alternatif liburan akhir pekan.  Seperti apa hal-hal yang perlu diperhatikan supaya tamasya ke objek wisata  dekat rumah menjadi sebuah liburan.

 

Liburan Akhir Pekan

  1. Pilih tempat wisata yang kekinian di kotamu. Banyak sekali rekomendasi dari Google atau Instagram, baik itu tempat makan atau tempat wisata yang bisa kita lihat dari postingan teman di instagram atau mengikuti akun jalan-jalan dan makan-makan di kota tempat tinggal masing-masing.
  2. Jika sudah pernah mengunjungi objek wisata tersebut, coba cari sudut pandang berbeda dari tempat tersebut. Misalnya dulu hanya sampai pintu gerbangnya, sekarang coba sampai ke area dalamnya. Telisik denah tempat wisata tersebut dan siapa tahu menemukan hal baru yang belum pernah kita kunjungi.
  3. Abadikan momen kebersamaan dengan mencari spot foto yang instagramable
  4. Komunikasikan dengan keluarga tentang objek wisata atau tempat makan yang mau kita kunjungi, tunjukkan foto-foto yang kita lihat, dan bersiap eksplorasi tempat tersebut sesuai dengan niche keluargamu.

Selamat berakhir pekan dan jangan lupa bahagia!

***

Liburan Akhir Pekan Ke Mana Ya? merupakan blogpost trigger #KEBloggingCollab dari Grup Raissa.

Primastuti atau Ima Satrianto adalah member Emak Blogger Yogyakarta, yang aktif menulis di dua blognya, seputar keseharian, kuliner dan wisata.